Gak Sama Seperti Jepang, Honda Jazz Indonesia Mau Pakai Turbo?

Honda Jazz Indonesia – Honda Jazz generasi terbaru telah diperlihatkan Honda Global pada pagelaran Tokyo Motor Show 2019 akhir Oktober lalu. Bentuknya berubah, dari sebelumnya bermuka garang dan agresif menjadi lebih kalem cenderung imut.

Pilihan mesinnya belum dipublikasikan, kemungkinan Jazz—atau Honda Fit di Jepang—model baru akan memiliki pilihan mesin hybrid. Mesin yang ramah lingkungan terus dimunculkan oleh para pabrikan kendaraan, termasuk Honda.

Teknologi pendukung pada Honda Jazz baru juga semakin beragam. Mobil kompak itu mendapatkan teknologi Honda Sensing. Sistem tersebut diperuntukkan buat meminimalisir risiko kecelakaan bagi pengendara mobil maupun pengendara dan orang lain di sekitarnya.

Ada empat fitur dari Honda Sensing. Antara lain, Collision Mitigation Brake System (CMBS) untuk mengaktikan rem otomatis ketika ada kemungkinan tubrukan kendaraan lain.  Berikutnya, fitur Road Departure Mitigation System (RDMS) berperan memberi peringatan dan mempertahankan laju mobil di jalur yang semestinya.

Fitur lain pada Honda Sensing, yakni Lane Keeping Assist System (LKAS) buat mempertahankan mobil berjalan lurus di jalurnya. Terakhir ada Adaptive Cruise Control (ACC) untuk menjalankan mobil secara otomatis dengan kecepatan konstan dan menjaga jarak aman dari objek di depan.

Mengenai tampilan, desain Honda Jazz yang kalem diimbangi dengan pemakaian ornamen sederhana. Grill depan dibuat kecil diapit dua lampu proyektor “belo”. Tidak ada lekuk tajam di sekujur body seperti Jazz lama, melainkan tarikan garis rata dari depan sampai belakang. Spoiler pipih juga ditanggalkan, membuat bagian belakang terlihat gepeng.

Honda Jazz baru bukan untuk Indonesia

Jazz Indonesia
Honda Jazz terbaru diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2019

Pihak Honda Prospect Motor sebagai agen pemegang merek Honda mobil di Indonesia memberi isyarat bahwa Jazz model baru tidak akan dibawa ke dalam negeri. Namun, akan tetap ada penyegaran pada Honda Jazz yang modelnya sudah ada sejak 2014.

Namun, HPM belum mau memberikan gambaran arah pengembangan Jazz terbaru untuk Indonesia. Mereka hanya mengamini akan ada pembaharuan model pada beberapa produknya, termasuk Jazz.

Baca Juga: 

Jazz yang dijual di Indoesia sampai saat ini memiliki fitur unggulan, seperti LED projector headlight, dual SRS airbag, ABS dan EBD, sebagai kelengkapan standar di semua tipe. Terdapat cruise control, smart key system, paddle shifter untuk tipe RS CVT.

Honda Jazz menggunakan mesin 1.500 cc 4-silinder segaris SOHC i-VTEC. Tenaga yang dihasilkan mencapai 118 dk di 6.600 rpm dengan torsi puncak 145 Nm di 4.800 rpm. Tersedia pilihan transmisi manual dan CVT.

Kemungkinan Honda Jazz Indonesia pakai Turbo

Jazz Indonesia
Honda telah mengugunakan mesin turbo pada Honda CR-V dan Civic

Pada November tahun lalu, Honda Thailand merilis versi teranyar Honda City. Istimewanya, sedan kelas medium itu mendapatkan jatah mesin turbo.

City terbaru memakai mesin 1.000 cc 3-silinder dengan turbocharger. Tenaga yang dihasilkan mencapai 120 dk dan torsi 173 Nm, lebih bertenaga dari mesin 1.500 cc 4-silinder yang dipakai Honda Jazz.

Ada potensi Honda Jazz Indonesia terbaru dipasangkan dengan mesin turbo pula. Sebab, Honda Indonesia telah mencoba membenamkan mesin turbo di dua produk mobilnya, yakni Honda CR-V Turbo dan Civic Turbo.

Ada keuntungan yang bisa dicapai dari penerapan mesin turbo. Pertama, memungkinkan untuk memasang mesin berkapasitas lebih kecil sehingga bisa mendapatkan efisiensi yang sama atau bahkan lebih baik dengan produksi tenaga lebih berlimpah. Kedua, reduksi kapasitas mesin berdampak pada pajak kendaraan menjadi lebih murah.

Kemungkinan Honda Jazz pakai mesin turbo ini tentu masih sebatas prediksi dengan menganalisa strategi yang telah dijalankan Honda di Indonesia. Kami pun telah mencoba mencari bocoran dari pihak HPM, tapi belum mendapatkan respon.

 

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *