by

Fungsi Autosol dan Cara Mudah Menghilangkan Karat di Motor

Fungsi Autosol – Halo sobat Moladin. Kali ini kami bakal membahas tentang produk pengilap logam yang mungkin sudah sangat akrab di telinga. Apakah itu? Tidak lain, produk tersebut adalah Autosol.

Buat kamu yang belum tahu, Autosol adalah pasta ajaib dengan kandungan bahan kimia untuk mengkilapkan permukaan metal alias logam secara efektif. Cara menggunakan autosol sangatlah mudah. Kamu cukup menggosok beberapa saat, maka permukaan logam bisa berubah menjadi mengilap.

Menariknya lagi, harga Autosol tidak mahal dan dapat ditemukan di berbagai lokasi. Di toko online, Autosol dijual mulai Rp10 ribuan.

Kegunaan Autosol juga cukup bervariasi. Bukan cuma untuk rangka motor atau mobil. Sungguh banyak hal lain yang bisa dilakukan dengan Autosol, mulai dari poles kaca, sampai dengan membersihkan mika lampu.

Jika kamu ingin tahu lebih jauh soal fungsi Autosol? Simak bahasan berikut sampai habis:

Autosol Adalah Merek Pengilap Logam

kegunaan autosol
Pelek berkarat bisa kembali mengilap dengan Autosol

Sebelum bicara lebih jauh soal fungsi dan cara menggunakan utosol, lebih baik kita berkenalan dulu dengan produk yang satu ini. Autosol sebenarnya cuma salah satu merek pengilap logam.

Di pasaran, banyak pula produk sejenis  yang ditawarkan. Sebut saja Kit Metal Polish, Brasso, Mothers Mag And Aluminum Polish, serta masih banyak lagi. Hanya saja, Autosol memang paling terkenal sebagai produk otomotif dibanding semua merek tersebut.

Soal kandungan bahan kimia yang terdapat di Autosol antara lain: 15-30% aliphatic hydrocarbons, 5-15% aromatic hydrocarbons, sabun, dan kurang dari 5% anionic surfactants.

Kegunaan Autosol untuk memoles semua benda metal. Termasuk lapisan chrome, kuningan, tembaga, nickel, stainless steel, dan lain-lain. Pasta kimia ini diklaim mampu membersihkan, melindungi, memberikan kilau ke berbagai material metal tersebut.

Bila digunakan di motor, maka fungsi utamanya untuk membuat mengilap komponen logam seperti mesin, pelek, tuas rem, setang, dan lain-lain.

3 Cara Menggunakan Autosol dengan Benar

fungsi autosol
Harga Autosol sangat terjangkau, banyak dijual di toko online mulai Rp10 ribuan

Kalau kamu ingin mengetahui fungsi Autosol secara tepat, coba sendiri di rumah. Tidak perlu takut salah. Pasalnya, produk ini memang diciptakan untuk siapa saja.

Cara menggunakan Autosol sungguh tidak sulit. Berikut langkah-langkahnya:

Baca juga  Telat Bayar Pajak Motor? Ini 3 Konsekuensinya

1. Tuangkan Pasta Autosol ke Koran atau Kardus

cara menggunakan autosol
Kamu bisa letakkan pasta Autosol ke koran dan kardus bekas

Bila ingin menggunakan Autosol, kamu hanya cukup buka tutupnya. Lalu tekan kemasan sampai keluar pasta. Selanjutnya tuangkan pasta tersebut ke applicator pad.

Terkait hal ini, kamu tidak perlu bingung membeli applicator pad merek mahal. Cukup pakai koran atau kardus saja. Selain murah serta mudah didapat. Dijamin hasilnya tidak mengecewakan.

2. Ratakan Autosol ke Permukaan Logam

Cara menggunakan Autosol
Autosol adalah merek pengilap logam yang biasa digunakan untuk motor, alternatifnya antara lain Kit Metal Polish, Brasso, dan lain-lain

Kemudian ratakan pasta Autosol dengan kardus ke komponen berbahan metal yang ingin kamu bersihkan atau buat mengilap. Jika di motor, maka bisa di knalpot, mesin, setang, pelek, dan lain-lain.

Oles secara perlahan sampai benar-benar merata. Terlihat mudah, namun kalau karatnya sudah membandel, kamu perlu sangat sabar memolesnya. Jangan ragu untuk menambah pasta Autosol bila memang terasa kekurangan.

3. Lap Pakai Baju Bekas

cara menggunakan autosol
Kegunaan Autosol bukan cuma untuk komponen logam di motor, tapi juga dapat dipakai membersihkan kaca spion dan lampu depan

Setelah Autosol merata, selanjutnya diamkan beberapa saat. Terakhir adalah bersihkan seluruh permukaan logam yang terkena Autosol dengan kain kering. Tidak usah bingung soal kain, kamu dapat gunakan kain baju bekas.

Jika langkah-langkah di atas sudah diikuti secara benar. Dijamin komponen logam di motor atau mobil kamu bakal terlihat sangat mengilap.

Satu tips terakhir soal cara menggunakan Autosol. Sebelum benar-benar dipakai ke permukaan logam yang ada di motor, ada baiknya kamu cuci terlebih dulu motor sampai bersih dan keringkan. Hal ini dimaksudkan agar Autosol benar-benar bekerja dengan sempurna.

Cara pakai Autosol ini juga dapat kamu aplikasikan untuk produk pengilap metal lain seperti Kit Metal Polish, Brasso, Mothers Mag And Aluminum Polish.

Baca juga:

Kelebihan dan Kekurangan Autosol

Autosol Bisa Kalian Gunakan Untuk Memoles Handle Rem
Autosol bisa kamu gunakan untuk memoles handle rem

Setiap produk pengilap motor yang berasal dari bahan kimia, memang tidak sempurna 100 persen. Termasuk dengan yang sedang kita bahas. Kelebihan dan kekurangan Autosol pasti ada.

Jika bicara kelebihan, tentu sudah disebutkan dengan gamblang di atas. Mudah diaplikasikan, murah, dan mampu menghilangkan karat, sekaligus membuat komponen logam di motor atau mobil semakin mengilap.

Baca juga  3 Bahaya Berkendara Melawan Arus, dari Pidana Sampai Hilang Nyawa!

Lalu apakah kekurangan Autosol? Penggunaan Autosol yang diaplikasikan pada besi memang akan membuatnya jadi mengkilap seperti chrome. Tapi itu tidak bertahan lama, bila tidak dirawat.

Salah satu penyebabnya besi kembali kusam adalah terkena air hujan. Kemudian tetesan air hujan tersebut tidak segera dibersihkan. Hal ini dapat membuat besi justru jadi penuh bercak, bahkan karat.

Dengan pengalaman tersebut, kami menyarankan kamu lebih rajin dalam membersihkan motor. Walau sudah dipoles dengna Autosol, besi tidak serta merta jadi antikarat. Tetap saja perlu dirawat terus-menerus.

Kemudian gunakan Autosol ini pada logam berbahan babet (tanpa sambungan) dan alumunium saja. Memang, hasil pemolesan Autosol pada logam babet tidak akan terlalu bling-bling seperti chrome. Walau demikian,  hasilnya dapat bertahan lebih lama tanpa efek berkarat jika terkena air hujan.

Fungsi Autosol untuk Membersihkan Noda Pada Spion dan Mika Lampu

Fungsi Autosol
Cara mudah menghilangkan noda air di kaca spion dengan Autosol

Fungsi Autosol bukan hanya untuk membersihkan atau mengilapkan logam. Produk ini juga punya kegunaan lain. Salah satunya untuk membersihkan noda atau bercak air mengering yang menempel pada spion dan mika lampu.

Cara mengunakan Autosol untuk kaca spion adalah tuangkan sedikit pasta pada sehelai kain bersih. Kemudian gosok permukaan kaca spion secara merata. Tidak perlu terburu-buru, jalani proses tersebut hingga sisa-sisa pasta menghilang dari permukaan yang dibersihkan tadi.

