Rabu, Mei 29, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Harga Pertamax Green 95 dan SPBU yang Jual, Semua Mobil Bisa Pakai?

by Tigor Sihombing
Harga BBM RON 95 bulan Juli 2023

PT Pertamina Patra Niaga memperkenalkan produk bahan bakar minyak (BBM) terbaru yaitu Pertamax Green 95, serentak di Jakarta dan Surabaya pada Kamis (25/7/2023). Ciri khasnya bisa dilihat dari penggunaan noozle bensin warna ungu di SPBU.

Apa itu Pertamax Green dengan RON 95? Keunggulan BBM ini memiliki kombinasi bahan baku terbarukan bernama Bioenatol sebanyak 5 persen (E5), diklaim lebih ramah lingkungan. Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan kehadiran bensin tersebut di Tanah Air, merupakan langkah nyata Pertamina dalam mendukung capaian target Net Zero Emission (NZE) 2060.

Bahan baku Bioetanol sendiri dari molases tebu yang diproses menjadi etanol fuel grade. Untuk produksinya, Pertamina mengklaim Pertamax dengan campuran Bioetanol itu melibatkan total 9.000 petani tebu. Ini pun menjadi sinergi BUMN antara Pertamina dengan PT Energi Agro Nusantara yang merupakan anak usaha PT Perkebunan Nusantara X (Persero). 

“Produk (Pertamax Green 95) ini adalah produk BBK (Bahan Bakar Kendaraan) hijau yang ramah lingkungan karena menggunakan bioetanol dari molases tebu. Ini merupakan implementasi dari salah satu pilar transisi energi Pertamina dalam mendukung transisi energi nasional dengan penggunaan campuran bahan bakar nabati,” ujar Nicke Widyawati.

Lalu dengan spesifikasi tersebut, apakah Pertamax Green 95 sudah sesuai dengan Euro IV? “Kalau secara RON sendiri, RON 95 dan RON 98 sudah memenuhi persyaratan EUROIV, tapi karena ada kandungan Bio(etanol). Itu kami masih berporses untuk mendapatkan persetujuan,” Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan.

Baca juga  Harga Bensin BP 95 Ultimate Active Sama Dengan Shell, Lebih Bagus?

Di Tanah Air, BBM tersebut sesungguhnya memiliki banyak kompetitor. Ada Shell V-Power, Vivo Revvo 95, dan BP Ultimate. Pertamina sendiri sesungguhnya pernah meluncurkan BBM RON 95 lewat Pertamax Plus, namun pemasarannya dihentikan pada 2016.

Harga Pertamax Green 95

Pertamax Green 95

Raffi Ahmad Penguna pertama Pertamax Green 95 dengan nozzle ungu

Di Jakarta dan Surabaya harga BBM Pertamax Green 95 dibanderol Rp 13.500 per liter. Lebih mahal dari Pertamax yang saat ini dijual Rp 11.900 per liter, serta lebih murah dari Pertamax Turbo seharga Rp 14.000 per liter.

Sementara kalau dibanding kompetitor, harga Pertamax Green dengan RON 95 tersebut merupakan yang paling murah. Cek saja Shell V-Power dan BP Ultimate yang banderolnya Rp 13.780 per liter. Lalu Vivo Revvo 95 Rp 13.580 per liter.

Walau murah, konsumen bisa mendapatkan Pertamax Series dengan campuran Bioetanol tersebut lebih terjangkau lagi bila dibeli dengan aplikasi MyPertamina. Ada diskon atau potongan harga untuk Pertamax Green 95 sebanyak Rp 200 per liter, sehingga jadi Rp 13.300 per liter. Promo ini berlangsung dari 24 Juli – 23 Agustus 2023..

Baca juga  Program Harga Khusus Pertalite Sambangi Jakarta, Murah Sob!

Berikut harga lengkap BBM Pertamina Per 24 Juli 2023 :

  • Harga Pertalite: Rp 10.000 per liter
  • Harga Pertamax: Rp 11.900 per liter
  • Harga Pertamax Green :  Rp 13.500 per liter
  • Harga Pertamax Turbo: Rp 14.000 per liter
  • Harga Dexlite: Rp 13.150 per liter
  • Harga Pertamina Dex: Rp 13.550 per liter

Mobil yang Bisa Menggunakan Pertamax Green

Mobil Suzuki XL7 bisa menenggak Pertamax Green 95

Semua mobil bensin bisa pakai Pertamax Green RON 95

Apakah semua kendaraan bisa menggunakan Pertamax Green 95? Menurut Pertamina, BBM dengan campuran Bioetanol 5 persen (E5) dapat dipakai oleh mobil dan motor bermesin bensin yang beredar di Indonesia.

“Kendaraan roda dua dan roda empat yang mengonsumsi gasoline (bisa menggunakan Pertamax Green)… Dengan mengonsumsi RON 95 akan membuat mesin kendaraan tetap bersih,” kata Riva Siahaan.

Hal tersebut juga dipastikan oleh para pemegang merek mobil yang beredar di Tanah Air, sebut saja Suzuki yang mengatakan mobil seperti XL7 Hybrid, Ertiga Hybrid, hingga Grand Vitara Hybrid bisa menenggak BBM yang punya campuran Bioetanol, bahkan hingga 10 persen (E10).  

Toyota pun menjelaskan hal yang serupa. “Tidak ada masalah, spesifikasi mobil bensin Toyota sudah comply dengan E5,” kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Hanya saja bila melihat dari RON 95, maka Pertamax Green 95 paling tepat dipakai oleh mesin rasio kompresi tinggi antara 11:1 hingga 12:1. 

Baca juga  Harga Pertalite Sebelum Subsidi, Bikin Kaget!

Lokasi SPBU yang Jual Pertamax Green RON 95

harga-bbm-pertamina-terbaru,-pertamax-dan-dex-series-turun

Pertamax Green cuma dijual di Jakarta dan Surabaya

Saat ini tidak semua SPBU Pertamina menjual Pertamax Green 95. BBM dengan campuran Bioetanol tersebut untuk tahap pertama hanya dijual di 10 SPBU Surabaya dan 5 SPBU Jakarta. Adapun targetnya pada tahun depan, bisa menyebar ke seluruh SPBU Pertamina di Pulau Jawa.

“Saat ini fokus bisa melayani di dua kota di Jakarta dan Surabaya, untuk target pengembangan di Pulau Jawa sendiri bisa selesai maksimal 12 bulan,” kata Riva Siahaan.

Adapun daftar lokasi SPBU di Jakarta dan Surabaya yang jual Pertamax Green RON 95 sebagai berikut:

Daftar SPBU Jual Pertamax Green di Jakarta

  • SPBU MT Haryono,
  • SPBU Fatmawati 1,
  • SPBU Fatmawati 2,
  • SPBU Lenteng Agung, 
  • SPBU Sultan Iskandar Muda Kebayoran

SPBU di Surabaya yang Jual Pertamax Green

  • SPBU Jemursari, SPBU Soetomo,
  • SPBU Mulyosari,
  • SPBU Merr,
  • SPBU Ketintang,
  • SPBU Karang Asem,
  • SPBU Mastrip,
  • SPBU Citra Raya Boulevard,
  • SPBU Juanda,
  • SPBU Buduran

Demikian ulasan terkait harga Pertamax Green 95, lokasi SPBU, serta mobil yang cocok untuk meminumnya. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.




Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika