oleh

Ford Mustang Terbaru Segera Mengaspal, Setia Dengan Mesin V8!

Ford Mustang generasi terbaru dikabarkan akan segera dirilis. Jika tidak ada halangan, muscle car ini akan diluncurkan pada tahun 2023 mendatang dengan masih menggunakan mesin V8.

Dilansir dari Carscoops dan beberapa media otomotif global lain, Ford Mustang terbaru akan mulai diedarkan pada April 2023. Bahkan sosok prototipe yang diduga Ford Mustang terbaru tersebut mulai sering terlihat berkeliaran di sekitar wilayah Michigan.

Muscle car terbaru dari Amerika ini dikabarkan akan tetap mengusung mesin jenis V8 sebagai jantung pacunya. Menariknya, ada pula rumor bahwa Mustang terbaru tersebut akan dijejali teknologi hibrida untuk menjadikannya sebagai mobil ramah lingkungan. Meski kabar tersebut belum diamini oleh pihak Ford.

Meski begitu, Ford juga akan menawarkan opsi mesin 4-silinder EcoBoost 2.3 liter Turbocharged. Mesin ini diklaim mampu mengeluarkan tenaga maksimum 320 hp. Lebih besar dari performa mesin Mustang saat ini yang tenaganya di atas kertas 310 hp.

Kemudian, dari sisi kabin interior, Mustang terbaru dikabarkan akan tampil dengan wajah baru serta pembaharuan di sektor kenyamanan dan fitur keselamatannya.

Baca juga  Ford Everest dan Ranger Meluncur di Indonesia

Kluster instrument akan hadir dengan tampilan digital yang akan mengalir dan selaras ke bagian sistem infotainment serta tampilan dashboardnya. Ford akan membekali Mustang terbaru dengan switchgear anyar serta material berkualitas yang lebih berkelas.

Oh ya, varian setir kanan juga dikabarkan akan tetap dipertahankan. Hal tersebut untuk memenuhi kebutuhan pasar Australia. Apakah akan masuk ke Indonesia juga?

Sekilas Awal Perjalanan Ford Mustang

Ford Mustang
Perjalanan awal Ford Mustang

Ford Mustang diperkenalkan lima bulan sebelum dimulainya tahun produksi 1965. Versi awal Mustang sering disebut sebagai ‘model 1964½’, namun diberi kode VIN oleh Ford sebagai model 1965.

Produksi pertama Mustang dimulai di Dearborn, Michigan, pada 9 Maret dan diperkenalkan kepada publik pada 17 April 1964 di ajang New York World Fair.

Ford Mustang versi awal (model 1965) memiliki tiga body style, yaitu 2-door hardtop, 2-door fastback dan 2-door convertible. Mustang versi pertama dibangun pada wheelbase 2.700 mm, dengan panjang 4.610 mm, lebar 1.730 mm dan tinggi 1.300 mm, dengan berat 1.109 kg.

Baca juga  8 Diler Ford Siap Beroperasi di Indonesia Tahun 2022

Sang ‘Kuda Poni’ juga dibekali mesin Thriftpower 6-silinder berkapasitas 2.8-liter, dipadu dengan transmisi manual tiga percepatan.

Ford Mustang tumbuh lebih besar dan lebih berat pada masing-masing model tiap tahunnya hingga pada model 1971-1973. Ford kemudian memutuskan generasi Mustang berikutnya akan kembali pada ukuran dan konsep asli dari Mustang, yang dimulai pada model tahun 1974.

Sejak itu, Mustang menjadi satu-satunya mobil kelas pony orisinil yang tetap diproduksi selama lima dekade dalam pengembangan dan revisi hingga kini.

Oh ya, nama ‘Mustang’ ternyata tak dapat digunakan di Jerman, karena telah dimiliki oleh perusahaan Krupp yang pernah memproduksi kendaraan truk antara tahun 1951 dan 1964 dengan nama yang sama yaitu ‘Mustang’.

Ford menolak untuk membeli nama ‘Mustang’ senilai USD 10.000 dari Krupp pada saat itu. Karenanya, Ford Mustang dijual di Jerman dengan nama Ford T-5 sampai dengan Desember 1978.

Moladiners, itulah ulasan mengenai Ford Mustang terbaru yang akan segera meluncur. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Baca juga  Sejarah Ford Everest di Indonesia, Si ‘Badak’ yang Terlupakan

Terbaru