Setelah itu nikmati hasilnya. Jadi kalau kamu ingin kaca spion motor kinclong seperti baru, kalian bisa gunakan Autosol ya!

Membersihkan Kaca dan Mika Lampu yang Kusam

Fungsi Autosol
Gak Cuma Poles, Banyak Hal Bisa Dilakukan Autosol Seperti Membersihkan Mika Lampu Motor

Ini merupakan temuan yang diperoleh secara kebetuan. Saat itu tim Moladin risih banget melihat kaca headlamp yang nampak menguning. Awalnya sih coba iseng-iseng pakai odol, tapi terlalu lama efeknya.

Akhirnya kami beralih menggunakan Autosol Ternyata noda kuning ini lebih cepat hilang dibanding pake pasta gigi. Wahh, lumayan nih lebih hemat waktu buat bersihin noda menguning ini.

Cara menggunakan Autosol untuk membersihkan mika lampu tidak sulit. Hampir sama seperti proses memoles kaca spion. Cukup siapkan kain kering dan lembut, kemudian gunakan sedikit pasta ini pada permukaan kain.

Baca juga  Cara Reset Indikator Oli atau Oil Trip di Yamaha Nmax

Setelah itu bisa kalian gosok pada permukaan kaca headlamp tersebut dengan cara sedikit ditekan. Silahkan coba dipraktikan sendiri ya. Semoga berhasil.

Alternatif Selain Autosol untuk Mengilapkan Komponen Logam di Motor

Fungsi Autosol
Selain Autosol, kamu bisa menghilangkan karat dan membuat komponen mengilap pakai bahan alami

Di samping Autosol, kamu juga bisa menggunakan berbagai produk lain untuk mengilapkan komponen logam di motor. Ambil contoh, minyak kayu putih dan buah lemon.

Keduanya bisa dimanfaatkan sebagai alat untuk merawat kebersihan penampilan sepeda motor atau mobil. Mau tahu cara pakainya? Simak bahasan berikut:

Minyak Kayu Putih untuk Mengilapkan Komponen Chrome

minyak kayu putih untuk melindungi chrome di motor
Chrome di komponen motor dapat dilindungi pakai minyak kayu putih

Fungsi Autosol untuk mengilapkan logam, dapat digantikan oleh peralatan rumah tangga seperti minyak kayu putih. Cara menggunakannya pun serupa. Kamu cuma perlu teteskan minyak kayu putih ke lap kering. Lalu oleskan ke komponen chrome hingga merata.

Penggunaan minyak kayu putih ini bisa untuk pelek, setang, knalpot, dan mesin motor. Intinya semua yang dilapisi chrome. Minyak kayu putih dipercaya bisa menjaga logam chrome supaya awet serta tahan lama.

Lemon Merupakan Bahan Alami untuk Menghilangkan Karat

Lemon untuk hilangkan karat
Lemon merupakan bahan alami yang bisa menghilangkan karat di komponen motor, menggantikan fungsi Autosol

Kemudian untuk menggantikan fungsi autosol sebagai penghilang karat, kamu dapat coba lemon. Hanya saja kalau pakai lemon memang harus sabar.

Cara menggunakan lemon untuk menghilangkan karat adalah dengan mencampur dengan garam. Kemudian teteskan di lokasi yang berkarat hingga merata. Diamkan sampai dua jam.

Selanjutnya gosok sampai bersih hingga karat hilang. Kamu dapat gosok dengan kertas koran atau kardus. Terakhir, bilas dengan air bersih dan lap hingga kering.

Nah itu tadi penjelasan lengkap cara menggunakan Autosol dan berbagai alternatifnya. Penasaran mau mencobanya? Tidak masalah, ikuti saja langkah-langkah yang telah Moladin buat. Dijamin karat di pelek, mesin, dan knalpot motor bakal rontok.

Kalau kamu mau cara lain, tidak masalah. Apalagi bahan-bahan alami sangat disarankan dibandingkan yang pakai kimia. Hal ini karena bahan alami tentu lebih ramah lingkungan. Selamat mencoba!

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 comments

Terbaru