Minggu, Februari 25, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Spesifikasi dan Harga KIA EV6 GT-Line, Ioniq 5 Lewat!

by Baghendra Lodra
Mobil listrik terlaris 2023

Akhirnya harga KIA EV6 GT-Line resmi diumumkan Rp 1,299 miliar (OTR Jakarta) untuk pasar Indonesia, Kamis (1/12). Banderol tersebut sudah termasuk Wall Charger untuk isi baterai mobil listrik di rumah.

“Setelah kami perkenalkan di GIIAS 2022 pada Agustus lalu, Kia EV6 GT-Line telah mendapatkan respon yang sangat baik dan animo yang tinggi. Kami mendapatkan lebih dari 100 pesanan dari konsumen, meskipun kami belum mengumumkan secara resmi harga dan ketersediaan Kia EV6 GT-Line tersebut,” kata Marketing & Development Division Head KIA, Ario Soerjo.

Buat yang sudah melakukan pemesanan maka pengiriman unit ke konsumen mulai dilaksanakan pada kuartal pertama 2023. Soal layanan purna jual juga tidak perlu khawatir, karena KIA terus membangun bengkel dan ketersediaan suku cadang dengan total 58 jaringan 2S dan 3S hingga akhir tahun.

Soal harga KIA EV6 GT-Line, memang lebih mahal dari Toyota bZ4X yang cuma Rp 1,19 miliar dan kembarannya sendiri yaitu Hyundai Ioniq 5 Rp 859 juta untuk varian Signature Long Range. Walau demikian, spesifikasinya istimewa. Mobil listrik KIA ini punya penggerak all wheel drive (AWD), kapasitas baterai besar hingga 77,4 kWh, jarak tempuh yang tembus 506 Km, hingga fitur parkir otomatis.

Ingin tahu lebih detail spesifikasi dari KIA EV6 GT-Line, berikut bahasan lengkapnya:

Eksterior Futuristik Khas Mobil Listrik

harga kia ev6 gt-line - tampak belakang

Eksterior Kia EV6 GT-Line tampak belakang

Harga Kia EV6 GT-Line tembus Rp 1,2 miliar, lalu bagaimana spesifikasinya? Sebagai informasi EV6 adalah mobil pertama KIA yang menggunakan platform baru khusus kendaraan listrik baterai (BEV) yaitu Electric-Global Modular Platform (E-GMP). Platform tersebut juga dipakai oleh Hyundai Ioniq 5.

Baca juga  7 Pabrikan Akan Produksi Mobil Listrik di Indonesia

Bicara eksterior, EV6 menggunakan paras Tiger Nose dengan lampu DRL yang memberikan tampilan lebih modern. Agak ke bawah, ada air intake yang posisinya lebih rendah, secara visual ini menghasilkan kesan sporty dan berteknologi tinggi.

Dari samping, profil mobil listrik ini menampilkan siluet sebuah crossover dengan jarak sumbu roda yang mencapai 2.900 mm. Ini mampu menghasilkan ruang kabin yang sebanding dengan kebanyakan medium SUV. Sementara untuk dimensi panjangnya 4.695 mm, lebar 1.890 mm, dan tinggi 1.550 mm. Ukuran roda yang dipakai 255/45 R20.

Terkait pilihan warna eksterior, Kia EV6 GT-Line akan ditawarkan dalam 5 pilihan: Snow White Pearl, Aurora Black Pearl, Moonscape, Runway Red, dan Yacht Blue.

Interior Kia EV GT-Line Pakai 14 Speaker

spesifikasi kia ev gt-line - interior dan jok

Pengaturan jok Kia EV GT-Line fleksibel seperti Hyundai Ioniq 5

Masuk interior, ada dua buah layar berukuran 12,3 inci. Keduanya punya fungsi yang berbeda antara head unit sistem infotainment dan panel instrumen. Bicara head unitnya dilengkapi dengan Touchscreen Navigation, serta konektivitas Bluetooth Multi Connection, Apple CarPlay, dan Android Auto. Tidak ketinggalan, ada sistem audio dari Meridian dengan 14 buah speaker yang pastinya bakal memanjakan telinga.

Dengan harga KIA EV6 GT-Line yang tembus Rp 1,299 miliar, fitur kenyamanan istimewa lainnya ikut dihadirkan. Sebut saja Wide Sunroof yang dapat memberikan kesan lapang di bagian kabin, Ventilated & Heated Front Seats, hingga Wireless Charging. 

Lalu bicara kelapangan kabin, spesifikasi KIA EV6 GT-Line menawarkan interior yang cerdas dan fleksibel layaknya Hyundai Ioniq 5. Totalnya punya dua baris bangku dengan 5 headrest yang mampu menampung 5-orang.

Baca juga  Toyota Proace Electric Meluncur, Ada Versi Mobil Keluarga

Merek mobil Korea Selatan tersebut juga memberi banyak area penyimpanan kabin, termasuk ruang bagasi 520 liter. Jika kursi baris kedua dilipat ke bawah, kapasitas penyimpanan meningkat menjadi 1.300 liter. Mobil listrik ini juga dilengkapi bagasi depan yang menyediakan ruang penyimpanan tambahan hingga 20 liter untuk model AWD.

Jarak Tempuh Mobil Listrik KIA Tembus 506 Km

harga kia ev6 gt-line - interior

KIA EV6 GT-Line merupakan kembaran dari Hyundai Ioniq 5, tapi jarak tempuhnya lebih jauh

Bicara performa, KIA EV6 GT-Line menggunakan Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) yang terpasang di kedua sumbu roda (depan-belakang). Soal kapasitas baterai mencapai 77,4 kWh, yang menghasilkan tenaga puncak hingga 325 PS dan torsi 605 Nm. Performa ini lebih istimewa dibanding Hyundai Ioniq 5 dan Toyota bZ4X.

Kemudian soal daya jelajah, mobil listrik KIA ini diklain mampu menempuh jarak total hingga 506 km berdasarkan uji WLTP. Akselerasi dari kecepatan 0 – 100 km/jam sangat cepat yaitu cuma 5,2 detik.

Sementara terkait pengisian baterai KIA EV6 GT-Line butuh waktu 7 jam apabila menggunakan pengisian daya Wall Charger berarus AC dengan daya 11 kW. Sementara jika menggunakan pengisian daya Fast Charging berarus DC dengan daya 50 kW, hanya membutuhkan waktu pengisian 73 menit dari kondisi baterai hingga 80%. Istimewanya lagi, mobil listrik ini bisa diisi baterai menggunakan DC Ultra-fast Charging berdaya 200 kW ke atas, cuma dibutuhkan waktu 18 menit sampai 80 persen.

Dengan kapasitas baterai yang besar, kembaran Hyundai Ioniq 5 ini juga memiliki fitur Vehicle to Load (V2L) yang bisa membuat KIA EV GT-Line jadi power bank berjalan. V2L memungkinan daya listrik dari mobil ke berbagai alat elektronik rumah dengan daya maksimal 3,6 kW. Untuk menggunakan V2L, kamu dapat memanfaatkan dermaga pengisian daya yang ada pada bagian bawah jok baris kedua atau menggunakan adaptor V2L pada bagian pengisian daya di luar kendaraan.

Baca juga  BMW iX Jadi Taksi Premium Bluebird, Ini Cara Pesannya!

Fitur ADAS dan Parkir Otomatis Jadi Kelebihan KIA EV6 GT-LINE

spesifikasi kia ev gt-line - parkir otomatis

Fitur Remote Smart Parking Assist jadi andalan Kia EV GT-Line

Soal fitur keselamatan, KIA EV6 GT-Line mengandalkan Advance Driver Assistance System (ADAS) sebagai jaminan keselamatannya. ADAS terintegrasi Smart Cruise Control (SCC), Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist (LKA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Blind-Spot View Monitor (BVM), Manual Speed Limit Assist (MSLA), serta Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) yang dapat mendeteksi mobil, pejalan kaki, pesepeda dan persimpangan.

Tidak selesai di sana, mobil listrik KIA juga memiliki ragam fitur canggih seperti Remote Smart Parking Assist (RSPA). Teknologi ini memungkinan EV6 GT-Line bisa parkir secara otomatis. Bila melihat spesifikasi di luar negeri, RSPA bisa dipakai dalam dua cara: remote parking dan smart parking.

Khusus remote parking, pengemudi bisa keluar dari mobil. Lalu cukup tekan tombol maju dan mundur di remote pintar, maka KIA EV6 GT-Line akan bergerak sendiri ke lokasi parkir. Lalu untuk smart parking, parkir, bisa dilakukan oleh pengemudi dengan tetap di dalam kabin. Istimewa bukan?

Itulah tadi bahasan soal spesifikasi dan harga KIA EV6 GT-Line yang sudah bisa dipesan oleh konsumen Indonesia. Untuk informasi terbaru seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika