Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

Kenyamanan Interior Kia Carens Istimewa, Semua LMPV Lewat!

by Baghendra Lodra
interior kia carens - captain seat penumpang

Akhirnya kami mencoba kenyamanan interior Kia Carens 1.5 Liter dan 1.4 Turbo dalam sesi test drive. Tidak hanya berkendara, tapi juga berperan jadi penumpang di baris kedua dan ketiga.

Dari hasil test drive, keistimewaan yang kami rasakan utamanya ketika duduk di bangku baris pertama dan kedua. Sementara baris ketiga, kenyamanan itu berkurang.

Bicara kelebihan, fitur-fitur di interior Carens sangatlah istimewa. Ada speaker Bose, sunroof, tirai, meja lipat, ventilated seat, hingga wireless charger. Mantap bukan? Mau tahu lebih detail soal interior Kia Carens terbaru? Berikut detailnya:

Nikmatnya Jadi Pengemudi Kia Carens

kia carens 1.4 turbo vs 1.5 liter - test drive

Jok Kia Carens sudah dibalut kulit, serta menggunakan ventilated seat

Bahasan pertama adalah interior Kia Carens dari sisi pengemudi. Baik untuk varian 1.4 Turbo dan 1.5 Liter, tidak ada perbedaan kenyamanan.

Kelebihan yang kami rasakan dari Carens terbaru adalah pengaturan jok dan setirnya sangat fleksibel. Di mana jok dapat diatur naik, turun, serta maju dan mundur. Kemudian setirnya bisa tilt dan telekopik. Alhasil pengemudi dengan tinggi bervariasi, posisi berkendara benar-benar dapat disesuaikan.

Hal lain yang membuat interior Kia Carens nyaman untuk pengemudi adalah ada ventilated seat atau jok berventilasi. Alhasil bagian bokong dan punggung pengemudi tidak mudah gerah, lantaran terkena paparan angin AC. Tidak hanya untuk jok pengemudi, fitur ini juga terdapat di jok penumpang baris pertama.

Baca juga  Suzuki Landy 2020 Dijual Rp300 Jutaan, Alphard Paket Hemat!

Fitur kenyamanan lain untuk pengemudi dan penumpang baris pertama adalah kemudahan charger smartphone saat berkendara. Salah satunya lewat kehadiran dua USB port (type C) dan satu power charger 12V. Ada pula wireless charger.

Kemudian, fitur kenyamanan yang tidak dipunya kompetitor di kelas LMPV adalah 8-speaker BOSE Premium. Bahkan kompetitor dengan segmen MPV di atasnya juga belum memiliki speaker premium seperti ini, sebut saja Toyota Innova dan Wuling Cortez.

Hal menarik lain, ada sunroof untuk membuat kabin terasa semakin lapang dan mudah melihat pemandangan di langit. Fungsi lain sunroof di Carens membuat sirkulasi udara lebih baik, terutama ketika melewati jalur pegunungan.

Performa Mesin Kia Carens

kia carens 1.4 turbo vs 1.5 liter - tampak depan

Mesin turbo Kia Carens sangat istimewa

Kenyamanan interior Kia Carens untuk pengemudi, ditunjang pula performa mesin yang istimewa. Khususnya varian 1.4 Turbo, performanya sangat istimewa. Di atas kertas bisa melontarkan torsi puncak 242 Nm pada 1.500 – 3.200 rpm dan tenaga maksimal 140 PS pada 6.000 rpm.

Performa mesin Kia Carens itu jauh lebih unggul dibandingkan dengan LMPV lain. Bahkan ini lebih baik dari MPV di atasnya seperti Toyota Innova yang cuma bisa mengeluarkan torsi 183 Nm pada 4.000 rpm dan tenaga 139 PS pada 5.600 rpm.

Baca juga  11 Rekomendasi Mobil Paling Irit BBM di Indonesia

Hasilnya ketika pedal gas Kia Carens 1.4 Turbo kami injak, sangat istimewa. Padanan transmisi 7-percepatan dual clutch (DCT) di MPV tersebut juga membuat akselerasinya mulus dengan respons cepat. Tenaganya pun terasa mengisi di setiap rentang putaran mesin.

Bagaimana dengan performa Kia Carens 1.5 liter? Sesungguhnya mesin 1.500 cc milik Carens juga cukup oke, karena memiliki basis serupa dengan Hyundai Stargazer.

Jantung mekanis ini bisa mengeluarkan 144 Nm pada 4.500 rpm dan tenaga 115 PS pada 6.300 rpm, padanannya transmisi IVT. Performanya jauh lebih baik dari LMPV lain seperti Mitsubishi Xpander, Toyota Veloz, hingga Suzuki Ertiga.

Duduk di Bangku Baris Kedua Carens

interior kia carens

Interior Kia Carens punya kelebihan berupa meja lipat dan tirai untuk penumpang belakang

Selain sebagai pengemudi, jadi penumpang di bangku baris kedua Kia Carens terbaru juga sangat nyaman. Hal ini lantaran, joknya cukup besar dan mampu menampung tubuh dengan baik.

Ada pula fitur meja lipat untuk penumpang kiri dan kanan meletakkan minuman, makanan, hingga barang. Kia juga memberi tirai di kaca samping yang bisa menghalau sinar matahari. Tidak ketinggalan, hadir dua USB port untuk mengisi daya baterai smartphone saat berkendara.

Kemudian yang juga menarik, khusus Carens 1.4 Turbo tersedia captain seat. Dengan demikian, masing-masing penumpang bisa mendapatkan jok personal yang bisa diatur kemiringan dan maju mundur sesuai kebutuhan.

Baca juga  Sejarah Toyota Alphard di Indonesia, Sudah 3 Generasi!

Kelebihan captain seat, mampu membuat akses masuk ke jok baris ketiga semakin mudah. Pasalnya orang bisa masuk ke belakang lewat ruang kosong di tengah.

Sementara untuk Kia Carens 1.5 Liter, joknya masih menggunakan model terintegrasi atau couch seat, jadi bisa menampung tiga orang. Hanya saja kekurangannya, di jok tengah tidak pakai headrest. Bila jok tengahnya tidak digunakan, sandarannya bisa dilipat menjadi handrest.

Baris Ketiga Kia Carens, Bagasinya Luas

interior kia carens - bagasi

Bagasi Kia Carens lebih lega dari LMPV pada umumnya

Kemudian untuk kenyamanan interior Kia Carens di baris ketiga, sesungguhnya tidak terlalu istimewa. Kami yang memiliki tinggi badan 168 cm dan berat 90 Kg, sudah mencobanya. Alhasil paha tidak tersangga dengan sempurna.

Meski sandaran joknya bisa diatur jadi lebih rebah, tetap saja posisi duduknya tidak bisa benar-benar nyaman. Saran kami, baris ketiga ini lebih baik dimanfaatkan oleh anak-anak.

Bicara kenyamanan, di bagian belakang ini memiliki charger USB port untuk mengisi daya baterai smartphone.

Jok paling belakangnya bisa pula direbahkan untuk jadi bagasi, kapasitasnya tembus 645 liter. Ini lebih besar dibanding Hyundai Stargazer yang cuma memiliki bagasi 585 liter.

Itulah tadi bahasan soal kenyamanan interior Kia Carens terbaru yang lebih baik dari LMPV kebanyakan. Hanya saja kalau pembandingnya MPV di atasnya seperti Toyota Kijang Innova dan Wuling Cortez, masih kalah. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, panatu terus Moladin!

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika