by

7 Kelebihan Yamaha Nmax yang Tidak Dipunya Honda PCX

Kelebihan Yamaha Nmax – Siapa tidak kenal motor ini? Nmax sangatlah populer di Indonesia.

Bukan cuma pria yang menungganginya, tapi juga perempuan. Tidak hanya dipakai untuk kebutuhan pribadi, ojek online pun banyak menggunakannya. Maklum, Nmax merupakan salah satu motor terlaris di Tanah Air.

Kenapa banyak orang beli Nmax? Salah satunya lantaran motor ini punya banyak keunggulan. Dari rangkuman Moladin, setidaknya Nmax punya tujuh kelebihan bila dibanding Honda PCX 150 selaku kompetitor.

Apa saja kelebihan Nmax? Untuk jawabannya, simak bahasan berikut:

1. Konektivitas Smartphone Merupakan Kelebihan Yamaha Nmax

kelebihan yamaha nmax
Khusus Yamaha Nmax varian tertinggi atau ABS/Connected, terdapat fitur konektivitas bernama Y-Connect

Kelebihan Yamaha Nmax yang pertama adalah panel instrumen terkoneksi smartphone. Teknologi ini dinamakan sebagai Comunication Control Unit (CCU). Menariknya CCU tersebut merupakan pertama kalinya diterapkan di motor buatan Indoensia.

Bila ingin terkoneksi dengan smartphone, pemilik motor harus lebih dulu mengunduh aplikasi Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) yang berbasis Bluetooth. Fungsi utama Y-Connect untuk membuka fitur-fitur baru yang berhubungan dengan motor.

Mulai dari posisi parkir, waktu servis, konsumsi bahan bakar, hingga kerusakan motor. Semua itu bisa diakses lewat smartphone. Di samping itu, panel instrumen Nmax juga mampu memberi informasi bila ada pesan atau telepon masuk.

Hanya saja, konektivitas smartphone ini cuma tersedia di varian tertinggi atau Nmax ABS/Connected.

2. Traction Control System

nmax 2020
Traction Control mampu mencegah roda selip saat berakselerasi di jalan licin

Varian tertinggi atau Nmax ABS/Connected sudah dilengkapi fitur keselamatan istimewa berupa traction control system (TCS). Fitur ini mampu menjaga ban agar tidak selip saat berakselerasi di jalan licin.

Cara kerja TCS dengan membaca putaran roda depan dan belakang. Kalau ada perbedaan, maka memutus distribusi tenaga ke roda belakang. Tekniknya bisa dengan memundurkan timing pengapian dan mengurangi suplai bensin melalui injektor. Alhasil ban mampu mencengkeram aspal dengan sempurna.

Baca juga  Honda Vario 125 Vs Yamaha Freego, Lebih Baik yang Mana?

Fitur TCS secara bawaan pabrik otomatis aktif untuk varian Nmax ABS/Connected. Meski demikian, TCS dapat dinonaktifkan dengan pengaturan di tuas sebelah kiri.

Kendali traksi atau traction control disebut sebagai keunggulan Nmax, lantaran kompetitor belum punya. Bahkan motor 150cc lain juga belum ada yang memilikinya. TCS kebanyakan dimiliki oleh motor 250cc ke atas seperti Yamaha Xmax dan Vespa GTS Super Tech 300.

3. Suspensi Tabung yang Bisa Diatur Tingkat Kekerasannya

kelebihan yamaha nmax
Nmax sudah pakai suspensi tabung, sementara PCX belum

Kelebihan Yamaha Nmax selanjutnya yang tidak dipunya PCX, ada di penggunaan suspensi tabung. Suspensi jenis ini mampu membuat tampilan lebih gagah, serta bantingan berkualitas.

Di dalam suspensi tabung Nmax terdapat beberapa komponen, salah satunya balon berisi nitrogen. Balon tersebut berfungsi mencegah oli shock tercampur udara. Dengan demikian, diharapakan kerja suspensi selalu optimal setiap waktu.

Menariknya lagi, di varian Nmax ABS/Connected tersedia fitur pengaturan kekerasan untuk suspensi belakangnya. Ada dua tingkat kekerasan. Level 1 dipakai bila ingin berkendara sendirian, ini bawaan pabrik. Sementara level 2 yang lebih kaku untuk berboncengan.

Cara mengaturnya mudah, cukup colok lubang di suspensi dengan obeng kembang. Kemudian putar searah jarum jam untuk pindah ke level 2. Jika ingin balik lagi ke level 1 cukup putar berlawanan dengan jarum jam.

4. Katup Variabel (VVA) di Mesin Nmax

perbedaan mesin yamaha nmax 2020
Mesin Nmax terbaru jauh lebih bertenaga dibanding Nmax lama

Keunggulan Nmax dibanding PCX ada di fitur katup variabel (VVA). Manfaat fitur ini untuk memberikan performa terbaik di setiap rentang putaran mesin. Jadi tidak hanya di putaran mesin bawah saja yang bagus, di atas juga mantap.

Baca juga  Spesifikasi Honda Dio, Motor Matik Murah Rp11 Jutaan

Cara kerja VVA dengan mengatur profil kem sesuai putaran mesin. Saat mencapai 6.000 rpm, maka selenoid actuator mendorong kem ke profil lebih tinggi. Alhasil putaran mesin atas bakal istimewa.

Ketika dipakai berkendara, kamu akan merasakan seperti ada dorongan tenaga. Tidak banyak memang, namun cukup untuk membuat mesin terasa terus mengisi. Tidak ngempos.

Begitu pula saat Nmax desearasi dan putaran mesin kurang dari 5.500 rpm. Maka dorongan selenoid actuator otomatis akan berhenti. Profil kem pun berubah jadi rendah kembali.

Baca juga:

5. Performa Mesin Mantap, Salah Satu Kelebihan Yamaha Nmax Dibanding PCX

spesifikasi nmax thailand
Kapasitas mesin Nmax mencapai 155cc, sementara PCX cuma 150cc

Dengan kapasitas 155cc kemudian kehadiran teknologi VVA, performa Nmax tidak perlu diragukan. Jantung mekanis tersebut bisa melontarkan torsi puncak 13,9 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimal 15,15 hp pada 8.000 rpm.

Performa hebat itu juga didukung berbagai komponen mantap. Bila dibanding mesin Nmax lama, Yamaha melakukan berbagai revisi. Contohnya di bagian air cleaner box yang dirancang lebih besar. Kepala silinder punya desain baru dengan katup intake besar, penggunaan piston R15, dan Ruang bakar (combustion chamber) dibuat semakin ringkas.

Jika dibandingkan dengan performa mesin Honda PCX 150, tentu beda jauh. Motor pabrikan berlambang cuma mampu produksi torsi 13,2 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga 14,48 hp pada 8.500 rpm.

Baca juga  Yamaha Aerox Modifikasi, Ini 5 Inspirasinya

6. ABS Dual Channel untuk Keselamatan Berkendara

kelebihan yamaha nmax
Nmax sudah pakai ABS dual channel

Kelebihan Yamaha Nmax berikutnya ada di sistem pengereman. Memang baik Nmax dan PCX sudah dilengkapi cakram di kedua roda. Oleh karenanya pengereman jadi semakin optimal.

Selanjutnya, ada pula anti-lock braking system (ABS). Baik Nmax dan PCX juga sudah punya. Hanya saja PCX cuma memiliki satu channel, alias di roda depan. Sementara Nmax sudah pakai dual channel, untuk roda depan serta belakang.

Jadi bisa dikatakan, ABS di Nmax lebih canggih dan selamat dibanding punya PCX. Apa sih guna ABS?

ABS merupakan fitur yang mampu mencegah roda terkunci saat pengendara melakukan pengereman mendadak. Dengan demikian, pengendara masih bisa mengendalikan laju motor dan menghindar dari potensi kecelakaan. Tanpa ABS, kemungkinan motor tergelincir saat rem mendadak, bakal lebih besar.

7. Ban Lebih Lebar Jadi Kelebihan Yamaha Nmax

Yamaha Nmax 155 2020
Nmax 155 tersedia dalam dua pilihan varian: Standard dan ABS/Connected

Yamaha Nmax juga punya kelebihan di penggunaan ban lebar. Dibanding PCX, ukuran ban motor garpu tala satu tingkat lebih lebar. Di depan pakai 110/70-13 inci dan belakang 130/70-13 inci.

Sementara PCX pakai ukuran 100/80-14 inci dan 120/70-14 inci. Kehadiran ban lebar membuat kestabilan berkendara lebih baik, terutama saat melewati jalan bergelombang.

Itulah tadi kelebihan Yamaha Nmax bila dibanding Honda PCX selaku kompetitor. Meski banyak kelebihan, Nmax bukan berarti tanpa kekurangan. Salah satunya adalah bagasi yang mengharuskan helm diletakkan terbalik.

Kemudian tidak semua varian Nmax mendapat fitur berlimpah. Varian Standardnya bahkan tidak punya kunci keyless. Beda dengan PCX yang seluruh variannya dilengkapi keyless.

Share this!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru