Senin, September 26, 2022

Isuzu ELF EV Siap Hadir di GIIAS 2022, Truk Listrik!

by Tigor Sihombing
Elf EV

Isuzu ELF EV resmi hadir di Indonesia. Kendaraan tersebut turut serta dalam event EV Smart Mobility – Joint Project, yang diinisiasi oleh lima agen pemegang merek (APM) otomotif: Mitsubishi Motors, Nissan, FUSO, Isuzu, dan Toyota, di Bali. 

Tujuannya event tersebut untuk mendukung pemerintah dalam upaya pengurangan emisi karbon, melalui popularisasi kendaraan elektrifikasi di Indonesia. Proyek ini juga sebagai bagian dari bentuk dukungan brand-brand otomotif selaku pelaku indistri, untuk mensukseskan posisi Indonesia sebagai presidensi G20 pada tahun 2022 dan revitalisasi wisata ramah lingkungan di kawasan Bali.

Isuzu ELF EV sendiri merupakan truk kategori ringan (light-duty truck), berpenggerak listrik murni. Dengan demikian, sudah pasti kendaraan itu cukup penting dalam mendukung kegiatan tersebut.

Mengutip Isuzu global, truk ini memiliki dimensi panjang 6.690 mm, lebar 2.154 mm, dan tinggi 3.000 mm. Suspensi depan independent, dan belakang per daun. Sementara jantung pacunya menggunakan baterai lithium-ion dengan kapasitas tidak terlalu besar, sehinggga jarak tempuhnya hanya mampu menjelajah sejauh 100 kilometer.

Baca juga  Daftar Harga Isuzu MU-X Bekas, SUV yang Terjangkau

Sedangkan motor listrik memiliki tenaga sebesar 150 kilo watt, atau setara 201 PS. Dengan tenaga sebesar itu, daya angkut maksimal ELF EV mencapai 3 ton.

Untuk fitur-fitur penunjang, tersedia kamera untuk memudahkan proses parkir, dan sebagai pengganti spion tengah karena tertutup dengan boks besar.

Isuzu ELF Ev sendiri bersaing dengan Mitsubishi Fuso eCanter yang juga sudah diperkenalkan di Indonesia. Truk besutan Fuso tesebut diklaim memiliki daya jelajah 100 km. Menggunakan Enam baterai lithium-ion bertegangan tinggi dengan total total 82,8 kWh. Daya Fuso eCanter mencapai 4.5 ton.

Isuzu Elf EV Akan Hadir di GIIAS 2022

isuzu elf ev

Sosok ELF EV yang merupakan truk listrik pesaing Fuso e-Canter

Nantinya truk listrik ini juga akan hadir di GIIAS 2022 yang berlangsung pada 11 – 21 Agustus 2022. Hal ini dikatakan Marketing Communications Manager PT IAMI, Puti Annisa. Kehadiran Elf EV sesuai tema Isuzu yaitu real partner, real journey. Kendaraan tersebut dianggap sebagai evolusi produk dari Isuzu ELF yang selama ini menjadi teman bisnis masyarakat Indonesia.

Baca juga  4 Masalah Isuzu MU-X, Waspadalah!

“Kami Isuzu akan menjadi partner sepanjang perjalanan kesuksesan yang mengusung Euro 4 yang sudah diimplementasikan April kemarin, dan akan ada Isuzu ELF EV,” katanya.

Sedikit cerita, Isuzu ELF sendir hadir pertama kali pada tahun 1959. Sejak rilis pertama di era Showa (masa pemerintahan Kaisar Showa), ELF terus-menerus berevolusi dengan perubahan menyesuaikan kebutuhan pelanggan dan zaman, sampai ke era Heisei (masa pemerintahan Kaisar Akihito) dan sekarang menjadi era Reiwa baru (masa pemerintahan Kaisar Naruhito saat ini).

Saat ini Isuzu ELF EV telah dikembangkan untuk menyediakan kondisi kerja lebih baik untuk pengemudi, dan mengoptimalkan efisiensi pengiriman perkotaan. Sehingga diharapkan truk empat ban ini bisa menjadi kedaraan komersial yang mendukung transportasi generasi berikutnya. 

Demikian ulasan terkait hadirnya Isuzu ELF EV di Indonesia. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika