by

Kisah Kia Sonet 7-Seater, dari India untuk Indonesia

Sesungguhnya kisah Kia Sonet 7-Seater benar-benar mengagetkan pecinta otomotif dunia. Mobil ini seperti tiba-tiba mau lahir, tanpa gembar-gembor berlebihan.

Peluncuran mobil SUV dengan tiga baris bangku tersebut, diketahui setelah PT Kreta Indo Artha (KIA) selaku pemegang merek Kia di Indonesia menyebar undangan ke media, termasuk Moladin pada 1 April 2021.

“Mengundang Rekan Media untuk hadir ke acara Virtual Press Conference New Kia Sonet 7-seater yang akan diadakan pada Kamis, 8 April 2021,” tulis undangan resmi tersebut.

Padahal di belahan dunia mana saja, belum ada Sonet 7-seater. kalau Sonet 5-seater mungkin sudah banyak yang tau dan beredar di berbagai negara.

Hanya saja untuk Sonet 7-seater, di tempat produksi dari Kia Sonet 5-seater yaitu India bahkan belum dijual. Dengan begitu, maka Indonesia akan jadi lokasi world premiere untuk mobil merek Korea Selatan tersebut.

Lalu seperti apa kisah Kia Sonet 7-Seater hingga bisa dijadwalkan meluncur di Indonesia lebih dulu dibanding negara lain? Simak bahasan di bawah ini:

Baca juga  World Premiere Mobil Baru Honda di Indonesia, Catat Tanggalnya

Kia Sonet Diproduksi di India

Kia Sonet 5-seater
Kia Sonet, SUV ringkas yang diproduksi di India

Dalam membahas kisah Kia Sonet 7-seater, mau tidak mau kami harus juga menyinggung saudaranya yaitu Sonet versi 5-seater. Mobil tersebut merupakan buatan India asli. Bahkan di Korea Selatan sebagai negara asal Kia, sampai saat ini Sonet belum dijual.

Oleh karena itulah Sonet dibuat dengan dimensi ringkas. Khusus pasar India panjangnya cuma 3,995 mm, lantaran mobil di bawah empat meter mendapat diskon pajak dari pemerintah Negeri Bollywood.

Peluncuran Sonet di India sendiri terjadi pada Agustus 2020. Kemudian mobil ini masuk Indonesia pada November 2020 dengan beberapa revisi. Salah satunya di body kit yang membuat dimensinya sedikit lebih panjang jadi 4.120 mm. Oleh karena itulah Kia Sonet versi ekspor beda dengan versi dalam negeri di India.

Angka penjualan Sonet di Tanah Air memang tidak terlalu fantastis. Hanya saja untuk ukuran Kia, sudah terbilang baik. Menurut data Gaikindo, Sonet 5-seater terjual 358 unit secara wholesales pada Februari 2021.

Baca juga  5 Perbedaan Honda CR-V Facelift 2021 Vs Lama

Laman Autocar India mengatakan, bahwa Kia Sonet 7-seater memang akan hadir di Indonesia. Walau demikian lokasi produksinya tetap di pabrik Kia Anantapur, India.

Alasan Kia Sonet 7-Seater World Premiere di Indonesia

kisah kia sonet 7-seater
Kia Sonet 7-seater bakal world premiere di Indonesia

Lalu kenapa kisah Kia Sonet 7-seater justru bermula di Indonesia. Padahal negara yang memproduksinya adalah India?

Salah satu kemungkinannya, Sonet dengan tiga baris bangku memang ditujukan hanya untuk pasar ekspor. Alasan terkuat, karena mobil dengan panjang di atas empat meter tidak dapat subsidi di India.

Harusnya Sonet versi 7-seater punya dimensi panjang yang melebihi empat meter. Hal ini bisa terlihat dari kompetitor seperti Toyota Rush dengan dimensi panjang 4.435 mm dan Mitsubishi Xpander Cross 4.500 mm.

Ditambah lagi masyarakat Indonesia suka mobil-mobil 7-seater alias muat banyak. Maka dari itu, Tanah Air bisa jadi pasar potensial untuk menjual Sonet 7-seater.

Selama harga jualnya terjangkau dan tidak beda jauh dari para kompetitor, harusnya kisah Kia Sonet 7-seater di Indonesia bisa sukses. Hal tersebut lantaran Sonet punya basis mesin yang istimewa.

Baca juga  Hyundai Resmi Jual All New Palisade di Indonesia

Bila basisnya dari Sonet 5-seater maka akan pakai mesin 1.500 cc yang bisa melontarkan torsi 144 Nm pada 4.500 rpm dan tenaga maksimal 115 PS pada 6.300 rpm. Performa itu jauh lebih baik dari milik Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander.

Semakin istimewa, karena Sonet punya transmisi iVT atau CVT yang terkenal halus ketika diajak berkendara. Jenis transmisi tersebut belum dipunya oleh kompetitor, karena rival masih mengandalkan transmisi otomatis konvensional.

Kalau kamu penasaran dengan spesifikasi lengkap Kia Sonet 7-seater, mari tunggu peluncurannya bersama pada 8 April 2021. Untuk informasi terlengkap dan terbaru seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru