Thursday, October 6, 2022

5 Kelebihan Daihatsu Granmax Terbaru 2022, Bermesin Dual VVT-i

by Baghendra Lodra
harga daihatsu granmax 2022

Apa saja kelebihan Daihatsu Granmax terbaru 2022? Ternyata sangat banyak, terlebih bila dibandingkan dengan model lamanya.

Pabrikan berlogo D resmi meluncurkan Granmax anyar pada Selasa (30/8/2022). Revisi yang diberikan, bukan cuma di sektor mesin, tapi juga eksterior hingga fitur-fiturnya. Hanya saja yang perlu kamu tahu, semua ubahan tersebut berlaku untuk Granmax varian pick up dan mini bus dengan mesin 1.5L.

Kemudian fakta menarik lain, Granmax yang baru meluncur di Indonesia ini sesungguhnya persis dengan Granmax Malaysia. Jadi, walau kita adalah negara produsen, tapi dapat unit lebih lama.

Buat kamu yang penasaran dengan kelebihan Daihatsu Granmax terbaru 2022, berikut bahasan lengkapnya:

1. Performa Mesin Lebih Mantap

kelebihan daihatsu granmax terbaru 2022 - mesin dual vvti

Granmax kini pakai mesin Dual VVT-i, serupa dengan milik Xenia terbaru

Kelebihan Daihatsu Granmax terbaru 2022 yang pertama adalah performa mesin lebih mantap. Wajar, karena mendapat jantung mekanis baru khusus untuk pilihan 1.5L. Sementara untuk Granmax 1.3L masih pakai mesin lama.

Granmax 1.5L kini, pakai mesin serupa Xenia 1.5L dengan kode 2NR-VE yang telah mengadopsi teknologi Dual VVT-Di atas kertas bisa melontarkan torsi 134 Nm pada 4.400 rpm dan tenaga 97 hp 6.000 rpm.

Kalau melihat spesifikasi, sesungguhnya dari sisi tenaga naik 2 hp dibanding mesin lama 1.5L 3SZ-VE VVT-i. Kemudian menurut Daihatsu, saat diajak berkendara, mesin baru Granmax lebih istimewa.

Baca juga  3 Kelebihan Mitsubishi L300, Mobil Niaga yang Tangguh!

“Mesin ini memiliki keunggulan dalam hal performa yang lebih responsif,” tulis rilis resmi Daihatsu untuk peluncuran Granmax terbaru.

Kelebihan mesin Granmax 1.5L model 2022 juga telah berhasil melewati tes tanjakan internal Daihatsu. Pengujiannya dilakukan dengan kemiringan 18 derajat, lalu bebannya tembus 795 Kg, dengan rincian 600 Kg di bak dan 195 Kg untuk tiga penumpang di depan. Hasilnya Granmax bisa menanjak sempurna, bahkan dalam kondisi stop & go sekalipun.

2. Konsumsi BBM Lebih Irit

kelebihan daihatsu granmax terbaru 2022 - tampak depan

Mesin terbaru di Granmax 1.5L menggukanan kode 2NR-VE diklaim lebih irit 5 persen dibanding mesin lamanya

Dari klaim pabrikan berlogo D, kelebihan Daihatsu Granmax terbaru 2022 selanjutnya ada di konsumsi BBM lebih irit sekitar 5 persen dibanding model lama. Hanya saja angka pastinya tidak disebutkan dalam presentasi saat peluncuran.

Walau demikian, kita bisa melihat angka irit dari Granmax Malaysia yang juga pakai mesin bensin 1.5L 2NR-VE. Khusus versi pick-up bisa menghemat BBM hingga 12,5 Km/liter, kemudian varian mini bus adalah 13,5 Km/liter.

3. Electric Power Steering di Semua Varian

kelebihan daihatsu granmax terbaru 2022 - interior dan setir eps

Interior Granmax 1.5L versi minibus, ada 2 cup holder dekat semburan AC sehingga membuat minuman jadi terasa dingin

Kemudian Daihatsu juga memberikan penyegaran untuk menambah kenyamanan berkendara. Sekarang Granmax 1.5 pakai electric power steering di semua varian, baik itu pick-up dan mini bus.

Baca juga  Penjualan Daihatsu Sigra Merosot Lagi

Ini tepat dijadikan sebagai kelebihan Daihatsu Granmax terbaru 2022, karena model lamanya belum semua varian punya electric power steering. Khususnya yang tidak ada adalah di model pick up. Hadirnya electric power steering ini tentu membuat manuver lebih mudah, karena bobot setir terasa lebih ringan.

Pada bagian Interior, Granmax juga memiliki desain setir terbaru yang memudahkan operasional berkendara. Ada pula tambahan cup holder dan dashboard storage untuk memudahkan peletakan barang.

4. Ukuran Ban Lebih Besar

kelebihan daihatsu granmax terbaru 2022 - pelek 14 inch

Velg 14 inci digunakan untuk Granmax 1.5L terbaru

Kelebihan Daihatsu Granmax terbaru 2022 selanjutnya ada di ukuran ban yang lebih besar dari sebelumnya. Pabrikan berlogo D kini menyematkan ban 14 inci sehingga mobil lebih tinggi ground clearancenya sekitar 15 mm.

Ground clearance tinggi berfungsi membuat pengemudi lebih percaya diri ketika melewati berbagai medan jalan. Utamanya ketika melibas jalan jelek, bodi bawah Granmax jadi tidak mudah bersinggungan dengan aspal atau tanah. Kemudian pengemudi juga semakin yakin, ketika mau melibas genangan air.

Baca juga  Bocoran Wuling Formo Max, Pick-Up Cina Tantang Granmax dan Carry

5. Harga Granmax Lebih Terjangkau dari Suzuki Carry

kelebihan daihatsu granmax terbaru 2022 - pick up

Granmax Pick Up memiliki rival Suzuki Carry Pick Up untuk pasar Indonesia

Setelah tahu kelebihan Daihatsu Granmax 1.5L dari sisi spesifikasi, kini saatnya membahas soal harga. Mobil ini dijual dalam dua varian: pick up dan mini bus. Berikut daftarnya:

  • Granmax Pick Up 1.5 STD Non AC PS Rp 156,5 juta (OTR Jakarta)
  • Granmax Pick Up 1.5 STD AC PS Rp 163,6 juta (OTR Jakarta)
  • Granmax Mini Bus 1.5 FTF AC PS Rp 213,8 juta (OTR Jakarta)

Ada pula Granmax 1.3L yang masih pakai mesin lama, dengan varian pick up, blind van, dan mini bus. Ini daftar harganya:

  • Granmax Pick Up 1.3 STD Rp 150,5 juta (OTR Jakarta)
  • Granmax Blind Van 1.3 Non AC Rp 162,85 juta (OTR Jakarta)
  • Granmax Blind Van 1.3 AC Rp 167,05 juta (OTR Jakarta)
  • Granmax 1.3 FtF Rp 193,3 juta (OTR Jakarta)
  • Granmax 1.3 FF Rp 200 juta (OTR Jakarta)

Bila melihat dengan kompetitor seperti Suzuki Carry, harga Granmax ternyata lebih terjangkau. Ini yang menjadi salah satu kelebihannya. Tidak percaya?

Cek saja harga Suzuki Carry Pick Up yang dijual mulai Rp 161,6 juta hingga Rp 171,2 juta (OTR Jakarta). Bandingkan dengan Granmax Pick Up yang dijual mulai Rp 150,5 juta hingga Rp 163,6 juta (OTR Jakarta).

Itulah tadi kelebihan Daihatsu Granmax terbaru 2022. Tertarik punya? Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika