by

5 Kelebihan Suzuki Karimun Wagon R, Ketahui Sebelum Beli!

Kelebihan Suzuki Karimun Wagon R – Segmen low cost green car (LCGC) atau mobil murah ramah lingkungan, pilihannya cukup banyak di Indonesia. Khususnya untuk jenis city car, ada si kembar Toyota Agya-Daihatsu Ayla, Honda Brio, hingga Suzuki Karimun Wagon R.

Harga yang terjangkau, punya mesin efisien menjadi kelebihan sejumlah merek-merek di atas. Bermodalkan Rp 100 jutaan, konsumen yang ingin beralih dari kendaraan roda dua ke roda empat, rasanya bisa mempertimbangkan sejumlah produk-produk LCGC tersebut.

Kali ini, Moladin bakal membeberkan secara rinci mengenai kelebihan Suzuki Karimun Wagon R. Tak hanya berbekal harga murah, dan juga mesin efisien. Suzuki Karimun Wagon R juga memiliki kelebihan lainnya, yang bisa jadi pertimbangan kamu.

Jika ingin membeli mobil satu ini, sebaiknya cek bahasan 5 kelebihan Suzuki karimun Wagon R di bawah:

1. Punya Dimensi yang Mumpuni jadi Kelebihan Suzuki Karimun Wagon R

Kelebihan Suzuki Karimun Wagon R
Karimun Wagon R memiliki tinggi lebih baik dibanding kompetitor

Suzuki Karimun Wagon R memiliki kelebihan dari sisi dimensi yang ditawarkan. Jika dibandingkan dengan sejumlah kompetitornya, Suzuki Karimun Wagon R menawarkan kabin yang lebih lapang.

Di atas kertas, Karimun Wagon R tipe GA dan GL memiliki dimensi panjang 3.600 mm, lebar 1475 mm, dan tinggi 1670 mm. Sementara Karimun Wagon R GS lebih panjang, yakni sebesar 3635 mm, dengan lebar 1475 mm, dan tinggi 1670. Jarak sumbu roda seluruh varian sama, sebesar 2400 mm.

Tinggi bodi yang ditawarkan Suzuki Karimun Wagon R lebih baik, jika dibandingkan dengan kompetitor seperti, Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang memiliki tinggi 1520 mm. Untuk Honda Brio memiliki tinggi 1485 mm.

Baca juga  5 Kelebihan Honda Brio, Modal Kuat Hadapi Kompetitor

Kelebihan memiliki dimensi yang lebih tinggi tersebut, membuat pengemudi maupun penumpang duduk lebih nyaman, terlebih untuk yang memiliki tinggi di atas 170 cm.

Sejumlah kompetitor mengusung basis hatchback, sementara Karimun Wagon R lebih mengarah ke desain boxy memanjang ke atas, layaknya mobil Kei Car yang populer di Jepang.

Dampaknya, dimensi lebih tereduksi dan interior mobil jadi terasa lebih lega. Karena konfigurasi duduk yang cenderung vertikal dibandingkan horizontal. Dengan begitu, membuat kabin lebih lega tanpa harus mentok di bagian headroom dan legroom.

2. Memiliki Plat Bodi Lebih Baik

Eksterior Suzuki Wagon R GL
Eksterior Suzuki Wagon R GL

Namanya saja sudah mobil murah ramah lingkungan, jadi jangan terlalu berharap banyak dengan komponen yang ditawarkan. Salah satunya adalah komponen plat bodi yang biasanya cenderung tipis.

Pun begitu, untuk urusan satu ini Suzuki Karimun Wagon R bisa dibilang lumayan oke, jika dibandingkan dengan kompetitor lainnya seperti Toyota Agya maupun Daihatsu Ayla, yang memiliki bobot sebesar 800 Kg.

Sementara Suzuki Karimun Wagon R memiliki keunggulan dari penggunaan plat yang lebih tebal untuk memperkuat struktur bodi. Dampaknya Wagon R punya bobot sebesar 835 kg.

3. Punya Mesin Efisien dan Responsif Jadi Kelebihan Karimun Wagon R

Mesin Karimun Wagon R
Mesin Karimun Wagon R

Karimun Wagon R dilengkapi dengan mesin berkode K10B yang memiliki bahan alumunium. Untuk urusan durabilitas, mesin satu ini sudah cukup teruji, dan digunakan juga pada Suzuki A-Star / Suzuki Alto dan Nissan Pixo.

Baca juga  Suzuki New Ignis Meluncur, Minim Perbedaan?

Mengacu data spesifikasi, mesin K10B tersebut dilengkapi 3 silinder dengan teknologi injeksi yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 68 ps dengan torsi 90 Nm. Mesin tersebut cukup mumpuni ketika mobil dipacu secara stop and go, terlebih di jalan yang padat seperti Ibukota.

Mesin cukup responsif sejak putaran bawah, serta memiliki konsumsi bahan bakar yang efisien.

Berdasarkan pengujian Moladin, konsumsi bahan bakar yang dihasilkan dalam kecepatan konstan 80 kpj, sejauh 150 kilometer, konsumsi BBM-nya mampu menembus 22,8 km/liter. Saat itu, pengujian kami lakukan di jalur tol Trans Jawa.

Jangan lupa pula untuk selalu menggunakan bahan bakar Pertamax atau RON 92 ketika menggunakan mobil LCGC. Pasalnya itulah yang memang dianjurkan oleh pihak pabrikan.

4. Harganya Paling Terjangkau Mulai Rp118 Jutaan

Suzuki Karimun Wagon R 2
Konfigurasi kursi Karimun Wagon R

Kelebihan Suzuki karimun Wagon R selanjutnya adalah harga. Bicara harga, mobil ini memiliki banderol yang sangatlah kompetitif. Bila dibandingkan dengan kompetitor. Suzuki Karimun Wagon R dipasarkan mulai dari Rp 118,5 juta hingga Rp 140,5 juta.

Dibandingkan dengan Toyota Agya, harga Suzuki Karimun Wagon R terbilang lebih murah. Di mana Toyota Agya di banderol mulai dari Rp 143,8 juta hingga Rp 153,4 juta.

Harganya cukup bersaing dengan Daihatsu Ayla yang memiliki banderol mulai dari Rp 101,65 juta hingga Rp 155,35 juta. Untuk varian tertinggi Daihatsu Ayla lebih mahal, dibanding dengan Karimun Wagon R GS AGS.

Baca juga  Lebih Murah dari Xpander Cross, Apa Istimewanya Suzuki XL7?

Daftar Harga Karimun Wagon R

Karimun Wagon R GA MT Rp 118.500.000
Karimun Wagon R GL MT Rp 132.000.000
Karimun Wagon R GL AGS Rp 141.000.000
Karimun Wagon R GS MT Rp 140.500.000
Karimun Wagon R GS AGS Rp 149.000.000

5. Sistem Pengendalian yang Cukup Baik

Suzuki Karimun Wagon R 1
Karimun Wagon R dilengkapi dengan pilihan transmisi manual dan AGS

Ukurannya yang mungil, membuat mobil ini cukup asyik dikendarai. Khususnya untuk membelah jalan perkotaan yang padat seperti Jakarta. Mesin mobil yang begitu responsif khususnya pada putaran bawah sehingga mampu di ajak bermanuver dengan cepat.

Meski posturnya jangkung, namun ternyata Suzuki Karimun Wagon R masih memiliki handling yang stabil. Suspensi yang dimiliki Wagon R masih cukup mengakomodir kebutuhan.

Pada suspensi depan, Wagon R didukung dengan suspensi MacPherson Strut with coil spring, di bagian belakang menggunakan 3-Links Rigid with coil spring.

Apabila kamu ingin menghasilkan pengendalian yang lebih baik, mungkin saja bisa mengganti ukuran pelek dan ban standar Suzuki Karimun Wagon R, dengan profile yang lebih besar. 

Itulah tadi kelebihan Suzuki Karimun Wagon R yang bisa jadi bahan pertimbangan kamu dalam membeli mobil. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru