Sabtu, April 20, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

7 Perbedaan Honda Brio RS dan Satya Facelift 2023, Signifikan!

by Baghendra Lodra

Honda Brio RS dan Satya Facelift 2023 resmi meluncur pada Jumat (5/5/2023). Kedua mobil tersebut masih masuk dalam Brio generasi kedua, tapi mengalami ubahannya cukup banyak bila dibanding model sebelumnya.

Sebut saja di eksterior, kini pakai grille baru yang lebih besar. Lalu untuk varian Brio RS terbaru sudah dilengkapi lampu depan dan foglamp LED, serta smart entry system.

Masuk ke interior Brio terbaru, semua varian sudah dilengkapi digital AC. Kemudian khusus Brio RS 2023, ada head unit 7 inch yang bisa terkoneksi smartphone dan panel instrumen dengan kombinasi digital.

Honda Brio RS memang akan selalu berada di varian tertinggi dibanding Satya. Pasalnya mobil tersebut berada di segmen yang berbeda. Kalau dibanding kompetitor, maka varian RS ini setara dengan Toyota Agya GR Sport.

Sementara Brio Satya facelift 2023 walau mendapat banyak ubahan, tetap saja berada di segmen mobil LCGC. Jadi dari sisi harga haruslah tetap terjangkau, di bawah Rp 200 juta.

Bicara mesin, Honda Brio terbaru tidak mengalami ubahan. Pabrikan berlogo H masih mempertahankan jantung mekansi berkubikasi 1.200 cc i-VTEC 4 silinder yang bisa menghasilkan torsi puncak 110 Nm pada 4.800 rpm dan tenaga maksimal 90 PS pada 6.000 rpm.

Mau tahu lebih detail soal Honda Brio RS dan Satya Facelift 2023? Berikut bahasan lengkapnya:

1. Brio RS Terbaru Sudah Pakai Lampu Depan LED

harga New Honda Brio

Lampu LED jadi pembeda Brio RS terbaru dibanding model lama

Honda Brio RS dan Satya Facelift 2023 bisa dilihat perbedaannya dari eksterior, khususnya di paras. Buat varian RS, pakai lampu depan LED dan daytime running light (DRL).

Kelebihan lampu LED, tentunya membuat visibilitas berkendara lebih baik. Ditambah lagi kelistrikan juga jadi lebih stabil, lantaran lampu LED punya daya rendah dibanding bohlam.

Baca juga  Acura Integra Type S, Versi Premium dari Civic Type R!

Tidak hanya di lampu depan, tapi LED di Brio RS terbaru juga hadir di lampu kabut dan sein spion. Istimewa bukan?

Sementara Honda Brio Satya Facelift 2023, lampu depannya masih bohlam. Walau memang sudah menggunakan DRL untuk varian E MT dan E CVT. Kemudian varian S MT, juga belum ada DRL. Honda Brio Satya pun tidak memiliki lampu kabut sama sekali.

Eksterior Brio RS dan Brio Satya 2023 juga berbeda di bagian grille. Di mana untuk varian RS punya desain yang lebih rapat, serta ada logo RS. Sementara di Brio Satya terbaru punya desain grille lebih renggang.

2. Velg Two Tone Hadir di Brio Satya 2023

harga honda brio 2023 - eksterior brio satya tampak depan

Brio Satya facelift 2023 pakai velg alloy two tone 14 inch

Pembeda Honda Brio RS Vs Satya Facelift 2023 selanjutnya ada di velg. Di mana untuk varian RS pakai ukuran 15 inch dengan warna hitam (dark chrome alloy wheel), sehingga terkesan lebih gagah. Kemudian velg hitam di Brio RS terbaru tersebut dipadankan dengan ban ukuran 185/55 R15.

Sementara untuk Honda Brio Satya 2023, pakai velg alloy ukuran 14 inch. Khusus untuk varian E MT dan E CVT, velgnya berwarna two tone (kombinasi hitam dan chrome). Berbeda dengan Brio Satya S MT yang pakai velg kaleng. Ukuran ban Brio Satya terbaru adalah 175/65 R14.

3. Warna Eksterior Bodi Two Tone Cuma Ada di Varian Brio RS

 

Kelebihan Honda Brio RS 2023 selanjutnya, punya pilihan warna eksterior two tone. Kombinasinya untuk bodi menggunakan cat phoenix orange pearl (oranye) dengan atap hitam. Lalu ada warna yang juga disediakan khusus bagi varian RS yaitu stellar diamond pearl (putih).

