by

Honda Brio Jadi Mobil Terlaris di Indonesia Tahun 2020

Bukan Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, atau Daihatasu Xenia. Sepanjang Tahun 2020, ternyata Honda Brio jadi mobil terlaris di Indonesia. Atas torehan itu, PT Honda Prospect Motor (HPM) patut berbangga hati.

Gelar mobil terlaris di tahun 2020 tak lepas dari performa penjualan yang berhasil menembus angka 43.021 unit secara nasional. Angka itu terurai menjadi 31.713 unit untuk Brio Satya dan 11.308 unit Brios RS. Dari total penjualan yang diraih Honda Brio, mampu berkontribusi sebesar 54 persen dari total penjualan Honda sepanjang tahun 2020 lalu, yakni sebanyak 79.541 unit.

Hingga akhir tahun, Honda Brio Satya pun telah menjadi market leader di segmen LCGC dengan pangsa pasar sebesar 27,2%, sementara Honda Brio RS menguasai pangsa pasar sebesar 74,7% di segmen City Car.

Prestasi Honda Brio jadi mobil terlaris di Indonesia tahun 2020 itu, merupakan kali pertama untuknya sejak meluncur pada tahun 2012 lalu. Dalam kurun waktu 8 tahun sejak pertama kali dijual, Honda Brio telah terjual sebanyak 376.304 unit.

Tak hanya untuk pasar dalam negeri, PT HPM juga telah melakukan ekspor Honda Brio ke Filipina dan Vietnam, dengan total pengiriman sebesar 5.970 unit di tahun 2020 lalu.

“Kami bangga bahwa Honda Brio menjadi produk yang diterima dengan sangat baik oleh konsumen di Indonesia. Model ini merupakan produk istimewa yang dirancang dan dikembangkan untuk Indonesia, khususnya anak-anak muda dan pembeli mobil pertama, dengan fitur lengkap, tampilan dan performa yang sporty, serta harga dan biaya operasional terjangkau,” ujar Takehiro Watanabe, President Director PT Honda Prospect Motor.

Baca juga  5 Perbedaan Honda CR-V Facelift 2021 Vs Lama

Lalu kalau Honda Brio jadi mobil terlaris di Indonesia, bagaimana dengan performa Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander? Peringkat kedua mobil terlaris tahun 2020 diperoleh oleh Suzuki Carry dengan 38.072 unit, posisi tiga barulah ada Toyota Avana dengan 35.754 unit, kemudian di bawahnya adalah Daihatsu GranMax lewat pencapaian 32.528 unit. 

Peringkat kelima ada Toyota Rush dengan 29.361 unit. Lalu Toyota Kijang Innova 27.595 unit. Di bawahnya ada Mitsubishi Xpander yang memperoleh 26.362 unit.

Alasan Honda Brio Jadi Mobil Terlaris di Indonesia

Rekor Honda Brio di Indonesia, hingga jadi mobil terlaris di tahun 2020
Rekor Honda Brio di Indonesia, hingga jadi mobil terlaris di tahun 2020

Menarik untuk dibahas, untuk pertama kalinya Honda Brio jadi mobil terlaris di Indonesia pada tahun 2020. Tentu hal ini tidak lepas dari kondisi dunia yang sedang mengalami pandemi Virus Korona. Alhasil daya beli masyarakat juga menurun.

Honda Brio yang punya harga terjangkau, tentu jadi pilihan konsumen dibanding Toyota Avanza atau Mitsubishi Xpander dengan banderol lebih mahal. Sebenarnya keunggulan Honda Brio bukan cuma murah.

Ada beberapa kelebihan lain, melihat dari sejarahnya maka kemunculan Honda Brio dimulai pada 2012 dan jadi model pertama Honda di segmen city car. Satu tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 11 September 2013, memperkenalkan varian Honda Brio Satya yang merupakan produk Low Cost Green Car (LCGC).

Baca juga  Intip Beda 3 Varian Honda CR-V 2021, Jangan Salah Beli!

Tak hanya ramah lingkungan dan hemat bahan bakar, Honda Brio Satya juga didukung  mesin i-VTEC SOHC 1.2 liter dengan tenaga terbesar di kelasnya dan dilengkapi fitur keselamatan yang lengkap. Bisa dikatakan Brio unggul karena jadi mobil LCGC paling bertenaga di kelasnya.

Model ini juga sepenuhnya diproduksi di dalam negeri dengan kandungan lokal yang ditingkatkan hingga mencapai 89%. Sebagai sebuah produk nasional, Brio Satya juga mengusung nama dan logo yang diciptakan khusus untuk Indonesia.

Nama “Satya” sendiri berasal dari bahasa sansekerta yang berarti “tulus” atau “setia”. Berbeda dengan produk Honda lainnya, Brio Satya juga menggunakan logo yang mengambil bentuk dari bunga melati, yang merupakan bunga nasional Indonesia.

Pada tahun 2016, Honda juga memperkenalkan Honda Brio RS sebagai varian baru dengan karakter yang lebih sporty. Generasi kedua All New Honda Brio diluncurkan pada 2 Agustus 2018 dengan perubahan desain terutama di bagian depan dan belakang semakin sporty, serta ruang serta kabin dan bagasi yang semakin luas.

Baca juga  Jajaran Mobil Modifikasi Honda di Virtual Auto Salon 2021

Revisi desian yang dilakukan Honda pada Brio, menjadikan tampilannya lebih keren dan semakin diminati oleh konsumen Tanah Air. Jadi secara keseluruhan, kelebihan Honda Brio mampu menawarkan pengalaman berkendara yang lebih baik dengan nuansa yang sporty dan fun-to-drive sesuai DNA Honda, dengan performa tinggi dan konsumsi bahan bakar yang efisien, dengan harga jual yang murah.

Yusak Billy selaku Business Innovation and Marketing & Sales Director menjelaskan bahwa pencapaian Honda Brio sejalan dengan perubahan perilaku konsumen di era pandemi, terutama dalam hal peningkatan penggunaan media online dan pergeseran dari penggunaan transportasi umum ke mobil pribadi.

Kedua faktor tersebut mendorong bertumbuhnya pasar untuk pembeli mobil pertama, terutama dari kalangan anak muda dan keluarga muda.

“Pencapaian Honda Brio di tahun yang penuh tantangan ini tentunya juga didukung oleh jaringan dealer Honda di seluruh Indonesia yang terus menjalin komunikasi dengan konsumen terutama melalui platform digital, serta menyediakan program-program penjualan yang meringankan dan memudahkan pembelian bagi pembeli mobil pertama,” pungkas Billy.

Semoga informasi mengenai Honda Brio jadi mobil terlaris di Indonesia tahun 2020 ini dapat bermanfaat untuk kalian.

Baca juga:

Terbaru