oleh

Inikah Sosok Toyota Corolla DX Terbaru ?

Inikah Toyota Corolla DX terbaru? Mungkin kamu akan bertanya seperti itu jika pertama kali ketika melihat gambar mobil di atas ini.

Tidak salah sih, ini memang gambar mobil Toyota Corolla DX terbaru yang didesain versi modern.

Desain Toyota Corolla DX terbaru ini merupakan sebuah sketsa ilustrasi karya Andrew Guerrero dari TopGear. Sebuah sketsa andai-andai yang menggambarkan tampilan mobil Corolla DX jika dibuat versi terbarunya. 

Top Gear Filipina menamai render visual Toyota Corolla DX terbaru ini dengan sebutan Neo E70. Nama yang terinspirasi dari kode bodi Corolla DX yang jika di Indonesia dikenal dengan sebutan KE70.

Terlihat pada gambar, Toyota Corolla DX terbaru ini kental dengan sentuhan retro modern. Desain utama bodinya kotak khas Toyota Corolla DX, namun ditambah dengan sentuhan modern.

Misalnya pada lampu utama Toyota Corolla DX terbaru ini yang berdesain bulat, yang terlihat mengadopsi teknologi penerang DLR LED.

Oya dua lampu bulat utama bulat ini mengingatkan kita pada Toyota Corolla DX awal-awal sekitar tahun 1979. Di tahun-tahun berikutnya Toyota Corolla DX baru mengaplikasi desain lampu kotak.

Baca juga  Toyota GR Supra Terbaru Meluncur, Harga Tembus Rp 2 Miliar

Lebih Lebar dari Versi Lawas

Toyota Corolla DX terbaru
Mengusung dual pipe exhaust, khas mobil performa.

Menurut laman TopGear, mobil rancangan Andrew ini memiliki  panjang 4.400 mm, lebar 1,752 mm, dan tinggi 1,394 mm. Jarak sumbu rodanya 2,641 mm.

Secara secara keseluruhan dimensi Toyota Corolla DX terbaru ini lebih besar dibanding DX tahun 80a. Toyota Corolla DX lawas memiliki panjang 4.050 mm, lebar 1.610 mm, tinggi 1.385 mm dan jarak sumbu rodanya 2.400 mm.

Uniknya lagi, sang desainer menghadirkan Corolla DX modern ini dengan versi performa Gazoo Racing (GR). Bumpernya berkesan menyatu dengan wajah, dengan desain kotak.

Menggunakan kawat motif sarang tawon di bemper khas mobil tahun 80an. Di pojok kanan ada emlblem kecil  di sebelah kanan diduga bertuliskan GR.

Di bagian samping ada lampu sein kotak yang terpasang sangat manis, memperkuat kesan mobil JDM retro. Kata sang desainer, Toyota Corolla DX terbaru mengusung pelek model belimbing ukuran 17 inci dibalut ban 215/45R17.

Aelain itu, Andrew Guerreiro sang desainer mengatakan mobil ini memiliki dua pilihan mesin yakni M20A-FKS berkapasitas 2.0 liter dengan output 195 Hp dan torsi puncak 210 NM.

Baca juga  Harga Toyota Sienta Bekas, Semahal Apa?

Satu lagi berkode A25A yang merupakan powertrain listrik bertenaga 227 Hp dan torsi maksimal 252 Nm.

Sedangkan transmisinya juga menggunakan dua pilihan yakni manual 6 percepatan dan otomatis 6 percepatan. Dalam hayalan Andrew Corolla DX listriknya ini menggunakan paddleshift untuk perpindahan gigi secara manual.

Singkat cerita mobil Toyota Corolla DX terbaru ini mengingatkan kami pada Honda Urban EV. Yang mana unit ini juga diangkat dari mobil legendaris mereka Civic.

Dimensinya pun retro yang dibalut dengan sentuhan modern. Honda Urban EV mengaplikasi powertrain berkapasitas 53,6 kW dengan tenaga 120 kW. Untuk sekali pengisian penuh Honda EV bisa menempuh jarak 340 km.

Kabar terakhir menyebut Honda Urban EV sudah dipasarkan sejak tahun 2019 lalu dengan harga sekitar 26.000 Euro atau sekitar Rp 440 jutaan.

Demikian ulasan terkait Toyota Corolla DX terbaru. Simak terus moladin.com untuk mendapatkan update konten berita lainnya.

Terbaru