Baca juga  HR-V Rajai Penjualan SUV Honda di Bulan Mei 2023

Khusus Brio Satya 2023, tersedia warna eksterior rallye red (merah) dan taffeta white (putih). Honda juga memberi pilihan warna lain baik untuk varian Satya dan RS yaitu electric lime metallic (kuning stabilo), meteroid gray metallic (abu-abu gelap), dan crystal black pearl (hitam).

4. Interior Brio Satya Facelift 2023 Lebih Sederhana

honda brio rs dan satya facelift 2023 - interior brio satya terbaru

Jok Brio Satya Facelift 2023 masih pakai model pocong

Bila kamu mau beli Honda Brio Satya 2023, maka varian ini punya interior yang sederhana. Ciri khasnya, tampak dari plafon atau langit-langit kabin berwarna abu-abu terang.

Kemudian jok depan Brio LCGC ini masih model “pocong” atau headrest tidak bisa diatur ketinggiannya untuk pengemudi dan penumpang baris pertama. Walau begitu, untuk jok belakangnya sudah memiliki tiga adjustable headrest. Bicara soal warna jok, pakai material kain dengan warna hitam kombinasi abu-abu.

Tampilan sederhana pun terlihat di bagian dashboard Brio Satya Facelift 2023. Di mana head unit menggunakan 2DIN. Meski demikian, fitur-fitur terbaru tetap hadir seperti AC digital dan auto up/down window with anti-pinch.

Sementara interior Honda Brio RS Facelift 2023 lebih atraktif. Joknya pakai kombinasi warna hitam dengan pola jahitan oranye. Aksen oranye ini juga hadir di beberapa bagian dashboard seperti lis AC, lis panel instrumen, dan tombol engine start & stop.

Kemudian untuk fitur-fitur varian RS terbaru juga semakin lengkap. Ada head unit layar sentuh 7 inch yang bisa terintegrasi dengan smartphone hingga smart entry system yang memudahkan masuk ke kabin. Tersedia pula 4 speaker + 2 tweeter agar mendengarkan musik lebih asik saat berkendara.

5. Start Stop Engine Button di Brio RS Terbaru

harga honda brio 2023 - interior

Honda Brio RS terbaru punya interior yang lebih modern dengan start & stop engine button dan head unit 7 inch

Perbedaan Honda Brio RS dan Satya Facelift 2023 adalah fitur-fiturnya. Sebut saja untuk di varian RS, kelebihannya punya start stop engine button. Ini juga sekaligus jadi pembeda dibanding Brio lama.

Baca juga  Honda Brio Slalom Challenge 2022, Goyang Bandung

Dengan start stop engine button, Brio RS terbaru jadi lebih modern. Setidaknya untuk mengaktifkan mesin tidak perlu lagi keluarkan kunci, cukup injak rem dan tekan tombol engine, maka otomatis mesin aktif.

Sementara untuk Brio Satya 2023, masih menggunakan kunci untuk mengaktifkan mesinnya. Walau begitu, sudah terintegrasi sistem keamanan immobilizer yang bisa mencegah maling, serta alarm untuk varian E MT dan E CVT.

6. Brio RS Punya Panel Instrumen dengan LCD Display

Honda Brio RS dan Satya facaelift 2023 - panel instrumen varian RS

Honda Brio RS 2023 punya panel instrumen serupa HR-V lama

Keunggulan Brio RS 2023 selanjutnya juga ada di fitur panel instrumen yang sudah menggunakan LCD Display. Letak layar LCD ini ada di panel instrumen paling kanan, persis yang ada di HR-V lama. Di sana bisa menampilkan jam, trip meter, konsumesi BBM, suhu, dan lain-lain.

Sementara di Brio Satya terbaru, panel instrumennya masih model analog. Desainnya masih seperti Brio sebelum facelift dengan tiga layar.

7. Harga Honda Brio Satya Terbaru Lebih Terjangkau

honda brio satya facelift 2023 - s mt

Brio Satya S MT 2023, varian termurah yang Honda jual

Perbedaan Honda Brio RS dan Satya Facelift 2023 juga bisa terlihat dari harga jualnya. Satya yang masuk di segmen mobil LCGC tentu lebih terjangkau, banderolnya mulai Rp 165,9 juta untuk varian S MT. Lalu untuk varian Brio Satya E MT Rp 180,6 juta dan E CVT Rp 191,9 juta.

Sementara untuk harga Honda Brio RS terbaru yang punya fitur lebih lengkap, tentu lebih mahal. Banderol mobil ini Rp 233,9 juta untuk varian RS MT dan Rp 243,9 juta untuk varian RS CVT.

Itulah tadi bahasan soal Honda Brio RS dan Satya Facelift 2023. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika