Rabu, Juni 19, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

3 Kelebihan Citroen C3 Aircross 2023, Lawan XL7 dan Rush Pakai Turbo!

by Firdaus Ali
kekurangan citroen c3 aircross

Ada beberapa kelebihan Citroen C3 Aircross 2023 dibanding dengan para kompertitornya di pasar Indonesia, salah satunya penggunaan mesin 1.200 cc turbo. Dengan jantung mekanis induksi turbo, tentu performanya jadi lebih unggul dibanding kompetitor yang pakai mesin 1.500 cc seperti Toyota Rush dan Suzuki XL7.

Merek mobil Perancis yang didatangkan dari India ini resmi meluncur di GIIAS 2023 lalu. Sekilas mobil SUV ini tampilan eksteriornya mirip dengan saudaranya Citroen C3, namun dimensinya lebih bongsor. Pembeda lain, pakai konfigurasi jok 3-baris dan bisa menampung 7-orang.

Dalam pembahasan kali ini, Citroen C3 Aircross akan kami bandingkan dengan beberapa pesaingnya, Seperti Suzuki XL7 Hybrid Alpha dan Toyota Rush GR Sport. Alasannya, ketiga mobil tersebut sama-sama dijual dengan kisaran harga Rp 300 jutaan dan juga muat 7 penumpang.

Biar tidak penasaran, berikut beberapa kelebihan Citroen C3 Aircross dibanding dengan para pesaingnya? Ini bahasan lengkapnya:

1. Mesin 1.200 cc Turbo yang Bertenaga

kelebihan Citroen C3 Aircross

Citroen C3 Aircross pakai mesin 1.200 cc turbo. Foto: Istimewa

Kelebihan Citroen C3 Aircross yang pertama adalah sudah menggunakan mesin 1.200 cc turbo 3 silinder. Di atas kertas tenaganya mencapai 110 PS di 5.500 rpm dengan torsi puncak 205 Nm pada putaran mesin 1.750 rpm melalui transmisi otomatis 6-percepatan. Artinya performanya jauh unggul dibanding LSUV 7-seater kompetitor.

Baca juga  18 Komunitas Mobil Daihatsu Ngoprek Mesin Turbo Rocky

Bandingkan dengan Suzuki XL7 Hybrid, mobil dengan logo ‘S’ ini pakai mesin K15B 1.500 cc, 4 silinder mild hybrid atau smart hybrid vehicle by suzuki (SHVS). Tenaganya hanya di angka 104,7 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 138 Nm pada 4.400 rpm melalui transmisi manual (MT) 5-percepatan atau otomatis (AT) 4-percepatan.

Kemudian, pesaing satunya lagi yaitu Toyota Rush GR Sport pakai mesin 1,496 cc 2NR-VE 1.5L yang tenaganya hanya 106 PS pada 6.000 rpm dan torsi 127,5 Nm pada 4.200 rpm.

2. Head Unit Terbesar di Kelasnya

Mesin citroen c3 aircross

Head unit berukuran 26 cm, terbesar di kelasnya

Kelebihan Citroen C3 Aircross selanjutnya adalah ukuran head unit touchscreen yang besar, yaitu 26 cm atau 10,25 inci dengan model horizontal. Selain untuk mendukung operasional audio, head unit ini juga bisa mendukung kebutuhan fitur mobil. Selain itu, kualitas layarnya juga sudah HD dan dilengkapi dengan MyCitroen Connect App.

Lagi-lagi jika dibandingkan dengan kompetitornya seperti Suzuki XL7 Hybrid, Citroen C3 Aircross unggul. Sebab, head unit touchscreen milik XL7 Hybrid hanya berukuran 8 inci. Begitu juga kepunyaan Toyota Rush GR Sport yang ukurannya hanya 7 inci.

Baca juga  6 Perbedaan Honda HR-V 1.5L Vs Turbo RS, Signifikan!

Di samping itu, Citroen juga memberi C3 Aircross panel instrumen full digital 7 inci yang menjadikan tampilan interior mobil semakin modern. Plus, pengemudi bisa melihat berbagai informasi tentang mobil dengan lebih mudah, karena grafisnya warna-warni.

3. Kursi Baris Ketiga Bisa Dicopot

Mesin citroen c3 aircross

Jok baris ketiga Citroen C3 Aircross bisa dicopot untuk memberi ruang bagasi luas

Selanjutnya, kelebihan Citroen C3 Aircross adalah kursi baris ketiga bisa dicopot dengan mudah. Hal ini tentunya tidak dimiliki oleh kompetitor seperti Toyota Rush GR Sport dan Suzuki XL7 Hybrid, serta mampu memudahkan pemilik mobil saat akan membawa barang bawaan dengan jumlah banyak atau besar.

Soal kapasitas bagasi, Citroen C3 Aircross dengan seluruh jok berdiri sebenarnya cuma muat 44 liter barang. Hanya saja bila jok baris ketiga dicopot, bisa menampung 511 liter. Kemudian kalau ditambah jok baris kedua dilipat, maka kapasitasnya bisa tembus 839 liter. 

Interior yang fleksibel ini benar-benar jadi keunggulan dari SUV Citroen. Kemudian untuk pelipatan joknya juga tersedia dalam berbagai macam cara. Sebut saja full house celebration mode yang bisa menampung total 7-orang dengan seluruh jok berdiri. Ada outdoor mode yang mencopot satu jok paling belakang dan melipat 60 persen jok baris kedua tetap mendapat ruang untuk 4-orang. Camper mode beda lagi, jok baris ketiga dicopot semuanya sehingga tercipta ruang bagasi di paling belakang, serta interiornya masih mampu menampung 5-orang.

Baca juga  Bocoran SUV Subaru yang Masuk Indonesia Juli 2021

Keleluasaan pengaturan jok tersebut tentunya memudahkan pemilknya untuk memilih antara menambah kapasitas bagasi atau mengangkut banyak penumpang. Itulah tadi bahasan soal kelebihan Citroen C3 Aircross. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika