Koleksi Mobil Airlangga Hartarto Mantan Ketum Golkar, Gak Maen Mobil Listrik?

by Firdaus Ali
Koleksi mobil Airlangga

Mari kita intip koleksi mobil Airlangga Hartarto mantan Ketua Umum Golkar. Sosok yang juga menjabat Menko Perekonomian tersebut punya beberapa koleksi kendaraan mewah, namun diantara deretan koleksinya, tidak ada satupun kendaraan listrik.

Airlangga Hartarto jadi perhatian publik Indonesia usai keputusannya secara mendadak mundur dari Ketua Umum Golongan Karya (Golkar).

Melihat sisi lain dari Airlangga, pria ramah murah senyum tersebut terlihat beberapa kali berpose foto bersama beberapa mobil berwarna kuning. Seperti MG 5 EV dan Wuling Air EV berkelir kuning di beberapa kesempatan.

Meski begitu, jika dilihat dari daftar Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disampaikan pada 27 Maret 2023. Semua koleksi mobil Airlangga Hartarto adalah mobil internal combustion engine (ICE). Ini daftarnya:

  1. Toyota Vellfire tahun 2017 senilai Rp 785 juta
  2. Toyota Jeep LC 200 Hard Top 2014 senilai Rp 1 miliar
  3. Toyota Kijang Innova tahun 2015 senilai Rp 179 juta
  4. Toyota Kijang Innova tahun 2016 senilai Rp 200 juta
  5. Jaguar tahun 2010 senilai Rp 325 juta

Chery Omoda E5 Warna Kuning Jadi Mobil Listrik Pertama Airlangga Hartarto

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disampaikan pada 27 Maret 2023. Semua koleksi mobil Airlangga Hartarto adalah mobil internal combustion engine (ICE).

Namun begitu, beberapa waktu lalu Airlangga menghadiri salah satu acara dari Chery Indonesia saat peluncuran Omoda E5 di Jakarta dan membelinya, jadi Omoda E5 ini dipastikan belum masuk ke dalam daftar LHKPN miliknya.

Dalam kesempatan itu, Airlangga sempat memuji Omoda E5 dan mengungkapkan berniat membeli unitnya dengan warna kesukaanya, yaitu warna kuning.

“Mobilnya enak, nyaman dan canggih. Tidak ada suaranya,” ungkap Airlangga secara singkat. Omoda E5 sendiri memakai baterai Lithium Ferro Phospate (LFP) dengan kapasitas 61 kWh. Di atas kertas tenaga maksimum yang bisa dihasilkan mencapai 204 Hp. Sedangkan daya tempuhnya bisa mencapai 450 kilometer.

Jantung pacu tersebut juga dipercaya bisa membuat Chery Omoda E5 melesat kecepatan dari 0-100 kpj hanya dalam waktu 7,6 detik. Selain itu, pengecasan mobil juga didukung dengan teknologi pengisian daya cepat (fast charging). Dengan daya 110 kW DC, klaimnya, baterai bisa dicas 0-80 persen hanya dalam 30 menit.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika