by

Ducati Scrambler Nightshift: Cafe Racer x Flat Tracker

Pabrikan asal Italia meluncurkan motor dua alam terbaru, bernama Ducati Scrambler Nightshift. Kuda besi ini tampil begitu istimewa lantaran mengombinasikan dua gaya sekaligus: cafe racer & flat tracker.

Sosok cafe racer, tampak lewat penggunaan spion di ujung setang atau bar end. Ada pula balutan warna monoton aviator grey untuk menjadikan tampilannya semakin menawan.

Kemudian untuk inspirasi flat tracker terlihat dari kover bodi samping desain mengotak, yang biasa menempatkan nomor balap. Kaki-kaki juga dibuat bisa beradaptasi dengan berbagai macam medan, lewat kehadiran ban Pirelli MT60 serta pelek jari-jari.

Ducati Scrambler Nightshift juga mendapat setang lurus dan lebar kepunyaan Ducati Scrambler 1100 Sport Pro. Lalu untuk joknya pakai gaya datar yang nyaman untuk berboncengan. Oleh karena semua kombinasi itu, motor anyar ini diklaim cocok dipakai berkendara onroad mau pun offroad.

“Nyaman seperti full throttle (flat tracker) dan menawan layaknya cafe racer, Nightshift merupakan perpaduan dua varian (Ducati Scrambler) yang tidak lagi dijual pada 2021,” seperti dikutip dari rilis resmi Ducati yang kami terima.

Baca juga  3 Kekurangan Honda Scoopy Terbaru, Cek Sebelum Beli!

Keunikan motor Ducati Scrambler Nighshift selanjutnya ada di lampu sein yang dimensinya sangat mungil. Gaya ini beda, lantaran belum pernah dipakai oleh varian lain. Bentuk kecilnya, juga menjadi motor terlihat lebih sederhana.

Lalu untuk suspensi, mirip varian Ducati Scrambler Icon. Di depan pakai upside down dari Kayaba berukuran 41 mm. Kemudian untuk belakang monoshock kayaba hadir dengan pre-load adjustable.

Terkait ukuran ban depan menggunakan 110/80-18 inci dan belakang 180/55-17 inci. Perbedaan ukuran besar ini biasa terjadi di motor-motor offroad atau dual purpose.

Fitur dan Performa Ducati Scrambler Nightshift

ducati scrambler nightshift
Motor ini punya desain menawan yang dikombinasikan dengan performa mantap untuk berkendara di dua alam

Di samping punya desain istimewa yang memadukan cafe racer & flat tracker, Ducati Scrambler Nighshift juga hadir dengan fitur-fitur modern. Ada sistem pencahayaaan LED yang hemat daya dan panel instrumen LCD.

Ducati juga memberi varian terbaru ini USB charger di bawah jok. Fitur tersebut berguna untuk mengisi ulang daya baterai smartphone atau sebagai sumber tenaga peranti navigasi.

Lalu bicara keselamatan, tersedia rem cakram di kedua roda. Hadir pula fitur dua channel Cornering ABS yang mampu mencegah roda terkunci saat pengendara melakukan pengereman mendadak.

Baca juga  Peugeot Django 2021, Tampil Beda

Bagaimana performanya? Tidak perlu diragukan. Ducati Scrambler Nightshift pakai mesinnya 803cc berkonfigurasi L-Twin dengan pendingin udara. Jantung mekanis itu bisa melontarkan torsi 66,2 Nm pada 5.750 rpm dan tenaga maksimal 73 hp pada 8.250 rpm.

Jika kamu mau memiliki motor tersebut, banderolnya mencapai 10.990 Euro di Eropa atau setara Rp 183 jutaan. Hanya saja saat masuk Indonesia nanti, banderolnya pasti jauh lebih tinggi. Sebagai gambaran, harga Ducati Scrambler 800 Icon di Tanah Air, tembus Rp 400 jutaan.

Terbaru