by

Kapan Daihatsu Gran Max Ganti Model Baru di Indonesia?

Pertanyaan soal Gran Max ganti model baru di Indonesia, sesungguhnya wajar dilontarkan konsumen. Pasalnya mobil ini sudah berusia 14 tahun, dan masih dengan tampilan itu-itu saja.

Jika melihat di Jepang, padahal Gran Max terbaru sudah hadir sejak 2020. Ubahannya cukup signifikan, tidak cuma tampilan tapi juga performa mesin dan fitur.

Lalu kenapa Gran Max tidak kunjung ganti model di Tanah Air? Apakah ada rencana penyegaran untuk mobil tersebut? Berikut jawaban lengkap dari PT Astra Daihatsu Motor (ADM):

Daihatsu Lakukan Penyegaran Diam-Diam untuk Gran Max

Gran Max ganti model baru
Sosok Gran Max yang dijual di Indonesia saat ini

Memang terkait Gran Max ganti model baru, sampai sekarang belum dilakukan oleh Daihatsu. Hanya saja, bukan berarti mobil komersial itu tidak dilakukan penyegaran.

“Terkait penyegaran waktu itu pernah ke arah penguatan dek dan ban di sekitar tahun 2019,” kata Head of Customer Satisfaction and Value Chain Division ADM, Elvina Afny dalam diskusi virtual bersama media pada Kamis (14/10/2021).

Elvina mengatakan, penguatan dek tersebut merupakan bentuk dari kepekaan Daihatsu mendegar kebutuhan konsumen. Dengan demikian, pengguna Gran Max bisa semakin merasa aman dan nyaman ketika membawa banyak barang, baik untuk model mobil pick up dan mini bus.

Baca juga  5 Kelebihan Daihatsu Xenia, Masih Layak Dibeli?

Kemudian soal mesin, memang sampai saat ini Gran Max masih mengandalkan model lama. Sebut saja 1.300 cc dengan kode K3-DE dan 1.500 cc berkode 3ZS-VE.

Alasannya sebenarnya sederhana, karena kedua opsi jantung mekanis tersebut tidak pernah dikeluhkan konsumen. Dalam artian, tetap tangguh saat diajak melibas berbagai medan jalan. Kemudian konsumsi BBM-nya juga irit.

Ubahan minimal yang dilakukan untuk Gran Max juga supaya harganya tetap stabil. Alhasil konsumen jadi mudah bila ingin memilikinya, terutama para pebisnis.

Gran Max Siap Ganti Mesin Baru?

gran max ganti model baru
Di Jepang, Gran Max sudah ganti mesin baru dengan kode NR Series

Daihatsu mengungkapkan Gran Max ganti model, belumlah jadi wacana besar mereka. Hal ini dikarenakan konsumen Tanah Air diklaim masih puas dengan produk ini.

Hanya saja soal studi mendalam terus dilakukan agar Gran Max lebih baik. Salah satunya dengan mempertimbangkan penggunaan mesin baru NR Series. Ini bukan tanpa alasan, karena memang di Jepang sudah pakai. 

“Saat ini, kami sedang studi apakah ada masalah dengan mesin sekarang? dan juga dari sisi regulasi pemerintah sendiri,” beber Elvira.

Baca juga  3 Produk Ini Dorong Penjualan Ritel Daihatsu di 2020

Pasalnya walau dalam hal performa tidak beda jauh, tapi mesin NR Series lebih ramah lingkungan. Kemudian kalau belajar dari Daihatsu Xenia, maka jantung mekanis tersebut juga lebih irit konsumsi BBM.

Kapan kira-kira Gran Max ganti model dan pakai mesin baru? Sabar saja. Kita tunggu saja waktu peluncurannya. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru