Thursday, October 6, 2022

3 Kelebihan Suzuki Baleno 2022, Naik Kelas!

by Tigor Sihombing
kelebihan Suzuki Baleno

Berikut Moladin sampaikan kelebihan Suzuki Baleno 2022 yang sudah resmi dipasarkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di GIIAS. Mobil ini hanya memiliki dua varian: AT Rp 274,9 juta (OTR Jakarta) dan MT Rp 262,9 juta (OTR Jakarta).

Banderol tersebut cukup terjangkau dibanding para kompetitor. Ini tentu sudah jadi salah satu kelebihan Suzuki Baleno 2022 dibanding para kompetitor seperti Toyota Yaris dan Honda City Hatchback.

Head of 4W Brand Dev. & Marketing Research & IT Network SIS, Harold Donnel mengatakan bahwa tampilan Baleno jauh lebih elegan dari model sebelumnya. Kemudian interior, mesin, hingga fitur juga mengalami berbagai revisi. Alhasil membuatnya semakin bisa bersaing dengan rival di kelas hatchback 1.500 cc.

“Kami juga menyertakan fitur-fitur canggih pada Baleno. Belum lagi, mesinnya sekarang menggunakan K15B jadi semakin irit bahan bakar. Dari sisi keselamatan, hatchback unggulan Suzuki ini dilengkapi 6 titik airbag. Jadi Baleno benar-benar mobil komplit yang memberikan kepuasan, kesenangan, dan kepercayaan diri untuk penggunanya,” kata Harold.

Dengan mengandalkan mesin baru, berikut kelebihan Suzuki Baleno yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelumnya kamu membeli mobil hatchback:

Baca juga  Harga Suzuki Ertiga dan XL7 Setelah Diskon PPnBM 2022

1. Mesin Baru Lebih Bertenaga

Kelebihan Suzuki Baleno

Mesin baru Baleno berkode K15B 4 silinder berkapasitas 1.500 cc, 104 PS yang dicapai pada 6.000RPM dengan torsi 130 Nm pada 4.200 RPM. Dengan mesin baru ini, pabrikan mengklaim New Suzuki Baleno lebih bertenaga dan lebih irit BBM di banding versi sebelumnya. 

Kelebihan Suzuki Baleno 2022 ada di sektor mesin. Mobil hatchback ini mengadopsi mesin baru sama dengan yang digunakan Suzuki Ertiga. Pakai kode K15B berkonfigurasi 4 silinder berkapasitas 1.500 cc yang memiliki tenaga 104 PS yang dicapai pada 6.000 RPM, dengan torsi 134 Nm pada 4.400 RPM.

Mesin anyar ini lebih istimewa dibanding Baleno lama. Dari sisi kapasitas lebih besar dan performanya lebih mantap. Kalau tidak percaya, cek saja mesin Baleno lama yang berkode K14B 4 silinder berkapasitas 1.400 cc. Di atas kertas cuma bisa mengeluarkan tenaga 93 PS yang dicapai pada 6.000 RPM dengan torsi 130 Nm pada 4.200 RPM.

Meski begitu, New Suzuki Baleno tetap memiliki tenaga yang lebih kecil dibanding kompetitor. Misalnya untuk Toyota Yaris bisa mengeluarkan tenaga 107 PS dan Honda City hatchback 121 PS.

Baca juga  Spesifikasi Suzuki Ignis, Apa Beda Varian GL dan GX?

2. Airbag 6 Titik

Kelebihan Suzuki Baleno

Di kelasnya, pengujian airbag 6 titik untuk Baleno sudah lumayan baik. Dibanding dengan Yaris penggunaan Air Bag 7 titik hanya ada pada varian tertinggi yakni TRD. Sedangkan varian di bawahnya G, hanya ada 3 titik Air bag.

Kelebihan Suzuki Baleno 2022 selanjutnya ada di sektor keselamatan. Baleno baru sudah dibekali hill hold control, Electric Stabilizer Power (ESP), Anti Lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Brake Assist (BA) dan Immobilizer.

Dan yang pling mencolok adalah penggunaan airbag 6 titik yang terdapat 2 di depan dan 2 di samping kepala penumpang depan, dan satu 2 lagi di jok belakang sisi sandaran terluar. Pada model sebelumnya, airbag di Baleno hanya dua titik.

Di kelasnya, penggunaan airbag 6 titik untuk Baleno sudah lumayan baik. Pasalnya kompetitor seperti Toyota Yaris cuma menggunakan air bag 3 titik untuk varian bawah seperti G CVT dan S MT. Sementara untuk Airbag 7 titik di Yaris hanya sebagai opsi untuk varian S CVT.

Kegunaan airbag adalah untuk mencegah resiko kecelakaan saat mobil menabrak. Dengan total 6 titik airbag maka bukan hanya penumpang depan saja yang terlindung, tapi juga di belakang.

Baca juga  Rekomendasi 6 Mobil Hatchback Terbaik 2021

3. Interior Modern dengan Headunit Floating

Kelebihan Suzuki Baleno

Baleno terbaru benar-benar meninggalkan kesan lawas dari generasi sebelumnya, apa lagi banyak fitur-fitur baru lainnya seperti, New Head Up Display (HUD), New 6.8 inch Head Unit Touchsreen with Smartphone Linkage,  dan New Auto Climate A/C with Heater, serta New Sporty Meter Cluster.

Kelebihan Suzuki Baleno 2022 berikutnya ada di fitur interior. Aura kokpitnya terpancar nuansa modern ditambah desain baru pada dashboard. Di sana juga terdapat layar head unit floating model terbaru yang tampak futuristik, juga model setir dan panel instrumen baru yang berdesesain baru.

Seperti kita ketahui, fitur semacam layar headunit floating tidak bisa kita temukan pada kompetitornya seperti Toyota Yaris dan Honda City Hatchback.

Baleno terbaru benar-benar meninggalkan kesan lawas dari generasi sebelumnya, apa lagi banyak fitur-fitur baru lainnya seperti, New Head Up Display (HUD), New 6.8 inch Head Unit Touchsreen with Smartphone Linkage,  dan New Auto Climate A/C with Heater, serta New Sporty Meter Cluster.

Aura kabin juga terasa berkelas, meski termurah di kelasnya hatchback ini tidak banyak menggunakan plastik keras yang membuat interior terkesan murah.

Perbedaan lainnya, pada interior New Suzuki Baleno sudah mengadopsi New Rear AC Vents & USB Sockets,  New Satin Silver Ornament AC List
New Front USB and Accessory Socket, New Gear Shift Knob Metallic Medium Grey Color,  New Auto Dimming Inside Rear View Mirror, 
New Sun Visor with Ticket Holder and Illumination Lamp (R/L) dan
New Armrest Storages.

Demikian ulsan terkait kelebihan Suzuki Baleno. Kiranya ulasan ini bisa menjadi sumber refrensi kamu dalam menemukan sebuah hatchback idaman terbaik. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika