Minggu, September 25, 2022

Harga KIA EV6 GT-Line Cuma Rp 1,2 Miliar, Ioniq 5 Minggir!

by Baghendra Lodra
harga kia ev6 gt-line - eksterior

Akhirnya harga KIA EV6 GT-Line resmi diumumkan untuk pasar Indonesia. Mobil listrik yang hadir di GIIAS 2022 tersebut dijual Rp 1,2 miliar.

Hanya saja harga itu tidaklah mengikat, melainkan perkiraan untuk konsumen yang tertarik meminangnya. Pasalnya, peluncuran Kia EV6 GT-Line sejatinya baru akan dilakukan pada 2023.

“Rencananya bisa launching dan delivery ke konsumen itu kuartal pertama 2023,” kata Marketing & Development Division Head KIA, Ario Soerjo dalam diskusi dengan wartawan di GIIAS 2022 pada Selasa (16/8).

Ario menambahkan kembaran dari Hyundai Ioniq 5 tersebut siap meluncur dalam kondisi impor atau CBU. Kemudian spesifikasinya juga bakal lebih istimewa dari saudaranya.

Dari presentasi yang KIA beberkan ke media, harga Kia EV6 GT-Line yang mahal itu bakal sepadan dengan spesifikasinya. Ambil contoh untuk sistem penggerak pakai all wheel drive (AWD), kapasitas baterai hingga 77,4 kWh, serta jarak tempuh yang tembus 506 Km dalam kondisi baterai penuh.

Ingin tahu lebih detail spesifikasi dari KIA EV6 GT-Line, berikut bahasan lengkapnya.

Baca juga  Biaya Konsumsi Listrik Hyundai Ioniq 5 Jakarta-Bandung PP, Semurah Apa?

Spesifikasi KIA EV6 GT-Line untuk Indonesia

harga kia ev6 gt-line - interior

KIA EV6 GT-Line merupakan kembaran dari Hyundai Ioniq 5

Harga Kia EV6 GT-Line tembus Rp 1,2 miliar, lalu bagaimana spesifikasinya?

EV6 adalah mobil pertama KIA yang menggunakan platform baru khusus kendaraan listrik baterai (BEV) yaitu Electric-Global Modular Platform (E-GMP). Platform tersebut juga dipakai oleh Hyundai Ioniq 5.

Bicara eksterior, EV6 menggunakan paras Tiger Nose dengan lampu DRL yang memberikan tampilan lebih modern. Agak kebawah, air intake lebih rendah
yang secara visual menghasilkan kesan sporty dan berteknologi tinggi.

Dari samping, profil mobil listrik ini menampilkan siluet sebuah crossover dengan jarak sumbu roda yang mencapai 2.900 mm. Ini mampu menghasilkan ruang kabin yang sebanding dengan kebanyakan medium SUV.

Masuk interior, ada dua buah layar berukuran 12,3 inci memiliki fungsi yang berbeda, antara head unit sistem infotainment dan panel instrumen. Tidak ketinggalan, ada sistem audio dari Meridian dengan 14 buah speaker.

Spesifikasi KIA EV6 GT-Line juga menawarkan interior yang cerdas dan fleksibel dengan banyak area penyimpanan kabin, termasuk ruang bagasi 520 liter. Jika kursi baris kedua dilipat ke bawah, kapasitas penyimpanan meningkat menjadi 1.300 liter. Mobil listrik ini juga dilengkapi bagasi depan yang menyediakan ruang penyimpanan tambahan hingga 20 liter untuk model AWD.

Baca juga  Wuling Mini EV Cabrio Meluncur, Imut Pakai Atap Terbuka!

KIA EV6 GT-Line Jarak Tempuhnya Tembus 506 Km

harga kia ev6 gt-line - tampak belakang

Harga KIA EV GT-Line tembus Rp 1,2 miliar

Bicara performa, KIA EV6 GT-Line menggunakan Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) yang terpasang di kedua sumbu roda (depan-belakang). Soal kapasitas baterai mencapai 77,4 kWh, yang menghasilkan tenaga puncak hingga 325 PS dan torsi 605 Nm. Performa ini lebih istimewa dibanding Hyundai Ioniq 5.

Kemudian soal daya jelajah, mobil listrik KIA ini diklain mampu menempuh jarak total hingga 506 km berdasarkan uji WLTP. Akselerasi dari kecepatan 0 – 100 km/jam sangat cepat yaitu cuma 5,2 detik.

Soal fitur keselamatan, KIA EV6 GT-Line mengandalkan Advance Driver Assistance System (ADAS) sebagai jaminan keselamatannya. ADAS terintegrasi Smart Cruise Control (SCC), Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist (LKA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Blind-Spot View Monitor (BVM), Manual Speed Limit Assist (MSLA), serta Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) yang dapat mendeteksi mobil, pejalan kaki, pesepeda dan persimpangan.

“Bahkan bisa jadi spesifikasi (KIA EV6 GT Line) yang didapat konsumen akan lebih tinggi dari yang ada sekarang (di GIIAS 2022),” kata Import and Logistic Divission Head KIA, Harry Yanto.

Baca juga  Apollo RT6: Mobil Otonom Baidu, Setirnya Bisa Dilepas!

Itulah tadi bahasan soal spesifikasi dan harga KIA EV GT-Line yang sudah bisa dipesan oleh konsumen Indonesia. Untuk informasi terbaru seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika