Selasa, Mei 28, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Honda Brio Satya S dan E Facelift 2023, Apa Bedanya?

by Tigor Sihombing
perbedaan varian Honda Brio Satya S dan E

Kali ini Moladin mengulas perbedaan varian Honda Brio Satya S dan E facelift 2023. Hal tersebut menarik untuk dibahas, lantaran PT Honda Prospect Motor (HPM) telah resmi meluncurkan Brio terbaru pada 5 Mei 2023. Di mana varian Satya harganya sangat terjangkau, karena masuk di segmen LCGC.

Walau LCGC, tapi Brio Satya facelift punya spesifikasi yang cukup oke untuk melawan kompetitor yaitu Toyota Agya E dan G. Khusus varian S, ubahannya ada di grille depan yang kini lebih besar seperti punya Honda WR-V. Lalu masuk interior sudah ada AC digital dan Auto Up/Down Window with Anti-Pinch.

Kemudian Honda Brio Satya E 2023 punya spesifikasi yang lebih istimewa lagi. Di eksterior sudah tampak menarik dengan velg two tone ukuran 14 inch dan wiper belakang. Ada pula LED daytime running light (DRL). Masuk interiornya varian E ini sudah punya audio steering switch dengan illumination, auto door lock by speed, hingga sistem alarm.

Sementara itu untuk mesin, Honda Brio Facelift baik varian Satya dan RS masih mempertahankan jantung mekanis lama. Bicara harga jualnya, karena masuk segmen LCGC maka Brio Satya E maupun S terbaru dijual di bawah Rp 200 juta.

Mau tahu lebih detail soal Brio Satya S dan E terbaru? Berikut bahasan lengkapnya:

Brio Satya S Terbaru Cuma Tersedia Dalam Transmisi Manual

honda brio satya facelift 2023 - s mt

Sosok Brio Satya S MT 2023, varian termurah yang Honda jual di Indonesia

Perbedaan varian Honda Brio Satya S dan E 2023 yang paling penting ada di transmisi. Pada varian S terbaru tidak ada pilihan transmisi CVT, hanya ada manual 5-percepatan (MT). Sementara varian E lebih lengkap, dengan dua pilihan transmisi: 5 MT dan CVT.

Baca juga  Harga Mobil Honda Bulan Januari 2023, Mobilio Masih Dijual!

Penggunaan transmisi manual biasanya lebih merepotkan saat berkendara, lantaran harus injak kopling dan ganti gigi. Berbeda di transmisi CVT yang cukup injak gas dan rem.

Walau tidak punya transmisi CVT, tapi Honda Brio Satya S MT punya mesin yang serupa dengan varian E, bahkan Brio RS. Mesin yang dipakai adalah 1.2L i-VTEC 4 silinder yang bertenaga 90 PS.

Honda Brio Satya E 2023, Punya Lampu LED Daytime Running Light (DRL)

perbedaan varian Honda Brio Satya S dan E

Brio Satya E 2023 sudah memiliki LED DRL, sedangkan Brio S belum

Perbedaan varian Honda Brio Satya S dan E 2023 lainnya ada pada eksteriornya. Khusus untuk varian E sudah mengusung LED daytime running ligth (DRL). Fitur ini tentunya membuat tampilan Brio Satya E CVT dan MT, lebih stylish.

Pada Brio Satya, fitur LED DRL ini terbilang baru, karena tidak ada di Brio lama. Sementara di varian Brio Satya S MT, fitur itu belum tersedia sama sekali. Walau begitu untuk lampu depan, keduanya masih pakai bohlam, belum LED.

Perbedaan lainnya, pada Honda Brio Satya E baik manual atau CVT sudah dilengkapi wiper belakang, sedangkan pada versi S belum memliki. Meski terkesan sepele, tapi kehadiran wiper belakang di mobil bisa membuat visibilitas berkendara lebih baik ketika berkendara di kondisi cuaca hujan.

Baca juga  Honda Accord Hybrid RS Masuk Indonesia, Harganya Segini!

Selain itu yang menjadikan Brio Satya E Facelift lebih menarik adalah pada kaki-kaki sudah pakai velg alloy two tone. Kombinasi warnanya hitam dengan chrome. Tentu, tampilan mobil LCGC ini semakin stylish.

Berbeda dengan varian S MT 2023 yang masih pakai velg kaleng. Walau begitu, soal ukurannya tidak beda karena baik Honda Brio Satya S dan E, sama-sama dibekali pelek 14 inch, dengan penggunaan ban 175/65.

Interior Honda Brio E, Fiturnya Lebih Komplit

image25

Fitur audio steering switch illumination yang sudah ada pada Homnda Brio E memudahkan pengemudi mengontrol audio dalamn kondisi gelap.

Perbedaan berikutnya, fitur di interior Honda Brio Satya E lebih komplit dibandingkan varian S. Baik yang pakai transmisi manual maupun CVT, sudah dilengkapi dengan audio steering switch illumination, auto door lock by speed, dan alarm system.

Audio steering switch hadir untuk memudahkan pengaturan fitur hiburan di head unit oleh pengemudi. Dengan begitu, pengemudi tidak perlu melepas setir bila ingin ganti musik, bahkan meninggikan volume radio. Menariknya lagi, audio steering switch di Brio Satya S 2023 sudah punya illumination yang tombolnya bisa mudah terlihat dalam gelap.

Baca juga  30 Mobil Terbaru Tahun 2022 Di Indonesia: Harga & Spec

Kemudian ada auto door lock by speed, membuat pintu akan terkunci otomatis di kecepatan tertentu. Fungsinya meningkatkan keselamatan berkendara. Hadir pula alarm system yang membuat mobil sulit dibobol maling.

Sementara itu untuk kesamaan antara Brio Satya S dan E facelift 2023 sudah punya AC digital. Head unit yang dipakai keduanya adalah 2 DIN alias belum layar sentuh. Kemudian tema warna interiornya, sama-sama menggunakan abu-abu.

Untuk fitur keselamaatan, Honda membekali Brio Satya terbaru dengan fitur mumpuni. Sebut saja ada dual front SRS Airbag dan saeltbelt reminder, G-Con+ACE, ABS EBD, serta Pretensioner with Load limiter sealtbelt.

Demikian ulasan perbedaan varian Honda Brio Satya S dan E. Dengan fitur yang lebih lengkap dan tampilan lebih modern, tentu varian E dijual lebih mahal. Khusus Brio Satya E MT Rp 180,6 juta (OTR Jakarta) dan E CVT Rp 191,9 juta (OTR Jakarta). Sementara untuk harga Brio Satya S MT 2023 cuma Rp 165,9 juta (OTR Jakarta).

Kiranya perbandingan antara Honda Brio S dan E ini bisa menjadi bahan pertimbangan kamu sebelum memutuskan untuk membeli Honda Brio Facelift 2023. Jangan lupa untuk Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika