oleh

Kia Carnival vs Hyundai Staria, Siapa Lebih Mewah?

Dua perusahaan otomotif asal negeri ginseng memiliki produk serupa yaitu Kia Carnival vs Hyundai Staria. Keduanya hadir dengan segmen yang sama, Big MPV.

Kia Carnival vs Hyundai Staria merupakan pengembangan dua produk dari satu platform yang sama yaitu N3. Meski demikian, seiring berjalannya waktu keduanya menggunakan kode yang berbeda. Kia Karnival dengan kode KA4 dan Hyundai Staria menggunakan SU4.

Baik Kia Carnival atau Hyundai Staria mempunyai ciri khas dan keunggulan masing-masing, mulai dari desain eksterior, desain interior, mesin, hingga fitur-fiturnya.

“Kami memang menggunakan platform yang sama dengan saudara kandung untuk beberapa produk. Meski demikian, tentunya ada perbedaan yang tentunya menjadi ciri khas masing-masing merek. Jika dilihat, Kia Carnival baru secara tampilan saja sudah berbeda jauh dengan produk tetangga, begitu juga dengan performa mesinnya,” ungkap Ario Soerjo selaku Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha. (15/11/2021).

Untuk lebih jauh mengulas Kia Carnival vs Hyundai Staria, berikut beberapa perbedaan dan keunggulan dari masing-masing mobil lansiran Korea Selatan tersebut.

  • Desain Ekstrior Kia Carnival Lebih Sporty, Hyundai Staria Lebih Elegan

eksterior hyundai staria
Staria punya tampilan elegan

Pebedaan Kia Carnival vs Hyundai Staria yang pertama adalah dari sisi desain eksterior. Kia Carnival mengusung desain yang terlihat lebih sporty, sekilas Nampak seperti Honda Odissey.

Baca juga  Komparasi Hyundai Kona Electric dengan MG ZS EV

Desain grille depan yang tidak terlalu besar dikombinasikan dengan lampu utama yang agak sipit ditambah dengan desain bumper yang tidak terlalu neko-neko membuat Kia Carnival tampil gagah namun tetap mewah.

Sementara itu Hyundai Staria tampilannya lebih kearah elegan, desain bagian depan mobil MPV premium ini tampilannya futuristik.

Bagian kaca depan ukurannya sangat lebar, terlihat seperti menyatu dengan bagian bodi depan mobil. Di bawahnya terdapat desain grill seperti rumah tawon serta dilengkapi foglamp dibagian sudut kanan dan kiri.

  • Tenaga Mesin Lebih Besar Kia Carnival

kia carnival vs hyundai staria
Kia Carnival meluncur di GIIAS 2021

Soal jantung pacunya, baik Kia Carnival maupun Hyundai Staria sama-sama menggunakan mesin diesel 2.2L, CRDi, DOHC.

Menariknya, meski menggunakan mesin yang sama, tenaga maksimalnya Kia Carnival lebih unggul dengan mencatatkan angka 202 PS pada 3.800 rpm serta torsi 441 Nm di 1.750-2.750 rpm.

Sementara itu untuk Hyundai Staria hanya mampu mencatat angka tenaga maksimumnya di 177 PS pada 3.800 rpm dan untuk torsinya 430 Nm di 1.500-2.500 rpm. Oh ya, keduanya sama-sama mengadopsi transmisi 8-percepatan.

Dengan demikian jelas soal mesin Kia Carnival Vs Hyundai Staria, unggul Carnival. Mungkin sengaja dibuat begitu supaya bisa membawa 11 penumpang full dengan baik.

  • Kapasitas Penumpang Kia Carnival Lebih Banyak tapi Hyundai Staria Lebih Nyaman

kia carnival vs hyundai staria
Interior Kia Carnival

Komparasi Kia Carnival vs Hyundai Staria selanjutnya adalah dari sisi kapasitas penumpang. Yup, Kia Carnival anyar bisa memuat penumpang hingga 11 orang. Meski demikian, kursi baris terakhir kurang ideal untuk ditempati orang dewasanya, terkesan memaksakan dan tentunya penumpang di kursi tersebut tidak nyaman.

Baca juga  Kia Carnival Terbaru Rilis, Ini Daftar Ubahannya

Kapasitasnya memang bisa memuat untuk 11 orang, namun kursi paling belakang idealnya ditempati oleh anak-anak karena legroomnya terbatas. Namun begitu, jika penumpang hanya 8 orang, maka kursi baris belakang bisa dilipat untuk menambah kapasitas bagasi barang bawaan.

Sementara itu untuk Hyundai Staria, kapasitas penumpangnya hanya untuk 7 orang atau 9 orang, tergantung varian. Namun meski jumlah kursinya lebih sedikit. Soal kenyamanan, Hyundai Staria juara dibandingkan Kia Carnival.

Tidak percaya? Khusus untuk Hyundai Staria varian Signature 9, bangku baris keduanya bisa diputar 180 derajat. Alhasil penumpang baris ke dua bisa berhadap-hadapan dengan penumpang baris ketiga. Sementara di Staria Signature 7 tersedia sandaran jok yang sangat besar lengkap dengan sandaran kaki.

Kemudian Kia Carnival vs Hyundai Staria dari sisi dimensi juga berbeda. Staria lebih bongsor, panjang 5.253 mm, lebar 1.997 mm serta tinggi 1.990 mm. Nah, kalau Kia Carnival, dimensi panjangnya 5.115 mm, lebar 1.995 mm, dan tinggi 1.775 mm.

  • Harga Hyundai Staria Lebih Mahal untuk Varian Tertinggi

kia carnival vs hyundai staria
Jantung mekansinya pakai turbo diesel yang punya performa mantap di putaran mesin bawah

Meski dibangun dengan platform yang sama nyatanya harga Hyundai Staria lebih mahal dari Kia Carnival.

Baca juga  Tekan Dampak Covid-19, Hyundai Produksi Oksigen di Indonesia

Saat ini harga Hyundai Staria ada dikisaran Rp 880 jutaan untuk varian Signature 9 dan Rp 1,02 miliar untuk Signature 7. Sementara itu untuk Kia Carnival saat ini dibanderol harga 887 jutaan.

  • Fitur Keselamatan Sama Lengkapnya

Kia Carnival vs Hyundai Staria
Kemunculan speaker BOSE memberikan kenyamanan premium saat mendengar musik di Hyundai Staria dan Kia Carnival

Baik Kia Carnival maupun Hyundai Staria sama-sama mengusung fitur yang modern dan canggih. Kia Carnival terbaru mengusung teknologi yang disebut Advance Driver Assistant System (ADAS).

Adapun cakupan fitur ADAS adalah Smart Cruise Control yang menjaga kecepatan kendaraan secara adaptif, Lane Follow Assist dan Lane Keep Assist yang memonitor kendaraan agar tetap pada jalurnya. Di samping itu, fitur ADAS yang terdapat pada Kia Carnival juga menyediakan layanan lain seperti Forward Collision-Avoidance Assist dan Blind Spot Collision Avoidance Assist.

Sedangkan Hyundai Staria yang mengusung fitur teknologi yang terbilang mirip dengan fitur yang diusung Kia Carnival. Antara lain wireless charging, penghangat kursi baris kedua, serta beberapa persamaan lain seperti sistem audio Bose.

Moladiners, itulah ulasan mengenai Kia Carnival vs Hyundai . untuk informasi penting lainnya simak terus Moladin.com.

Terbaru