oleh

Daftar Harga Mercy Tiger Bekas, Mulai Rp 40 Jutaan

Mercy Tiger memang mempesona, jika kondisinya masih mulus harganya fantastis. Nah, artikel kali ini akan membahas lebih lengkap soal harga Mercy Tiger bekas yang saat ini banyak diburu para kolektor mobil klasik.

Jika bicara banderol Mercy Tiger bekas tipe tertentu bisa dibanderol di atas Rp 250 juta. Meski demikain, untuk Mercy Tigers bekas pada umumnya ada dikisaran Rp 40 juta sampai Rp 70 jutaan. Jadi, memang tentatif.

Harga Mercy Tiger bekas tergantung kondisi, serta tipenya. Jika yang kamu incar versi langka dan masih mulus, bukan tidak mungkin tembus miliaran rupiah. Pasalnya itu sudah jadi collector item.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai kisaran harga. Mari kita simak sekilas sepak terjang mobil lansiran Jerman ini di Indonesia. Mercy Tiger pertama kali mengaspal di Indonesia pada tahun 1977. Tampilannya mempesona, ciri khas desain eksterior dan interior yang tidak dimiliki para pesaingnya membuat mobil ini banyak diminati sebagian masyarakat.

Sosoknya yang mempersona dan kharismatik membuat Mercy W123 ini mendapat julukan Mercy Macan yang merupakan singkatan dari manis dan cantik. Kemudian julukan tersebut diubah menjadi Mercy Tiger, tujuannya agar terdengar lebih gagah dan ke barat-baratan.

Mobil sedan asal Jerman ini menawarka beberapa pilihan model, mulai dari model sedan dengan kode W123, model station wagon dengan kode S123, model coupe alias dua pintu dengan kode C123 serta model F123 yang umumnya dipakai untuk mobil jenazah.

Selain itu terdapat juga berbagai pilihan mesin mulai dari bensin 2000 cc 4-silinder sampai diesel 3000 cc. W123 untuk pasar Indonesia sendiri hanya terdapat 4 tipe, yaitu 200, 230, 280 dan 280E. Singkat Cerita Mercy Tiger berhenti peredarannya pada tahun 1987 yang mulai digantikan dengan Mercy Boxer hingga akhir tahun 1990-an.

Baca juga  Daftar Harga Honda City Bekas, Murah Meriah

Nah, untuk mengetahui lebih jauh harga Mercy Tiger bekas. Mari kita simak ulasannya berikut ini.

Kisaran Harga Mercy Tiger W123 Tipe Sedan

harga mercy tiger bekas
Mercy Tiger 200

Harga Mercy Tiger bekas untuk tipe sedan beragam, mulai dari Rp 40 jutaan hingga Rp 250 jutaan. Tergantung dari tipe dan mesin yang diusungnya.

  • Mercy Tiger 200 (Rp 45 juta hingga Rp 65 jutaan)

Untuk Mercy Tiger 200 harga bekasnya ada dikisaran Rp 40 juta hingga Rp 60 juta.

Dibandingkan dengan saudara-saudaranya, mobil ini konsumsi bahan bakarnya paling efisien. Sebab kapasitas mesinnya hanya 2000 cc, sedangkan saudara-saudaranya mengusung kapasitas mesin di atasnya.

Masalah yang umum muncul dari Tiger 200 ini adalah pada bagian kaki-kaki dan karburatornya yang suka brebet. Maklum mobil ini sudah berumur lebih dari 20 tahun.

Untuk mengatasi hal tersebut kuncinya harus telaten dalam memelihara kuda besi asal Jerman ini. Selain itu jangan lupa melakukan servis berkala secara rutin di bengkel spesialis Mercedes-Benz agar kondisi mobil selalu sehat.

  • Mercy Tiger 230 (Rp 67 juta hingga Rp 78 juta)

harga mercy tiger bekas
Mercy Tiger 230

Kemudian untuk harga Mercy Tiger bekas tipe 230 rentang harganya kisaran Rp 50 juta hingga Rp 78 juta. Mobil ini banyak peminatnya, sebab performa mesinnya lebih responsive dari tipe Tiger 200 dan konsumi bahan bakarnya lebih efisien dari Tiger 280.

Baca juga  7 Rekomendasi Mobil Kencang Tapi Murah!

Masalah umum yang kerap melanda Tiger 230 hampir sama dengan Tiger 200. Yaitu karburator sering brebet dan bagian kaki-kaki mobil.

“Untuk membeli Mercy Tiger bekas syarat utamanya harus suka dulu dengan mobil ini. Karena saat memilikinya harus telaten dan memahami karakter mobilnya, mobil klasik perawatannya harus lebih ekstra dibandingkan mobil baru,” terang Ryan, pemilik Mobil Mercy Tiger lansiran 1986. (15/12/2021).

  • Mercy Tiger 240D (Rp 250 jutaan)

harga mercy tiger bekas
Mercy Tiger 240D

Mercy 240D merupakan mobil yang banyak dicari kolektor, harganya juga fantastis, mencapai Rp 250 jutaan. Sebab mesinnya menggunakan diesel yang notabennya populasinya sangat jarang di Indonesia.

Mobil rare, susah dapetnya. Jikapun ada harganya luar biasa, kebanyakan kolektor yang berani membelinya,” terang Jeffry, pemilik showroom mobil bekas di Cirendeu.

  • Mercy Tiger 280 (Rp 83 juta hingga Rp 87 juta)

Harga Mercy Tiger bekas selanjutnya adalah untuk tipe 280. Harga bekasnya dikisaran Rp 83 juta sampai Rp 87 jutaan.

Mercy Tiger 280 mengusung kapasitas mesin yang lebih besar yaitu 2800 cc. meski demikian sistem pembakarannya masih menggunakan karburator, seperti Tiger 200 dan Tiger 230.

Soal konsumsi bahan bakar, mobil ini terbilang boros. Untuk dalam kota kisaran 1 banding 6, sedangkan untuk luar kota 1 banding 11.

Adapun masalah klise pada mobil ini sama dengan saudaranya, yaitu karburator suka brebet dan bagian kaki-kakinya. Namun masalah tersebut terbilang wajar karena usia pakai mobil.

  • Mercy Tiger 280E (Rp 150 juta hingga Rp 200 juta)

harga mercy tiger bekas
Mercy Tiger 280E

Harga Mercy Tiger bekas berikutnya adalah tipe teratas model sedan di keluarga W123. Harga bekasnya bisa menyentuh Rp 150 juta hingga Rp 200 jutaan.

Baca juga  Harga Toyota Innova Bekas, Di Bawah Rp 100 Juta!

Mobil ini menggunakan mesin yang sama dengan Tiger 280. Namun perbedaanya untuk sistem pengapiannya 280E sudah mengadopsi injeksi Jetronic.

Selain mesin, fiturnya juga terbilang paling lengkap. Untuk audio sudah menggunakan tape merek Blaupunkt dengan equalizer cobra.

Terdapat pula power window untuk keempat jendela pintunya serta lampu kabut dibagian belakang.

Harga Mercy Tiger S123 Station Wagon dan C123 Coupe (Rp 1,2 miliar)

harga mercy tiger bekas
Mercy Tiger S123 & C123

Mercy Tiger S123 atau juga dikenal dengan sebutan 280TE harga bekasnya memang gelap. Bukan tanpa alasan, pemilik mobil ini tentu bukan sembarang orang.

Untuk mendapatkan mobil ini tentu harus punya jaringan kolektor mobil, sebab 280TE tidak dijual di showroom mobil bekas ataupun jual beli mobil onlen.

“Yang punya uang banyak belum tentu bisa mendapatkan 280TE atau C123 Coupe. Sebab pemiliknya biasanya sudah tidak butuh uang, misal pun dijual biasanya ke sesama kolektor mobil Mercy,” tutup Ryan.

Moladiners, itulah ulasan mengenai harga mobil bekas Mercy Tiger. Kalau kamu penyuka mobil klasik, Mercy Tiger bisa menjadi salah satu pilihan menarik. Pantau terus Moladin.com untuk mendapatkan informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru