oleh

Harga Nissan X-Trail Bekas, Sangat Terjangkau!

Harga Nissan X-Trail bekas beragam. Semua itu tergantung kondisi body dan mesin mobil serta tahun pembuatannya. 

Nissan X-Trail yang beredar di Indonesia sudah ada 3 generasi, mulai dari generasi awal yaitu X-Trail T30 pada tahun 2001, generasi kedua X-Trail T31 pada tahun 2009 serta generasi ketiga yaitu X-Trail T32 pada tahun 2019.

Harga Nissan X-Trail bekas tergolong tidak mahal, namun mobil tersebut tidak murahan. Pasalnya menggunakan SUV ini yang generasi pertama sekali pun, kesan gagah dan kerennya masih terasa.

Awal perjalanan Nissan X-Trail di Indonesia berbuah manis, sempat menyalip penjualan Honda CR-V. Meski kemudian kembali disalip oleh mobil SUV berlogo ‘H’ tersebut. Setidaknya pamor X-Trail tetap eksis dikancah penggemar mobil SUV.

Untuk lebih jelasnya, mari kita ulas deretan harga Nissan X-Trail bekas beserta informasi spesifikasinya.

  • Harga Nissan X-Trail T30

harga nissan x-trail bekas
Nissan X-Trail T30

Harga Nissan X-Trail bekas T30 saat ini dikisaran Rp 60 juta sampai Rp 90 jutaan. Wajar karena memang usianya sudah ada yang 20 tahun. X-Trail Nissan X-Trail generasi pertama atau T30 meluncur di Indonesia pertama kali pada 2001 hingga 2008.

Bicara banderol Nissan X-Trail model ini, juga sangat tergantung dengan kondisi mobil, tahun produksi, serta kelengkapan surat-suratnya. Kalau lengkap, masih bagus, dan tahun muda, maka banderolnya lebih mahal. Walau demikian, harga Nissan X-Trail bekas T30 umumnya di bawah Rp 100 jutaan.

Soal spesifikasi, X-Trail T30 mengadopsi penggerak roda depan serta menawarkan dua pilihan mesin, 2.000 cc dengan kode QR20DE yang dikombinasikan dengan transmisi manual lima percepatan dengan tenaga maksimal 138 hp pada torsi 6.000 rpm serta torsi 192 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm.

Sementara itu untuk pilihan mesin 2.500 cc dengan kode QR25DE dengan transmisi otomatis  empat percepatan. Hasilnya tenaga yang mampu disemburkan diklaim 180 hp dengan torsi 245 Nm.

Nissan X-Trail generasi pertama mempunyai dimensi panjang 4.690 mm, lebar 1.830 mm serta tinggi 1.740 mm. Sedangkan kapasitas tangki bahan bakarnya adalah 60 liter. Untuk berat kosongnya 1.450 kg dan jarak sumbu roda 2.624 mm.

Baca juga  Buick Super Eight, Mobil Bersejarah Bagi Indonesia

X-Trail T30 hadir dengan dua varian ST dan XT. Varian X-Trail ST merupakan varian entry level sedangkan XT merupakan varian lebih tinggi. Perbedaanya tidak signifikan, pada varian XT sudah menggunakan jet washer pada lampu depannya serta mendapat sentuhan wood panel pada beberapa sudut interiornya.

Dari sektor hiburan, T31 mengusung head unit double din standar yang bisa memutar kaset, CD dan kabel aux. Oh ya, trdapat pula tempat pendingin minuman kemasan yang berada dibagian tengah dashboard, tepatnya di sebelah kisi AC.

Pada bagian fitur saftey, Nissan X-Trail T30 mengusung dual SRS airbag bagian depan, sabuk pengaman diseluruh kursi, rem ABS, EBD dan brake assist. Sayangnya, AC pada X-Trail generasi pertama belum double blower, sehingga bagian belakang kerap tidak merasakan hawa dingin.

  • Harga Nissan X-Trail T31

harga nissan x-trail bekas
Nissan X-Trail T31

Kalau kamu cari X-Trail tahun lebih muda, bisa pilih model T31. Harga Nissan X-Trail bekas T31 saat ini berkisar Rp 90 juta sampai Rp 125 jutaan. Lagi-lagi, banderolnya tergantung pada tahun produksi, kondisi mobil, hingga kelengkapan surat-surat.

Hanya saja untuk kisarannya memang, harga Nissan X-Trail bekas T31 ada di Rp 100 jutaan kecil. Cukup terjangkau bukan?

PT Nissan Motor Indonesia merilis Nissan X-Trail generasi kedua atau T31 pada tahun 2009. Hal tersebut dikarenakan kesuksesan X-Trail generasi pertama yang mendapat sambutan positif dari pasar di Indonesia.

Desain body tidak berbeda jauh dengan generasi sebelumnya. Hanya saja desain lampu depan lebih besar dan menjorok ke depan. Selain itu pada bagian grill juga mendapat sentuhan warna chrome.

X-Trail T31 menawarkan dua pilihan jenis mesin, 2.000 cc dan 2.500 cc. Sama halnya dengan generasi T30. Namun pada generasi kedua ini mesin 2.000 cc berganti menggunakan kode MR20DE yang dikombinasikan dengan transmisi manual 6-percepatan yang tenaga maksimalnya diklaim mampu mencapai 139 hp pada 5.200 rpm. Sedangkan torsinya diangka 198 Nm pada 4.400 rpm.

Baca juga  3 Rekomendasi Sarung Jok Mobil Terbaik, Ada yang Murah

Sementara untuk mesin 2.500 cc masih menggunakan kode yang sama dengan X-Trail T30, yaitu QR25DE yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis CVT 6-percepatan.

Pada bagian interior, X-Trail generasi kedua ini mengalami ubahan yang signifikan. Ubahan yang paling kentara adalah posisi panel instrumen yang tidak lagi berada di bagian tengah alias kembali ke posisi di belakang setir pengemudi layaknya mobil-mobil pada umumnya.

X-Trail T31 mempunyai dimensi panjang 4.630 mm, lebar 1.796 mm, serta tinggi 1.689 mm. Selain itu jarak sumbu roda adalah 2.629 mm dan kapasitas tangki bahan bakar 65 liter.

Untuk fitur keselamatan, X-Trail T31 sudah mengadopsi rem ABS, EBD dan Brake Assist atau BA. Selain itu juga tertanam dual SRS airbag pada bagian kursi pengemudi dan penumpang depan.

  • Harga Nissan X-Trail T32

sejarah nissan x-trail
Nissan X-Trail T32

Harga Nissan X-Trail bekas T32 saat ini dikisaran Rp 210 juta sampai Rp 250 jutaan. Maklum tahun produksinya cukup muda. SUV ini hadir pertama kali muncul di Indonesia pada 2014.

Generasi ketiga Nissan X-Trail mendapat kode T32 ini tampil dengan desain lebih modern dan stylish. Aura gagah mulai ditinggalkan, mobil dengan segmen SUV ini seakan menyasar segmen market perkotaan.

X-Trail T32 merupakan mobil SUV yang sampai sekarang diandalkan oleh Nissan di pasar otomotif Indonesia. Hanya saja ada perbedaan saat meluncur dan saat ini. Pasalnya X-Trail mendapat facelift di tahun 2019. Pilihan mesinnya pun jadi cuma 2.500 cc saja.

Nah kalau harga Nissan X-Trail bekas T32 setelah facelift inilah yang cukup tinggi, alias masih Rp 370 jutaan untuk lansiran 2019. Wajar, karena memang usianya baru 3 tahun. Itu pun tidak mahal, kalau dibandingkan dengan harga X-Trail terbaru yang tembus Rp 576 jutaan.

Baca juga  Land Cruiser 300 Sudah Ditowing, Kapan Diluncurkan?

Ciri khas versi facelift, grille lebih besar dan tampilan lebih gagah. Kemudian fitur-fitur modern pun lebih banyak, terutama di bagian keselamatan.

Sementara untuk tampilan X-Trail T32 saat keluar pertama kali. Pada bagian eksterior, X-Trail T32 sudah menggunakan lampu LED projector dengan dilengkapi DRL yang dikombinasikan dengan grill V-Shape berkelir chrome.

Masuk ke dalam bagian interior, kursi pengemudi T32 mempunyai pengaturan elektrik 8 arah. Sedangkan untuk kursi penumpang elektrik 4 arah.

Pada bagian infotainment, T32 mengadopsi layar sentuh berukuran 8 inci yang mengakomodir menyetel dan memilih musik, GPS navigasi, koneksi bluetooth, serta bird eye view camera.

Untuk fitur keamanan, X-Trail T32 sudah dilengkapi dengan Vehicle Stability Control (VSC), Active Trace Control (Traction Control), Active Ride Control (fitur yang akan melambatkan mesin pada saat ban belakang melewati polisi tidur), Active Engine Braking, Hill Start Assist dan tentunya ABS, EBD dan BA.

Soal mesin, untuk kapasitas 2.000 cc menggunakan kode MR20DE serta 2.500 cc dengan kode QR25DE dual 16 valve DOHC dan tersedia dalam tiga pilihan, 2.0 manual, 2.0 otomatis serta 2.5 otomatis.

Untuk dimensinya mempunyai panjang 4.640 mm, lebar 1.820 mm, serta tinggi 1.720 mm dengan ground clearance 210 mm. Oh ya, Kapasitas tangki BBM mampu menampung 60 liter.

“Harga Nissan X-Trail beda-beda, tergantung tahun dan kondisinya. Untuk tahun 2003 dikisaran Rp 55 jutaan, sedangkan untuk tahun 2010 berkisar di harga Rp 90 juta sampai Rp 100 jutaan. Itu jika kondisi fisik oke, pajak hidup dan plat B,” terang Bady Qadarsyah, Operation Head balai lelang Auksi.

Moladiners, itulah ulasan mengenai harga Nissan X-Trail bekas beserta spesifikasinya. Untuk informasi seputar otomotif menarik lainnya, pantau terus Moladin.com.

Terbaru