Jumat, Mei 31, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Honda Uji Civic Type R-GT, Siap Balap Super GT 2024

by Tigor Sihombing
Civic Type R-GT

Honda Racing Corporation (HRC) uji Civic Type R-GT pada 25 – 26 Juli 2023 di Sirkuit Internasional Okayama, Jepang. Ini merupakan salah satu langkah persiapan dari pabrikan berlogo H yang bakal menggunakannya sebagai mobil balap di Super GT Series tahun 2024.

Honda Civic Type R-GT sebelumnya diperkenalkan untuk pertama kali di dunia dalam bentuk konsep pada ajang Tokyo Auto Salon 2023 bulan Januari. Mobil tersebut langsung mendapat sambutan yang sangat baik, dengan menyabet penghargaan bergengsi “Concept Car Category Grand Prize”.

Sedan sport ini dikembangkan dari Honda Civic Type R generasi terbaru yang diperkenalkan pada semester kedua tahun 2022. Untuk spesifikasi standarnya, mengusung mesin 2.0-liter direct injection turbocharged inline 4-cylinder. Desain bodi serta aerodinamika mobil serta teknologi lainnya dikembangkan oleh Honda Racing Co., Ltd (HRC).

“Kami sangat bangga dapat memulai pengetesan untuk mobil Honda Civic Type R-GT ini. Selain itu, kami juga untuk pertama kalinya menggunakan brand Type R untuk mobil balap Honda terbaru kami ini yang akan mulai digunakan di kelas GT500 di ajang balap Super GT Series tahun 2024. Ke depannya, mobil ini juga kami harapkan dapat digunakan di berbagai kejuaraan balap lainnya di seluruh dunia,” kata President dan CEO HRC, Koji Watanabe. 

Baca juga  Penjualan Turun, Honda Hentikan Aktivitas Produksi di Indonesia

Spesifikasi Honda Civic R-GT

honda uji Civic Type R-GT

Eksterior Civic Type R-GT alami ubahan

Honda uji Civic Type R-GT, bagaimana spesifikasinya? Mobil hatchback ini sudah mengunakan bodykit yang lengkap mulai dari bumper depan, winglet dan air intake yang besar. Bagian samping terdapat penambahan side skirt dan yang paling menonjol wing besar pada bagian belakang, hingga secara tampilan sudah siap di buat balap.

Body yang menggunakan basis Honda Civic Type R dibuat ringkas demi mengurangi beban mobil untuk kebutuhan balap. Honda Civic Type R-GT memiliki warna dasar putih. Warna ini dikombinasikan dengan hitam dan merah. Terdapat tulisan HRC besar pada bagian samping.

Pada bagian kap mesin terdapat tulisan HRC. pada bagian pintu kanan, kiri dan atap terdapat tulisan Honda Civic Type R-GT. Wings belakang terdapat tulisan HONDA besar dengan warna dasar merah, samping kanan kiri terdapat tulisan HRC kecil.

Spesifikasi mesin dan tenaga yang dihasilkan belum ada rilis resmi dari Honda. Tetapi Honda Civic Type R-GT akan ikut dalam kategori GT500 dan peraturannya harus menggunakan mesin 2.0 liter empat silinder. Jadi, dari mesin standar ini akan dilakukan modifikasi agar menghasilkan tenaga yang lebih besar. Mobil-mobil lain yang berlomba pada kategori ini biasanya menghasilkan tenaga sampai 600 HP lebih.

Baca juga  Sejarah Honda Stream Indonesia, Singkat Berkesan

Sebelum dimodifikasi, Honda Civic Type R yang dijual secara resmi memiliki tenaga 308 HP. Jadi, tenaga Honda Civic Type R-GT akan ditingkatkan menjadi sekitar 600an HP. Mengingat kompetitor Honda yaitu Nissan Z GT500 menghasilkan tenaga 650 HP.

Demikian ulasan terkait Honda uji Civic Type R-GT yang siap turun di lintasan balap pada 2024. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika