Sabtu, April 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Kenalan Dengan BYD Dolphin Mini Harga Cuma Rp 300 Jutaan

by Ivan
BYD Dolphin Mini merambah pasar Amerika Selatan

Pilihan mobil listrik di Tanah Air semakin luas sejak kehadiran BYD di Indonesia. Ada 3 model ditawarkan mulai BYD Seal, BYD Atto hingga BYD Dolphin. Tapi sudah tahun belum kalau di pasar otomotif luar negeri ada unit BYD Dolphin Mini?

Sebelum lebih jauh membahas BYD Dolphin Mini, kita sudah disuguhkan harga resmi Dolphin yang dijual Rp 425 juta. Semantara BYD Atto 3 dijual Rp 515 juta dan Seal dibanderol Rp 629-719 juta.

BYD Dolphin Mini sendiri merupakan nama resmi yang dipakai di oleh BYD dalam memasarkan unit BYD Seagull di Amerika Selatan.

BYD Dolphin Mini lebih pendek dibanding Dolphin standar

BYD Dolphin Mini lebih pendek dibanding Dolphin standar

BYD mengungkapkan bahwa beberapa waktu lalu BYD Seagull, sebagai mobil termurah BYD, akan memasuki pasar internasional dengan label BYD Dolphin Mini. Kendaraan ini sudah memasuki pasar di beberapa negara Amerika Selatan – pengiriman dimulai dari Uruguay, dan penjualan di Brasil akan dimulai pada akhir Februari 2024.

BYD Dolphin Mini adalah hatchback 5 pintu full listrik yang diluncurkan pada bulan April tahun lalu dengan harga 10.200 – 12.500 USD di Shanghai Auto Show. Sejak itu, mobil ini menjadi produk terlaris BYD dengan catatan 280.217 unit terjual sepanjang tahun 2023 di Cina.

Baca juga  Test Drive BYD Dolphin Jakarta - Bogor, Asyik Dikendarai dan Nyaman

Saat meluncur perdana ia memiliki dua pilihan: model basic dengan baterai 30,08 kWh yang memiliki jarak tempuh 305 km berdasarkan pengujian CLTC, dan trim flagship dengan baterai LFP 38,88 kWh diklaim mampu menempuh jarak 405 km.

Tampilan belakang BYD Dolphin Mini

Tampilan belakang BYD Dolphin Mini

Kedua varian sama-sama mengusung motor 55 kW (74 hp) dengan penggerak roda di depan dengan torsi puncak 135 Nm, memberikan top speed mencapai 135 km/jam. Akselerasi 0-50 km/jam diklaim tuntas dalam 4,9 detik.

Dimensi hatchback listrik ini memiliki panjang 3.780 mm, lebar 1.715 mm tinggi 1.540 mm, dan jarak sumbu roda 2500 mm. Seagull atau BYD Dolphin Mini punya kabin cukupan dengan empat tempat duduk yang menggunakan roda 165/65 R15.

BYD kini memboyong kedua varian Seagull dengan baterai 30 kWh dan 38 kWh ke Uruguay, diberi nama Dolphin Mini EV300 dan Dolphin Mini EV400. Varian EV300 memiliki jangkauan 300 km dan harga 21,990 USD (Rp 342 jutaan), dan EV400 memiliki jangkauan 380 km berdasarkan pengujian NEDC seharga 23,990 USD (Rp 373 juta). Menariknya, website Uruguay masih menampilkan nama lama BYD Seagull, namun gambar promosinya sudah menampilkan papan nama Dolphin Mini.

Layout kabin BYD Dolphin Mini

Layout kabin BYD Dolphin Mini

Media Brasil InsideevsBR juga menyampaikan informasi bahwa BYD Dolphin Mini akan diluncurkan di negara tersebut pada akhir Februari, dan pengujian mobil telah mencapai dealer lokal seiring dengan bermunculannya ulasan Dolphin Mini di jalanan Brasil.

Baca juga  Laporan Langsung Dari Cina : Integrasi Pabrik BYD di Changzhou Mulai Dari Part Elektronik, Baterai Hingga Jadi Mobil Listrik

Hanya sembilan bulan setelah peluncuran di Tiongkok, BYD Seagull tiba di pasar luar negeri, yang mungkin menjadi rekor baru bagi BYD. Produsen mobil yang berbasis di Shenzhen ini belum mengumumkan apakah mereka merencanakan peluncuran di Eropa, di mana mobil termurah mereka saat ini adalah BYD Dolphin. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika