Jumat, Mei 31, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Kaliper Rem Mobil: Fungsi, Cara Kerja, Beserta Harganya

by Tigor Sihombing
Bubut cakram mobil

Kali ini Moladin akan membahas fungsi kaliper rem mobil. Dalam rangkaian sistem pengereman, kaliper rem adalah piranti penting yang mendukung proses pengurangan laju kendaraan.

Kaliper rem mobil terdapat di keempat roda yang menggunakan sistem pengereman cakram. Komponen ini, secara bertahap bekerja sama dengan cakram untuk mengurangi laju kendaraan dengan cara menjepit cakram.

Dalam rem cakram sendiri ada berbagai macam komponen yang mendukung kinerjanya. Nah semua komponen ini bergantung pada dengan sebuah kaliper rem.

Buat kamu yang awam, kaliper rem mobil merupakan komponen yang berdampingan dengan cakram. Biasanya untuk mobil-mobil dengan aura sporty, warna kaliper rem ini merah.

Fungsi Kaliper rem sendiri adalah menjepit cakram dengan mengandalkan kampas cakram yang melekat pada komponennya. Selain itu kaliper rem juga berfungsi sebagai penupang kampas dan piston. Namun bukan hanya itu saja, banyak fungsi kampas rem pada kendaraan yang wajib diketahui. Berikut ulasan lengkapnya.

Kaliper Rem Sebagai Pengatur Laju Kendaraan

fungsi Kaliper rem mobil

Minyak rem mengalir karena adanya sebuah proses hidrolik saat diinjak. Saat itulah seal piston langsung bereaksi dengan menghalangi minyak rem agar tidak terlalu banyak keluar.

Seperti yang disebutkan di atas secara singkat, fungsi utama kaliper rem salah satunya adalah pengatur laju kendaraan. Misal ketika kamu ingin mengurangi kecepatan, kaliper rem akan menjepit cakram yang disesuaikan dengan kebutuhan yang diminta pengemudi.

Baca juga  Posisi Transmisi Mobil Matik Saat Macet di D, N, atau P?

Selain itu dengan adanya kaliper rem, respon pengereman lebih maksimal. Dengan kaliper jarak pengereman lebih pendek, lantaran kaliper secara mempunyai system kampas yang mampu menjepit cakram secara kuat dengan mekanisme yang dimilikinya.

Kaliper rem juga berfungsi untuk menyalurkan gaya dorong ke cakram. Pada bagian ini juga terdapat sebuah piston yang akan membantu menyalurkan gaya dorong agar sampai ke piringan cakram.

Dalam piston terdapat seal piston yang berbentuk tabung. Fungsinya membantu mengurangi terjadinya kebocoran minyak rem.

Karena minyak rem ini juga akan ikut mengalir ketika kamu menginjak pedal rem. Minyak rem mengalir karena adanya sebuah proses hidrolik saat diinjak. Saat itulah seal piston langsung bereaksi dengan menghalangi minyak rem agar tidak terlalu banyak keluar.

Selain itu, ada juga komponen lain yang turut membantu bernama master silinder. Master silinder adalah penentu utama apakah kaliper bisa berfungsi atau tidak.

Master silinder memiliki fungsi untuk mengubah gerakan mekanis menjadi tekanan hidrolik sehingga mobil bisa berhenti di tempat yang tepat.

Baca juga  6 Penyebab Kaca Mobil Pecah, Jangan Sepelekan!

Cara Kerja Kaliper Rem

Kaliper rem mobil

Cara kerja Kaliper Rem

Komponen kaliper bekerja dengan bantuan tekanan hidrolik dari minyak rem yang masuk lewat selang rem. Umumnya, ada dua jenis kaliper yang digunakan pada mobil, yakni floating caliper dan fixed caliper.

Floating caliper terletak pada brake support yang dapat bekerja ke kanan dan ke kiri. Fungsinya sama, untuk menekan kampas rem.

Pada floating caliper dilengkapi piston rem pada satu sisinya untuk menekan kampas rem. Sedangkan sisi lainnya menekan kampas rem dari sudut berbeda.

Sementara fixed caliper merupakan kaliper yang terletak pada brake support. Bedanya, kaliper ini menyatu dengan brake support sehingga tidak berkerak seperti floating caliper.

Adapun tugas dari fixed caliper adalah untuk menekan kampas rem yang dilakukan di sisi yang memiliki piston rem.

Bagaimana cara kerja komponen kaliper rem ini ? Seperti yang dijelaskan di atas, bisa disimpulkan mekanisme kerja kaliper adalah menggunakan prinsip kerja hidrolik.

Jadi ketika kaliper dalam kondisi mengembang, maka bagian piston akan memberikan gaya dorong ke rem cakram bagian dalam atau rotor hingga membuat laju kendaraan terhenti. Namun, jika kondisi kaliper dalam posisi awal maka bagian piston akan memadat di kedua sisi kaliper.

Baca juga  Biaya Perbaikan Bodi Mobil Penyok, Semahal Apa?

Harga Kaliper Rem Mobil

Fungsi kaliper rem mobil

Sebabagi informasi, kaliper rem juga ada versi racing yang banyak tersedia di pasaran. Misal untuk Brembo original, dijual kit dapat kaliper, brake pads, disc brake, center hub, adaptor, brake fluid, hel brake, dan instalasinya dipasarkan sekitar Rp 18-22 jutaan.

Kaliper rem mobil sendiri dibandrol dengan harga yang beragam di pasaran. Harga tersebut umumnya ditawarkan satuan.

Misal untuk Toyota Avanza Veloz dibandrol pada kisaran Rp 900 – 1.2 jutaan untuk bagaian kan atau kiri saja. Sedangkan untuk kaliper reem Avanza lawas lebih murah lagi yakni pada kisaran Rp 500- 600 ribuan.

Sedangkan harga kaliper rem Mitsubishi Xpander, untuk versi original harganya mencapai Rp 1.5 jutaan. Lalu Tooyota Vortuner berkisar Rp 2,7 jutaan per item.

Jika kamu membeli kampas rem di luar bengkel resmi ada baiknya meminta jaminan original kepada penjual, sebab di pasaran banyak kaliper resm aftermarket yang kadang diakui original.

Sebabagi informasi, kaliper rem juga ada versi racing yang banyak tersedia di pasaran. Misal untuk Brembo original, dijual kit dapat kaliper, brake pads, disc brake, center hub, adaptor, brake fluid, hel brake, dan instalasinya dipasarkan sekitar Rp 18-22 jutaan.

Demikian ulasan fungsi kaliper rem mobil. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomtoif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika