by

5 Keuntungan Beli Mobil Bekas Dibanding yang Baru!

Keuntungan beli mobil bekas ternyata sungguh banyak. Salah satunya, jelas harga lebih murah dari mobil baru. Karenanya pasar mobil bekas sampai sekarang masih banyak diminati konsumen, baik di daerah maupun di perkotaan.

Jumlah pengguna mobil di Indonesia terus tumbuh setiap tahunnya. Salah satu penyebabnya adalah makin mudahnya fasilitas cicilan jangka panjang dengan DP ringan. Ternyata, pertumbuhan ini pun memacu timbulnya tren berganti mobil dalam waktu yang relatif cepat, karena pemilik merasa bosan atau ingin menggunakan mobil keluaran terbaru.

Balai pelelangan mobil bekas adalah salah satu tempat di mana menawarkan banyak pilihan mobil bekas. umumnya pedagang mobil bekas banyak membeli dari tempat ini, tapi tidak ada salahnya konsumen perorangan juga ikut lelang.

Selain itu, diler-diler mobil bekas saat ini pun sudah mulai menjamur. Tidak hanya di kota-kota besar, namun merambah ke daerah-daerah. Oleh karenanya semakin mudah dalam memperoleh mobil bekas.

Lalu apa saja sih keuntungan beli mobil bekas yang diperoleh konsumen, dibanding beli mobil baru? Berikut bahasan lengkapnya:

Ini Alasan Beli Mobil Bekas Lebih Menguntungkan

1. Harga Mobil Bekas Lebih Murah

keuntungan beli mobil bekas
Umumnya harga mobil bekas lebih murah dari mobil baru

Keuntungan beli mobil bekas yang pertama adalah harg lebih murah. Umumnya despresiasi atau penurunan harga mobil bekas kisaran 15% hingga 25% persen setiap lima tahunnya. Meski demikian, ada pula yang menurunannya lebih besar untuk merek dan varian tertentu.

“Harga mobil bekas yang masih stabil, umumnya mobil-mobil fast moving seperti Kijang Innova. Beberapa merek seperti Pajero dan Fortuner harganya juga masih stabil. Yang penurunannya drastis mobil-mobil Eropa dan Cina, jika dibandingkan dengan tahun dan kelas yang sama dengan mobil Jepang,” terang Sulaiman selaku Staff Operasional salah satu balai lelang di Tangerang Selatan. (5/10/2021).

Baca juga  Begini Cara Melepas Kaca Film Mobil Dengan Mudah

Oleh karena harga yang terjangkau itu, beberapa pemilik usaha seperti catering atau rental mobil rumahan banyak yang mengandalkan mobil bekas sebagai armadanya. 

“Beberapa pemilik usaha catering, rental mobil rumahan atau EO membeli mobil bekas untuk armada transportasi operasionalnya. Umumnya mereka membeli unit Daihatsu GranMax, Avanza atau Xenia yang notabennya perawatan dan harga sparepartnya murah,” jelas Sulaiman.

Ketika kamu beli mobil bekas, juga tidak perlu takut mengajukan kredit. Bahkan beberapa lembaga pembiayaan atau perbankan banyak memberikan program penawaran kredit mobil bekas. Mulai dengan uang muka rendah, bunga rendah, hingga hadiah langsung.

2. Bisa Nego Harga

keuntungan beli mobil bekas
Nego harga wajib dilakukan ketika membeli mobil bekas

Keuntungan beli mobil bekas berikutnya adalah pembeli bisa menawar harga yang dipatok oleh penjualnya. Hal tersebut berlaku untuk penjual perorangan atau diler bekas.

Bahkan harga mobil bekas juga sangat relatif. Misalnya kendaraan dengan bodi penyok, interior ada kerusakan, serta surat-surat tidak lengkap, tentu banderolnya bisa lebih murah dari pasarannya. Jadi memang kalau membeli mobil bekas, harga bisa ditentukan dari kecakapan kamu dalam bernegosiasi.

Hal ini tentu Berbeda dengan mobil baru yang harganya tidak bisa ditawar. Paling konsumen hanya mendapat diskon dari sales atau dealer.

Baca juga  9 Rekomendasi MPV Pintu Geser Bekas Rp 100 Jutaan

“Kalau di balai lelang kita pasang harga dari paling rendah yang sudah ditentukan oleh manajemen dan kemudian diberikan kesempatan untuk peserta lelang ngebit, mana yang harganya lebih tinggi penawarannya itu yang akan menjadi pemenangnya dan bisa memiliki mobil tersebut. Namun untuk diler mobil bekas atau penjual mobkas perorangan, umumnya mereka memasang harga yang bisa dinegosiasi,” tambah Sulaiman.

3. Setelah Bayar, Bisa Langsung Digunakan

keuntungan beli mobil bekas
Setelah melakukan pembayaran, mobil bekas bisa langsung diajak jalan-jalan

Keuntungan beli mobil bekas selanjutnya adalah kendaraan yang dibeli bisa langsung digunakan, karena umumnya dilengkapi dengan surat-surat. Ini berbeda dengan mobil baru yang harus menunggu beberapa minggu atau bahkan sampai bulanan untuk mendapat keabsahan dokumen seperti STNK dan BPKB. 

Sebagian mobil baru juga harus inden beberapa bulan, karena permintaan yang terlampau banyak. Di sisi lain, fasilitas produksi pabrik mobil baru belum sanggup untuk memenuhi permintaan tersebut.

Oleh karenanya, buat kamu yang ingin buru-buru naik mobil sendiri maka beli mobil bekas punya keuntungan sendiri. Ada uang ada barang!

4. Kualitas Mobil Bekas Tidak Beda Jauh dengan Mobil Baru

review pajero sport generasi kedua
Sosok Pajero Sport generasi awal dlam kondisi bekas, tampilannya masih gagah seperti baru

Mobil bekas tidak melulu identik dengan kualitas yang kurang bagus pada mobilnya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa pertumbuhan mobil di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun, otomatis stok mobil bekas juga semakin banyak pilihan kondisi.

Tidak dipungkiri, banyak pula mobil bekas dengan kondisi butuh perbaikan. Hanya saja tidak sedikit pula yang kondisinya mulus seperti mobil baru atau tinggal pakai.

Baca juga  Biaya Asuransi Mobil Bekas, Apakah Mahal?

“Mobil bekas banyak kok yang kondisinya masih terbilang baru. Ada pemiliknya yang baru dipakai 3 tahun sudah bosan dan dijual, serta mobilnya juga jarang dipakai. Memang ada beberapa mobil bekas yang kondisinya membutuhkan perbaikan yang lumayan banyak, umumnya mobil bekas dari perusahaan pertambangan atau perusahaan jasa pengisian uang ATM,” imbuh Sulaiman.

5. Pilihan Lebih Variatif

keuntungan beli mobil bekas
Mobil eropa murah bisa didapatkan dalam kondisi bekas

Selanjutnya, keuntungan beli mobil bekas adalah pilihan yang lebih bervariatif, mulai dari merek, jenis, tipe, tahun keluaran, hingga harganya. Anda jadi memiliki kebebasan dalam memilih mobil bekas dengan kriteria yang lebih sesuai dengan budget serta kebutuhan.

Ambil contoh untuk mobil sedan dalam kondisi baru, tidak ada yang harganya Rp 100 jutaan. Tapi di pasar mobil bekas, ada banyak sekali sedan Rp 100 jutaan dari merek Jepang hingga Eropa.

“Namun saat beli mobil bekas ada baiknya membawa mekanik yang paham mengenai mobil supaya mobil yang diminati kondisinya sesuai dengan harapannya, plus jangan lupa dokumen surat-suratnya dicek keabsahannya agar aman dari kasus hukum,” tutup Sulaiman.

Moladiners, itulah ulasan mengenai keuntungan mobil bekas. Selain harga yang lebih murah dari mobil baru, kamu juga bisa lebih leluasa memilih model dan spesifikasi yang diinginkan.

Untuk informasi otomotif menarik lainnya, pantau terus Moladin.com.

Terbaru