oleh

3 Keunggulan Mini Electric Collection, Varian Termahal!

Ada beberapa keunggulan Mini Electric Collection yang menarik untuk dibahas. Di antaranya karena punya keistimewaan dari sisi tampilan luar, interior, serta beberapa fiturnya. Dengan berbagai kelebihan tersebut, Mini Electric Collection ditawarkan dengan harga Rp 955 juta (off the road) alias lebih mahal Rp 10 juta dibanding varian standar.

Mini Electric Collection dihadirkan dengan warna Island Blue Metallic yang dikombinasikan dengan sentuhan desain grill dan desai velg yang modern. Ditambah ada pula lampu utama yang sudah menggunakan LED sehingga kesan elegan juga terasa pada Mini Electric Collection.

Secara umum Mini Electric Collection menggunakan basis Mini Cooper 3 pintu. Namun begitu dengan adanya baterai yang ditanamkan, maka bobot dari mobil ini bertambah 150 kg.

Meski beratnya bertambah namun titik rendah gravitasi dari mobil ini semakin kecil. Sehingga Mini Electric Collection lebih enak untuk diajak bermanuver dalam kecepatan tinggi.

Soal dapur pacunya, Mini Electric Collection sama dengan Mini Electric varian standar, yaitu dibekali dengan baterai berukuran 32,5 kWh serta motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sampai 184 dk dan torsi puncak hingga 270 Nm. Untuk jarak maksimalnya, Mini Electric Collection bisa mencapai 232 km (WLTP).

Selain itu, Kombinasi baterai dan motor listrik tersebut diklaim mampu menggerakan mobil dari 0 hingga 100 km per jam dalam waktu 6,9 detik, dengan kecepatan tertinggi 150 km per jam. Mini Electric dibekali dengan baterai berukuran 32,5 kWh, yang bisa diisi hingga penuh dengan waktu 4 jam di rumah.

Baca juga  SUV Listrik Nissan, Inikah Juke Elektrik?

Adapun untuk waktu yang dibutuhkan untuk pengisian daya baterai Mini versi elektrik, jika menggunakan fast charging berjenis DC dengan daya 50 kW, hanya menghabiskan waktu 36 menit. Apabila menggunakan public charging berjenis AC dengan daya 11 kW, waktu pengisiannya hanya 2 jam 30 menit.

Lalu, jika menggunakan wallbox berdaya 7,4 kW akan menghabiskan waktu pengisian 3 jam 12 menit. Sementara itu, pengisian daya home charging berdaya 2,1 kW dibutuhkan waktu pengisian 12 jam.

“Mini Electric Election hadir sebagai varian Collection dengan warna khusus, diproduksi oleh Mini di Oxford dengan proses pengecatan khusus. Sudah seperti biasanya Mini selalu menghadirkan edisi khusus. Nanti pada perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di bulan Agustus, kami juga akan menghadirkan versi Collection dengan warna lain yang tentunya lebih menarik,” terang Jodie Otania selaku Director of BMW Group Indonesia yang juga bertanggung jawab di brand Mini Cooper. (8/6/2022).

Nah, mau tahu apa saja keunggulan Mini Electric Collection lebih jauh. Mari kita simak ulasannya berikut ini.

Baca juga  Sosok Mobil Listrik Nissan Leaf Sudah Muncul di Indonesia

1. Desain Eksterior Lebih Ekspresif

Keunggulan Mini Electric Collection
Mini Electric Collection

Keunggulan Mini Electric yang pertama adalah tampilannya yang lebih ekspresif dibanding Mini Electric varian standar. Di mana seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, versi Collection ini dibalut oleh warna Island Blue Metallic serta dipadukan dengan multitone roof.

Pengaplikasian warna tersebut juga tidak sembarangan. Dimana teknik pengecatan diproduksi oleh Mini di Oxford yang menghasilkan gradasi warna yang menarik dari San Marino Blue ke Pearly Aqua hingga Jet Black, memanjang dari rangka kaca depan hingga ke belakang.

Detailnya jug terlihat dari Kap desain eksklusif dan garis-garis samping terlihat ekspresif pada Mini Electric Collection. Tak hanya itu saja, balutan kelir Piano Black Gloss turut menyelimuti bagian penutup kaca spion, grille, lampu depan dan lampu belakang, logo Mini, huruf model di belakang, gagang pintu, dan scuttle samping untuk tampilan yang berkarisma dan sporty. Dan untuk menambah kesan sporty, diberikan velg alloy ringan bergaya futuristik berukuran 17 inci.

Oh ya, untuk menambah kesan eksklusif, Mini Electric Collection sudah menggunakan LED Adaptive serta door sill dengan logo Mini Electric.

2. Interior Lebih Sporty dan Mewah

Keunggulan Mini Electric Collection
Interior Mini Electric Collection

Keunggulan Mini Electric Collection juga terlihat dari sisi kabin interiornya. Hal tersebut bisa dilihat dari penggunaan sport seats dengan  kombinasi Light Grey fabric/leatherette dan setir yang dilapisi material kulit Nappa serta logo Mini Electric.

Baca juga  Lexus UX 300e, Mobil Listrik Terbaru Untuk Indonesia

Kemudian beberapa bagian dari interior juga mendapat finishing Aluminium Mini Yours dan  lapisan atap berwarna antrasit. Dengan demikian aura sporty jadi lebih terasa.

3. Informasi Instrumen Digital Cluster Lebih Lengkap

Interior Mini Electric Collection
Panel instrumen Mini electric Collection

Kemudian, keunggulan Mini Electric Collection selanjutnya ada pada instrument digital cluster yang menampilkan informasi lebih lengkap. Layar informasi canggih ini kini tampil lebih modern yang mana mode mengemudi bertambah, menjadi Sport, Mid, Green, dan Green+. Selain itu ada pula informasi lain yang ditampilkan, seperti tingkat pengisian baterai, Mini Driving Mode, status sistem driver assistance, dan pesan Check Control.

Masih ada lagi, adalah informasi mengenai suhu di luar mobil, tempuh, daya penggerak serta sistem navigasi. Oh ya, selama pengisian daya, panel instrumen digital juga menyediakan informasi penting. Adalah jika kendaraan tersambung ke soket daya stasiun pengisian daya, maka akan muncul informasi waktu dan suhu luar, kisaran tenaga yang tersedia dan status pengisian daya dalam persen.

Moladiners, itulah tiga keunggulan mobil listrik Mini Electric Collection. Tertarik membelinya? Kalau kamu anggap kemahalan, bisa beli versi standarnya dengan harga Rp 945 juta (off the road). Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru