Ini Wujud Mobil Dinas Prabowo Subianto, Maung Garuda Anti Peluru!

by Firdaus Ali
Mobil dinas Prabowo Subianto

Mobil dinas Prabowo Subianto bukan Mercy S-Class seperti Presiden-preseiden sebelumnya. Mantan Komandan Paspampres ini pakai Maung Garuda anti peluru.

Maung Garuda merupakan produksi PT Pindad dengan spesifikasi keamanan yang sangat mumpuni. Mobil ini punya rupa berbeda dengan Maung Pindad. SUV kekar ini memiliki tulisan ‘Garuda’ di bagian belakangnya. Selain itu, bodinya juga lebih bongsor dibanding Maung Pindad standar.

Dilansir dari laman resmi Pindad, desain dan spesifikasi Maung Garuda berkelir putih ini ada campur tangan Prabowo Subianto. Dimana bagian grill punya desain mirip dengan motif batik jenis Parang yang dibalut dengan aksen krom. Ini merupakan bagian dari menunjukan identitas salah satu budaya Indonesia.

“Dengan terwujudnya kendaraan Garuda Limousine Kepresidenan ini menunjukkan kemandirian bangsa Indonesia. Presiden Prabowo percaya bahwa Garuda Limousine kepresidenan buatan dalam negeri ini menunjukkan upaya keras PT Pindad dalam mewujudkan kemandirian bangsa Indonesia,” tulis Pindad dalam keterangan resminya, (20/10).

Spesifikasi Mobil Dinas Prabowo Subianto, Anti Peluru!

Mobil dinas Prabowo Subianto adalah Maung Garuda MV3 produksi PT Pindad. Mobil ini diketahui punya spesifikasi tingkat keamanan yang optimal.

Maung Garuda memiliki bobot 2,95 ton dengan dimensi panjang sekitar 5,05 meter, lebar 2,06 meter, tinggi 1,87 meter. Kemudian untuk performa dapur pacunya mencapai 199 Hp yang disalurkan melalui transmisi otomatis 8 percepatan. Kemudian mobil SUV ini kabarnya memiliki kecepatan maksimal 100 km/jam.

Mobil ini dibekali fitur keamanan di seluruh area kendaraan meliputi body dengan material composite armor yang memiliki ketahanan terhadap munisi kaliber 7,62 x 51 mm NATO ball & kaliber 5,56 x 45 mm M193, kaca antipeluru level B5/B6, serta dilengkapi ban berukuran R21 dengan tipe Run Flat Tyre (RFT) yang bisa tetap melaju meski mengalami kebocoran di perjalanan.

Sementara itu, bagian Interiornya mengadopsi material wood finish accents, dilengkapi kursi penumpang captain seat dengan pengaturan elektrik disertai leg rest serta limo touch control panel.

Maung Garuda juga dilengkapi dengan Head Unit 12 inci, kamera 360°, led smart TV, cooled storage, dan portable WiFi.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika