Rabu, Mei 29, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Ini Dia 3 Pemenang Toyota Rangga Concept Digital Modification Contest

by Ivan
3 Pemenang Toyota Rangga Concept Digital Modification Contest

PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengumumkan Top 3 Toyota Rangga Concept Digital Modification Contest (Digimodz). Di tahap final, para finalis membuat model skala 1:1 untuk menggambarkan seutuhnya hasil desain konversi ketika diaplikasikan pada versi produksi massal.

Peserta dari body builder mengerjakan sendiri modifikasi Hilux Rangga Cab & Chassis, sementara peserta perorangan menggandeng modifikator yang berpengalaman di bidang otomotif.

Setelah melalui tahapan penjurian yang ketat oleh para juri yang kompeten di bidang otomotif, akhirnya diputuskan 3 besar Toyota Rangga Concept Digimodz. Designer Champion : Albertus Whitney (CV. Delima Mandiri) – Campervan (Lifestyle), Designer Runner Up : Agus Sulistya Budi (DSP Styling) – Ditpolsatwa (Public Service), dan posisi ketiga ada Designer Third Place : Dhandy Mustika – Chicken Transporter (Business)

“Melalui visi To Contribute More to Society, PT Toyota-Astra Motor (TAM) ingin masyarakat luas turut memberikan kontribusi pada pengembangan Toyota Hilux Rangga dengan menciptakan desain konversi sesuai kebutuhan pelanggan yang semakin spesifik dan beragam. Toyota mengucapkan terima kasih atas animo masyarakat yang sangat besar dalam mengikuti lomba dan mengapresiasi karya desain para peserta yang melampaui ekspektasi kami. Setelah melewati proses seleksi ketat, Toyota mengumumkan Top 3 Toyota Rangga Concept Digital Modification Contest (Digimodz) yang mewakili tema Business, Public Service, dan Lifestyle,” kata Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Pemenang melalui serangkaian seleksi ketat

Pemenang melalui serangkaian seleksi ketat

Lewat varian konsep yang dihadirkan ini, Toyota ingin mewujudkan Total Mobility Solution for All. Melihat bahwa masyarakat merupakan pihak yang paling mengerti peluang bisnis yang sesuai sehingga mampu menghadirkan solusi mobilitas untuk berbagai kebutuhan usaha.

Baca juga  Market Share Toyota Tetap Paling Tinggi Sepanjang 2023

Konsep Modifikasi 3 Pemenang Toyota Rangga Concept Digimodz

Ada beberapa tahapan dilewati para peserta sebelum akhirnya dipilih 3 pemenang utama. Sebelumnya, lebih dari 200 desain dikirimkan peserta melalui www.ranggaconceptdigimodz.com. Partisipasi masyarakat umum patut dibanggakan, di mana terpilih 10 kontestan perorangan bersama 5 kontestan body builder pada tahap 15 besar. Selanjutnya, diseleksi lagi hingga mendapatkan 9 besar pemenang untuk memperebutkan posisi 3 besar.

Toyota Rangga campervan besutan Delima Mandiri jadi juara pertama

Toyota Rangga campervan besutan Delima Mandiri jadi juara pertama

Sebagai pemenang pertama, CV. Delima Mandiri berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp 20 juta untuk desain dan Rp 20 juta untuk modifikasi, sementara DSP Styling mendapatkan hadiah senilai Rp 15 juta untuk desain dan Rp 15 juta untuk modifikasi. Terakhir, Dhandy Ramadhan mendapatkan hadiah sejumlah Rp 10 juta untuk desain dan Akasia Motor mendapatkan hadiah Rp 10 juta untuk modifikasi.

1. The Champion: Campervan by CV. Delima Mandiri

Ubahan belakang Toyota Rangga campervan Delima Mandiri

Ubahan belakang Toyota Rangga campervan Delima Mandiri

Campervan memang belum terlalu populer di Indonesia, namun meningkatnya kebutuhan healing atau liburan, membuka peluang untuk menghadirkan kendaraan rekreasi yang tangguh mengingat medan jalan variatif yang akan dilalui. Sejalan tema Lifestyle, CV. Delima Mandiri melihat bahwa Toyota Hilux Rangga memiliki chassis yang sesuai untuk manufaktur campervan. Pertimbangannya adalah chassis tangguh, desain memikat, mesin diesel bertenaga, posisi mesin di depan lebih nyaman untuk pengemudi, dan transmisi otomatis yang dapat memberikan kemudahan pengemudi dalam perjalanannya.

Kabin Toyota Rangga Campervan

Kabin Toyota Rangga Campervan

Sebagai perusahaan karoseri lokal yang cukup paham keinginan pelanggan khususnya fleet, CV. Delima Mandiri rencananya akan menyediakan banyak konversi Toyota Hilux Rangga yang mudah untuk dipesan karena dipercaya bahwa kendaraan komersial ini sangat cocok untuk membantu meningkatkan produktivitas kegiatan usaha dan mendukung lifestyle pelanggan. Mulai dari campervan, outlander box dengan roof top tent, box refrigerated, ambulance, food truck, dan bentuk konversi lain.

Baca juga  Ini Daftar Pemenang Toyota Dream Car Art Contest ke-17

2. Runner Up: Ditpolsatwa by DSP Styling

Toyota Rangga Ditpolsatwa besutan DSP Styling

Toyota Rangga Ditpolsatwa besutan DSP Styling

Model bodi dengan bentuk dan garis yang tegas, memberikan kesan kokoh dan berani di luar, sehingga membuat tampilan calon kendaraan operasional kepolisian ini begitu tegas dan berwibawa. Mobil ini dirancang dengan model double cabin untuk membawa personil polisi dan anjing pelacak.

partisi pemisah antara ruang personil dan ruang anjing pelacak,

Kabin dibikin ada partisi pemisah antara ruang personil dan ruang anjing pelacak

Dilengkapi partisi pemisah antara ruang personil dan ruang anjing pelacak, dengan akses pintu belakang model hatchback, di mana bagian atap dilengkapi roof rack untuk peralatan tugas. Bumper depan dilengkapi winch dan lampu kabut pada bagian grille dilengkapi lampu blitz.

DSP Styling yang mewakili tema Public Service, juga melihat prospek konversi Toyota Hilux Rangga begitu menjanjikan, seperti dibuat menjadi mobil toko (moko), mobil box logistic, maupun service car. Harapannya, Toyota Hilux Rangga dapat menjadi favorit pengguna mobil niaga mengingat pick up ini memiliki daya angkut besar dan adanya variasi mesin bensin dan diesel yang memberikan pelanggan lebih banyak opsi mobility solution.

Baca juga  Ini Rahasia Hybrid Toyota, Bahkan Sekelas Vellfire HEV Harus Terima Kasih Pada Mobil Ini

3. Juara 3: Chicken Transporter by Dhandy Ramadhan

Toyota Rangga Chicken Transporter

Toyota Rangga Chicken Transporter

Ide Chicken Transporter tercetus tidak sengaja saat Dhandy sebagai satu-satunya peserta perorangan yang menjadi juara, sedang dalam perjalanan pulang kerja. Ia berpapasan dengan mobil pick up pengangkut ayam yang tampilannya cukup memprihatinkan, ditambah banyak pengguna jalan yang menjauh karena bau tidak sedap dan cara meng-handle muatan yang kurang aman. Padahal, selama ini ayam merupakan komoditi pangan yang sangat diminati, namun pengirimannya masih kurang diperhatikan.

Dhandy mulai memikirkan konsep mobil pengangkut ayam yang tampilannya menarik, lebih stylish, aman, dan membantu transportasi ayam potong untuk menekan tingkat stres dan kematian pada ayam selama perjalanan. Termasuk tidak mengganggu pengguna jalan lain karena bau tidak sedap dan keamanan kendaraan kurang diperhatikan. Riset data, brain storming idea, pembuatan desain hingga finishing berjalan sekitar 2 minggu dengan perhitungan matang supaya desainnya mudah dikembangkan jika diproduksi versi aslinya.

Box carrier didesain tertutup tapi stylish

Box carrier didesain tertutup tapi stylish

Box carrier didesain tertutup, dilengkapi air exhaust dan anti bacterial air purifier untuk memaksimalkan sirkulasi udara dan memastikan udara yang keluar dari boks tidak berbau sehingga aman bagi kesehatan ayam maupun lingkungan sekitar. Terdapat pencahayaan warm LED yang selain memiliki nilai estetika, juga berfungsi membantu menjaga suhu di dalam boks tetap stabil agar ayam tetap sehat dan tidak stress selama perjalanan.

“Selamat kepada para pemenang Toyota Rangga Concept Digital Modification Contest (Digimodz). Semoga desain para pemenang dapat diaplikasikan dalam produksi massal kelak dan menginspirasi lebih banyak lagi desain konversi yang sesuai kebutuhan usaha dan lifestyle pelanggan,” tutup Anton Jimmi Suwandy. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika