Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Spesifikasi dan Harga Toyota Rangga, Termahal Cuma Rp 250 Jutaan!

by Tigor Sihombing
Toyota rangga

Spesifikasi dan harga Toyota Rangga akhirnya diungkap. Untuk Toyota Rangga varian termahal dibanderol Rp 250 jutaan, namun harga ini yang dilepas untuk pasar otomotif di negara gajah putih, Thailand.

Yup, Toyota Hilux Champ atau Toyota Rangga resmi meluncur di event Thailand International Motor Show 2023 beberapa hari lalu. Di Thailand, Toyota Rangga punya nama resmi yakni Toyota Hilux Champ. Banderol harganya mulai dari 459.000 hingga 577.000 baht atau setara Rp 202 – 250 jutaan.

Toyota Rangga sebenarnya sudah dipamerkan saat event GIIAS 2023 kemarin. Bahkan, salah satu petinggi Toyota Astra Motor mengungkapkan bahwa mobil pikap ini akan meluncur di Indonesia pada awal tahun 2024.

“Jadi mobil ini masih konsep, tapi rencana target kita di akhir tahun ini (2023) atau awal tahun depan paling lambat (2024),” kata Marketing Direktur Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy.

Jika mengacu pada informasi dari Anton Jimmi di atas, kemungkinan besar peluncuran Toyota Hilux Champ alias Toyota Rangga akan dilakukan di panggung IIMS 2024 yang akan berlangsung 15-25 Februari 2024.

Lebih lanjut, Anton menjelaskan bahwa kehadiran Rangga di jajaran lini Toyota Commercial memiliki tujuan mendalam. Pihaknya memiliki keyakinan kuat untuk merebut kembali pangsa pasar komersial seperti masa lalu. Ia juga dengan yakin mengklaim bahwa mobil-mobil komersial Toyota seperti Hilux dan Hiace telah mengukuhkan dominasinya di pasaran.

Baca juga  4 Kekurangan Toyota Camry V Dibanding Honda Accord, Yakin Beli?

Spesifikasi Toyota Rangga (Hilux Champ)

harga dan spesifikasi toyota rangga

Harga dan spesifikasi Toyota Rangga

Harga Toyota Rangga (Hilux Champ) di negara tetangga memang tergolong menggiurkan. Bocoran dari Anton Jimmi Suwandy mengungkap jika harga jual mobil ini di Tanah Air bakal tidak jauh berbeda dengan banderolnya di Thailand.

Untuk spesifikasi, Toyota Rangga menawarkan tiga pilihan mesin. Yaitu mesin bensin 2.000 cc dan 2.700 cc, serta diesel 2.400 cc. Semua varian menggunakan penggerak roda belakang (RWD).

Untuk performa, mesin 2.000 cc bensin yakni 1TR-FE punya tenaga 139 hp dan torsi 183 Nm dengan opsi transmisi manual 5 percepatan. Sementara mesin bensin 2.700 cc 2TR-FE, tenaganya 166 hp dan torsi 245 Nm satu transmisi, yakni otomatis 6 percepatan.

Sementara itu, untuk mesin diesel 2GD-FTV 2.400 cc tersedia pilihan transmisi 5 percepatan dan otomatis 6 percepatan. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga 150 hp dan torsi 343 Nm.

Kemudian, fitur keselamatan standar mencakup airbag pengemudi dan penumpang, ABS, EBD, pretensioner seat belt, dan side intrusion beams.

Masuk ke kabin interior, tampilannya terlihat modern. Dimana untuk varian tertinggi hadir dengan jendela dan kaca spion elektrik, penutup tempat konsol tengah, trim oranye untuk dasbor dan pintu, slide and recline untuk kursi penumpang, dan lampu depan LED.

Baca juga  Toyota Fortuner 2.800 cc Segera Meluncur, Berapa Harganya?

Sementara itu, untuk varian standar dilengkapi lampu depan halogen, pengatur jendela manual, jok vinil, tanpa head unit. Kemudian panel instrumentasi menampilkan spidometer dan berbagai informasi kebutuhan berkendara.

Pada bagian kaki-kaki, Toyota Rangga (Hilux Champ) pakai suspensi double wishbone dan stabilizer, sedangkan roda bagian belakang dikaitkan dengan per daun. Untuk menunjang penampilannya, disematkan velg alloy berukuran 14 inchi yang dibalut ban dengan lebar 195 mm.

Mobil pikap terbaru dari Toyota itu punya panjang 5.300 mm, lebar 1.785 mm dan tinggi 1.735 mm. Wheelbase untuk tipe pendek yakni 2.750 mm sedangkan tipe panjang 3.085 mm. Sedangkan ground clearance ada pilihan 164 dan 180 mm.

Toyota Rangga Terinspirasi Dari Kijang Kapsul Gen-4

Harga Toyota Rangga

Toyota Rangga dengan karoseri Ambulan ringkas.

Rangga mengambil inspirasi dari Kijang Kapsul generasi ke-4 tahun 1997, dan nama Rangga sendiri mengandung makna ‘Hero’ atau Pahlawan dalam bahasa Jawa, yang menurut Toyota merepresentasikan kekuatan dan ketangguhan.

Dengan makna ini, Konsep Rangga diharapkan menjadi pahlawan bagi pelaku bisnis di Indonesia, memberikan solusi yang dapat diandalkan dan berkelanjutan, serta berkontribusi pada perekonomian nasional.

Baca juga  Nissan Serena e-Power C28 Rilis di GIIAS 2023, Berapa Harganya?

Seperti halnya Kijang Pick Up yang dulu berhasil merambah industri otomotif, Rangga Concept juga melibatkan perusahaan lokal dan mitra industri untuk menciptakan inovasi yang lebih baik.

“Dalam ekosistem ini, kami melibatkan berbagai value chain, mulai dari konversi oleh karoseri lokal, solusi pembiayaan, hingga layanan purna jual yang disesuaikan dengan kebutuhan. Sebagai Pahlawan, Rangga diharapkan dapat memberikan Multi-Solution for All dan membantu lebih banyak orang mencapai hasil yang memuaskan,” ujar Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM).

Toyota memperkenalkan berbagai solusi melalui konversi Rangga Concept di GIIAS. Model konversi yang dimaksud adalah Rangga Concept Mobile Café, Rangga Concept Ambulance, Rangga Concept EV Mobile Service, dan Rangga Concept Pace Car.

Toyota juga berusaha memfasilitasi konsultasi langsung dengan pelanggan untuk memberikan solusi konversi Rangga Concept yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Demikian ulasan soal harga Toyota Rangga terbaru yang hadir di GIIAS 2023. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Ditulis ulang oleh: Firdaus Ali

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika