Inilah 6 Merek Motor Asli Indonesia yang Semakin Eksis

Moladin – Pasar otomotif Indonesia, khususnya di kelas sepeda motor, sudah lama dikuasai oleh pabrikan-pabrikan asal Jepang. Hanya di akhir dekade 90-an, sempat ada serbuan merek-merek China yang membanjiri pasar.

Namun pada akhirnya satu per satu produsen motor asal China itu angkat kaki karena kalah bersaing dengan produk jepang yang lebih berkualitas. Tapi yang menarik, kehadiran motor-motor China itu seakan memberikan inspirasi bagi merek lokal untuk berkembang.

Saat ini, ada beberapa merek lokal Indonesia yang diam-diam menggeliat, mencoba keluar dari bayang-bayang para raksasa Jepang. Merek ini hanya ada di Indonesia dan dimiliki oleh orang Indonesia juga. Namun sebagian mesin dan komponennya di desain dan diproduksi di luar negeri.

Secara umum, merk lokal Indonesia ini bermain di segmen yang berbeda dengan merek Jepang, sehingga mereka tetap bisa survive di tengah kerasnya persaingan industri otomotif tanah air.

Wacana motor lokal mengemuka setelah peluncuran Gesits di ajang Indonesia International Motor Shows (IIMS) 2019. Namun Gesits bukanlah satu-satunya merek dalam negeri yang saat ini beroperasi. Inilah beberapa merek motor lokal beserta deskripsi singkatnya.

 

Gesits

GesitsGesits adalah kendaraan roda yang pakai listrik hodernya

Sempat trending beberapa waktu lalu, Moladiners pasti sudah tidak asing dengan motor ini. Gesits adalah motor listrik yang penampilannya sekilas mirip banget sama Honda Vario.

Motor ini sempat bikin masyarakat penasaran karena sebelum dirilis ke pasaran, sudah pernah dicoba oleh beberapa menteri dan Presiden juga. Ini adalah motor listrik pertama buatan Indonesia yang dilepas ke pasaran.

 

Honda Vario 150 eSP

*Angsuran mulai dari

 

Produsen motor ini adalah PT Garasindo yang bekerjasama dengan ITS (Institut Teknologi Sepuluh November). Bahkan nama Gesits pun merupakan gabungan dari dua entitas tersebut.

Motor listrik ini dilego dengan harga sekitar Rp 24 jutaan per unit. Harga itu tidak terlalu mahal, sekelas dengan banyak skutik 150cc. yang menjadi daya jual utama Gesits adalah penghematan yang bisa Anda lakukan.

 

Happy Motorcycle

MX 200MX 200 jadi andalan Happy

Kisah sepeda motor Happy dimulai pada tahun 1999 dengan berdirinya PT Anugerah Cendrawasih Sakti Motor (PT. ACSM). Perusahaan ini bergerak di bidang perakitan sepeda motor dengan pabrik di kawasan Pakisaji, Malang.

Awalnya motor Happy hanya dipasarkan untuk area Jawa Timur saja, tetapi karena perkembangan yang bagus, pasar Happy merambah hingga ke seluruh Indonesia. Investasi terus dilakukan dengan membangaun pabrik yang besar untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin tinggi.

Saat ini, Happy menawarkan banyak pilihan produk dari motor klasik CS200, motor trail MX200, serta lini motor niaga roda tiga Perkasa. Ada tiga tipe Perkasa yang bisa Anda pilih, mulai dari yang menggunakan mesin 125cc, 150cc, dan 200cc. Jaringan dilernya pun sudah cukup luas dan Anda akan dapat dengan mudah membeli produk-produk Happy.

 

Kaisar Motorcycle

Ruby V250Ruby V250 jadi andalan Kaisar

Perusahaan yang memproduksi motor dengan merek Kaisar adalah PT. Kaisar Motorindo Industry yang berdiri pada 15 Januari 2003. Awalnya, perusahaan ini juga bergerak di bidang perakitan sepeda motor saja dengan pabrik di Bogor. Namun kini merek Kaisar sudah menjadi salah satu merek lokal yang dikenal secara nasional.

Kaisar fokus untuk menciptakan produk yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan di Indonesia. Rangkaian produknya pun cukup unik, mulai dari motor cruiser Ruby V250 yang membawa kesan klasik dan mewah dengan desain dan mesin V2-nya.

Pada segmen niaga, Kaisar memiliki lini Triseda yang terdiri dari varian standard, RX, dan XP. Triseda juga sudah memecahkan rekor MURI sebagai motor roda tiga terkuat di kelasnya dengan menarik truk kontainer seberat 20 ton.

 

VIAR

ViarViar andalkan motor bergaya klasik

Pemegang tunggal merek VIAR adalah PT Triangle Motorindo yang sudah berdiri sejak tahun 2000. Pabrik mereka yang sangat luas di Semarang sudah mampu memproduksi motor secara Completely Knocked-Down (CKD), dengan output industri hingga 1000 unit per harinya. VIAR didukung dengan jaringan lebih dari 700 diler, dan afiliasi ke banyak perusahaan leasing besar Indonesia.

Laiknya kebanyakan merek lokal, VIAR juga mengandalkan penjualan motor niaga roda tiga. Lini produk Karya memiliki banyak varian dengan kapasitas mesin dan variasi bak yang berbeda.

 

Viar Vintech 200

*Angsuran mulai dari

 

Masuk di pasar trail, VIAR mengeluarkan lini Cross X dengan mengusung mesin mulai dari 70cc hingga 250cc. Selanjutnya ada lini Razor yang merupakan seri ATV (All Terrain Vehicle) dari pabrikan ini. Untuk motor sport, ada Vortex 250 yang mengusung tipe naked sport. Yang terakhir adalah skuter listrik Q1 yang baru soft launch pada Juli 2019.

 

Gazgas

GazgasGazgas fokus produksi motor di segmen trail dan offroad

Berawal dari sebuah bengkel modifikasi di Surabaya pada 2004, Gazgas terus berkembang hingga memiliki pabrik di Pasuruan. Sedari awal, Gazgas memang sudah fokus untuk terjun di segmen trail dan offroad.

Produk trailnya pun beragam mulai dari minimoto sampai GXE450 yang berharga di atas seratus juta rupiah. Gazgas juga memiliki lini produk retro cafe racer bernama Gorillla dan Monkey yang memakai mesin 100cc. Lalu ada pula Gazelo 125 yang penampakannya mirip banget sama Honda C70 klasik.

 

SOIB

SoibSoib motor lokal citra rasa Eropa

Bisa dibilang ini adalah brand motor lokal tapi dengan citarasa Eropa. Pasalnya, sebagian besar komponen motor masih didatangkan dari Prancis. Namun untuk perakitannya, semua dilakukan di Bogor.

Motornya pun dibuat untuk memuaskan permintaan lokal Indonesia, dengan harga yang sangat bersaing. Kebanyakan produknya berupa retro racer dengan mesin besar, di atas 400cc. Ini bisa jadi pilihan buat Anda yang ingin tampil retro dengan mesin asli Eropa tetapi dengan pricing yang ciamik.

Itulah tadi beberapa motor merek lokal Indonesia yang bisa Anda dapatkan di pasaran saat ini. Memang belum semuanya menggunakan 100 persen konten lokal, tapi usaha ke arah sana sudah semakin terlihat.

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *