by

Ini Bedanya Honda N7X dan BR-V, Bagus Mana?

Kali ini kami akan mengulas sekilas mengenai perbedaan Honda N7X dan BR-V. Honda N7X sendiri baru saja memulai debut perkenalan perdananya awal Mei 2021 lalu.

Menariknya mobil yang merupakan kependekan dari ‘New 7 Seater eXcitement’ ini melibatkan orang Indonesia dalam proses desainnya.

Selain itu dikatakan Honda SUV konsep N7X juga dirancang dan dikembangkan oleh Honda R&D Asia Pacific Co.,Ltd., berdasarkan studi konsumen berbagai negara, termasuk Indonesia.

Dengan demikian, bisa dikatakan mobil Honda SUV konsep N7X ini juga akan dipasarkan di Indonesia, untuk menggantikan atau melengkapi jajaran SUV besutan PT Honda Prospect Motor (HPM) yang telah ada sebelumnya.

Hal ini pun diperkuat dengan pernyataan Business Innovation and Marketing & Sales Director HPM Yusak Billy. “Kenapa sih world premiere di Indonesia, karena concept car ini di develop untuk masyarakat kita, karena segmen untuk kelas mobil ini besar,” katanya pada Kamis (3/5/2021).

Meski Honda tidak menyebut secara rinci platform mobil konsep ini, namun beredar kabar Honda SUV konsep N7X akan menjadi penerus BR-V yang mengusung desain dan teknologi lebih modern. 

Baca juga  Sejarah Wuling Almaz, Menggebrak dengan Teknologi Canggih

Dimensi N7X Lebih Besar dari BR-V

Honda N7X dan BR-V
N7X diklaim lebih lapang dan nyaman dibanding BR-V

Jika melihat secara desain, Billy menjelaskan bahwa N7X masuk ke kelas low SUV dengan 7-penumpang. Maka dari itulah banyak yang membuat spekulasi mobil konsep ini bakal jadi penerus BR-V.

Billy juga menambahkan low SUV saat ini yang beredar di pasaran kurang memenuhi beberapa aspek yang dibutuhkan konsumen Indonesia. Salah satunya dari sisi dimensi.

Konsumen Tanah Air dikenal menginginkan mobil keluarga dengan dimensi besar, sehingga bisa muat penumpang secara nyaman hingga bangku baris ketiga. Oleh karenanya, dalam mendesain SUV konsep N7X soal dimensi tersebut benar-benar dipertimbangkan.

“Kurang panjang, kurang lebar, kurang tinggi jadi kami refleksikan riset itu sampai terciptalah mobil konsep ini,” tambah Billy.

Menurut Billy, N7X sengaja dibuat lebih besar dibanding BR-V agar bisa memenuhi harapan masyarakat Indonesia. Kemudian dari sisi desain, juga banyak ubahan yang dilakukan.

N7X Punya Desain Elegan

 
honda n7x concept - tampak depan
Grille besar minimalis dipadukan lampu pipih berteknologi LED, membuat aura gagah N7X Concept semakint erasa

Jika diperhatikan secara detail, lampu belakang Honda SUV konsep N7X berdesain mirip-mirip CR-V. Diprediksi stop lamp tersebut sudah menggunakan teknologi LED. Sedangkan BR-V masih mengusung lampu bohlam konvensional.

Baca juga  Toyota Fortuner Hybrid Siap Meluncur, Sebentar Lagi?

Pada lampu depan Honda N7X mengadopsi desain baru yang lebih mewah. Lampu utama menggunakan cahaya penerangan LED dipadu dengan lampu penerangan siang DRL. Sedangkan BR-V menggunakan lampu projector sebagai lampu utama dipadu DRL sebagai lampu siang.

Grill Honda N7X menggunakan bahasa desain terbaru Honda yang sudah diaplikasi pada CR-V Hybrid. Desainnya minimalis dan berkesan clean, sedangkan grill bawah berdesain sarang tawon. Sedangkan Honda BR-V masih mengandalkan desain grill garis-garis tebal.

Kemudian garis body Honda N7X dari ujung pintu depan hingga belakang rata. Berbeda dengan BR-V yang sedikit gelombang ke bawah pada bagian pintu penumpang belakang. Selain itu garis body Honda BR-V juga terlihat lebih berkesan gemuk di banding N7X yang terlihat lebih ramping.

Semua ubahan itu menjadikan Honda N7X terlihat jauh lebih elegan dan mewah dibanding BR-V. Hanya saja yang belum diketahui adalah interiornya. Kemungkinan besar aura elegan ini bakal senada dikenakan.

Demikian sekilas perbedaan Honda SUV konsep Honda N7X dan BR-V. Untuk ulasan otomotif lebih lengkapnya simak terus Moladin.com.

Baca juga  Sejarah Suzuki SX4, Sejak 2007 Hingga Kini

Terbaru