oleh

Kelebihan dan Kekurangan Beli Mobil Lelang, Harus Tahu

Salah satu kelebihan mobil lelang adalah harga jualnya di bawah pasaran. Meski demikian, tentunya ada juga kekurangannya. Oleh karena itu, artikel ini akan mengulas beberapa kelebihan dan kekurangan beli mobil lelang.

Mobil lelang terkenal dengan harga yang murah. Namun untuk meminangnya dibutuhkan kemampuan mengenali mobil secara keseluruhan, mulai dari mesin, bodi, kaki-kaki serta kelistrikan. Sebab kondisi mobil di balai lelang itu apa adanya, alias tanpa perbaikan.

“Di balai lelang kondisi mobil kita pisah-pisah, kita sesuaikan dengan gradenya. Ada grade A untuk mobil yang kondisinya lebih mulus, grade B dan Grade C untuk kondisi mobil di bawahnya,” ungkap Bady Qadarsyah, Head Operation balai lelang Auksi. (28/12/2021).

Nah, untuk lebih jauh mengetahui kelebihan dan kekurangan beli mobil lelang. Mari kita simak ulasannya berikut ini.

Kelebihan Mobil Lelang

  • Harga Murah

kelebihan dan kekurangan beli mobil lelang
Mobil lelang

Salah satu kelebihan beli mobil lelang adalah harga yang murah. Umumnya harga yang dipatok ada di bawah harga pasaran mobil bekas.

“Harga yang kami tawarkan memang di bawah harga pasaran mobil bekas, sebab kami membelinya dari perusahaan dengan sistem Borongan, buka satuan,” ungkap Bady.

  • Keabsahan Surat-surat Jelas

Selain harga murah, kelebihan dari mobil lelang adalah keabsahan surat-suratnya juga jelas. Mulai dari STNK, BPKB, hingga surat pelepasan dari perusahaan.

Baca juga  5 Mobil Bekas untuk Mahasiswa, Keren-Keren!

“Kami harus memastikan semua surat-surat lengkap dan jelas, seperti STNK dan BPKB serta surat pelepasan aset dari perusahaan. Kalau pajak telat tidak masalah, yang terpenting berkasnya lengkap. Sebab nanti kami juga bisa bantu urus untuk pajak yang telat atau ganti nama ke pembeli,” imbuh Bady.

  • Pilihan Mobil Lebih Banyak

kelebihan dan kekurangan beli mobil lelang
Pilihan mobil di balai lelang banyak sekali

Kemudian pilihan mobil lebih banyak. Yup, di tempat balai lelang pilihan mobil tentunya lebih banyak. Sebab balai lelang umunya membeli mobil bekas dari perusahaan dengan jumlah banyak.

“Hampir semua merek ada, namun memang paling banyak merek-merek yang banyak digunakan untuk operasional perusahaan,” jelas Bady.

Memang, umumnya disuatu tempat balai lelang didominasi oleh mobil-mobil fast moving seperti Avanza, Xenia, Innova dan GranMax. Namun ada juga mobil-mobil Eropa seperti Mercy atau BMW yang sebelumnya bekas dari direksi suatu perusahaan.

Kekurangan Beli Mobil lelang

kelebihan dan kekurangan beli mobil lelang

Ada kelebihan tentu ada kekurangan, begitu juga dengan mobil lelang. Berikut beberapa kekurangan beli mobil lelang.

  • Tidak Bisa Test Drive

Kekurangan yang pertama beli mobil lelang adalah kita tidak bisa melakukan test drive mobil yang akan kita beli. Sebab dalam aturan balai lelang, peserta harus mengikuti aturan yang ada. Yaitu membayar uang jaminan, memilih mobil saat open house, mengikuti lelang serta pelunasan.

Baca juga  7 Masalah Honda Freed Bekas yang Sering Dikeluhkan

“Tidak boleh test drive, peserta diperbolehkan melihat unit mobil secara detail beberapa hari sebelum lelang (open house). Kemudian saat lelang ya hanya bisa ngebid untuk mobil yang diincar. Cocok dan harga sesuai, lakukan pelunasan,” jelas Bady.

  • Waktu Terbatas

Selain tidak bisa melakukan test drive, kekurangan beli mobil lelang adalah mengenai keterbatasan waktu. Yup, kita hanya diberikan waktu yang telah dibatasi untuk melihat unit mobil dari dekat. Kemudian, saat proses lelang berlangsung juga waktunya sedikit.

“Kita sudah ada jadwalnya, hari apa untuk open house dan hari apa untuk proses lelang. jadi waktu yang kami berikan tersebut harus dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh peserta lelang.

  • Harus Membayar Uang Jaminan/Deposit

kelebihan dan kekurangan beli mobil lelang

Seperti diungkapkan sebelumnya bahwa untuk mengikuti lelang mobil di balai lelang semua calon peserta harus membayarkan sejumlah uang jaminan atau deposit ke pihak balai lelang. kemudian jika tidak menang lelang uang tersebut akan dikembalikan beberapa hari setelah acara lelang.

“Untuk uang jaminan atau deposit sebesar Rp 5 juta. Nanti uang tersebut akan kami transfer kembali maksimal satu minggu setelah acara lelang. Namun jika peserta menang lelang maka uang tersebut akan digabungkan dengan uang pelunasan sesuai harga mobil lelang,” beber Bady.

  • Kondisi Mobil Apa Adanya

Selanjutnya, kekurangan beli mobil lelang adalah kondisi mobil bekas tersebut apa adanya. Balai lelang memang membeli mobil dari perusahaan-perusahaan dengan kondisi terakhirnya, tanpa diperbaiki.

Baca juga  7 Mobil Bekas Paling Irit, BBM Naik Bukan Masalah!

Berbeda halnya dengn showroom mobil bekas, dimana semua mobil yang dipajang dan dijual sudah diperbaiki kekurangan dari mobil tersebut. Sehingga tampilan mobil lebih sedap dipandang.

Moladiners, itulah ulasan mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan beli mobil lelang. Sisi lebihnya adalah harga yang lebih murah dibandingkan diler mobil bekas.

Namun, jika saat membeli mobil lelang kurang cermat dan sabar bukan tidak mungkin biaya perbaikan mobilnya bisa besar. Dan kalau ditotalkan bisa lebih mahal dari harganya dari diler mobil bekas.

Untuk informasi otomotif menarik lainnya, pantau terus Moladin.com.

Terbaru