oleh

Inilah Sosok Toyota Land Cruiser 70th Anniversary

Tahun 2021 memang jadi momen penting untuk Toyota Land Cruiser 70th Anniversary. Oleh karena itulah, pabrikan berlogo T tengah bersiap menghadirkan generasi terbarunya.

Dari dokumen yang diduga resmi milik Toyota, kemungkinan SUV mewah tersebut bakal meluncur pada akhir Mei 2021. “Lantaran embargo global, gambar desain (mobil) tidak terlihat hingga May 2021,” seperti dikutip dari laman Instagram @land.cruiser.300.

Walau demikian, sesungguhnya kalau cuma mencari gambar Land Cruiser terbaru tidak sulit. Di dunia maya juga banyak beredar foto dari mulai yang pakai kamuflase hingga terbuka.

Istimewanya lagi dari gambar-gambar tersebut tampak bahwa Toyota sudah menyiapkan versi Land Cruiser 70th Anniversary.

Salah satu pembeda utama yang dapat terlihat dari mobil Land Cruiser model ulang tahun ini, terdapat emblem 70th Anniversary di sisi bodi bagian belakang.

Entah apa ubahan lainnya dari Land Cruiser 70th Anniversary, sejauh yang bocor hanya itu. Walau demikian dari dokumen, kita juga bisa lihat bahwa Toyota bakal meluncurkan beberapa varian seperti GX-R, GR-S, dan ZX.

Baca juga  Siap-Siap Mitsubishi Outlander 2022 Meluncur Februari

Spesifikasi Land Cruiser 300 Series

toyota land cruiser 70th anniversary 1
Desain Land Cruiser terbaru semakin gagah, namun bobotnya diklaim lebih ringan agar konsumsi BBM bisa lebih hemat

Menarik melihat spesifikasi Land Cruiser 300 Series atau generasi terbaru. Lewat bocoran dokumen, terlihat bahwa bobotnya jadi lebih ringan karena ada beberapa komponen yang dibuat dengan aluminium.

“Atap aluminium diterapkan untuk membuat mobil lebih hemat BBM lewat pengurangan bobot,” beber dokumen tersebut.

Kemudian untuk variannya yang paling rendah adalah GX-R dan ZX sebagai flagship. Istimewanya lagi ada versi Gazoo Racing atau GR-S. Di varian GR-S juga tersedia opsi tamilan retro grille bertuliskan nama Toyota dengan huruf kapital.

Varian Land Cruiser ZX terbaru tampil beda dibanding yang lain, dengan ban ukuran 20 inci, illuminated side-steps, dan kick-sensor untuk bagasi. Kemudian varian GR-S dan ZX, sama-sama pakai kamera parkir 360 derajat dengan monitor 3D.

Terkait kenyamanan, varian ZX dan GR-S bakal memiliki head unit layar sentuh 12,3 inci. Lalu spesial untuk ZX ada rear seat entertainmen berupa layar 11 inci.

Bicara mesin, Land Cruiser GX-R tersedia dalam versi diesel. Sementara GR-S dan ZX punya opsi diesel dan bensin.

Baca juga  Harga Kia Sonet 7-Seater Termurah, Kurang Rp 200 Juta

Khusus mesin diesel di mobil SUV ini dikabarkan bakal pakai kubikasi 3.3-liter turbo diesel yang bisa melontarkan torsi hingga 687 Nm dan tenaga 304 hp. Sementara mesin bensinnya pakai 3.5-liter twin turbo dengan torsi 589 Nm dan tenaga 414 hp.

Sementara untuk sistem transmisi, bocorannya pakai 10-percepatan otomatis. Buat berkendara offroad, varian ZX memiliki fitur torque sensing limited-slip differential.

Entah untuk Toyota Land Cruiser 70th Anniversary bakal ada di varian yang mana. Biasanya sih masuk ke varian tertinggi atau ZX. Kita tunggu saja sama-sama peluncurannya secara global pada akhir Mei 2021.

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin.

Terbaru