oleh

Spesifikasi Innova D’Masiv Yang Kecelakaan di Situbondo

Grup band D’Masiv mengalami musibah kecelakaan dengan mobil Toyota Kijang Innova di wilayah Situbondo Jawa Timur. Dalam kecelakaan tersebut, diketahui Ryan, sang vokalis band mengalami luka-luka dan langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Penyebab kecelakaan tersebut, kondisi sopir yang mengantuk saat mobil melaju dalam kecepatan di atas 70 km/jam. Efeknya Innova D’Masiv mengalami ringsek parah.

“Tiga penumpang luka ringan, kondisinya sudah baik-baik saja. Sang sopir tidak mengalami luka apapun. Untuk plat mobilnya P 45 Q,” ungkap Ipda Kadek selaku Kanit Gakkum Polres Situbondo dalam keterangan resminya pada Minggu (27/3/2022).

Sebagaimana diketahui, mobil yang digunakan oleh personil grup band D’Masiv tersebut adalah Toyota Kijang Innova generasi pertama versi facelift. Mobil ini beredar mulai tahun 2009 hingga 2011, sementara untuk harga bekasnya saat ini dikisaran Rp 135 jutaan.

Sekilas Innova Facelift Generasi Pertama

Ilustrasi innova d'masiv
Kijang Innova versi facelift generasi pertama

Toyota Kijang Innova yang digunakan rombongan D’Masiv merupakan versi facelift dari generasi pertama. Mobil ini ditawarkan dengan pilihan dua mesin. Opsi pertama adalah mesin bensin 2.000 cc 4-silinder berkode 1TR-FE dengan tenaga diklaim mencapai 136 PS serta torsi 190 Nm.

Baca juga  Spesifikasi Toyota Land Cruiser 300, Diet 200 Kg!

Lantas yang kedua adalah mesin diesel berkode 2KD-FTV dengan kubikasi 2.500 cc 4 silinder D-4D dengan tenaga diklaim mencapai 102 dk dan torsi 220 Nm. Oh ya, kedua mesin tersebut dikombinsaikan dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Kijang Innova generasi pertama versi facelift ini tampil lebih modern berkat tampilan grill yang mengusung garis-garis horizontal bernuansa krom. Kemudian ada sedikit perubahan pada lampu depan dan lampu kabut, bagian lampu kabut menggunakan lampu berbentuk bundar, sementara grill bemper bagian bawah berbentuk trapesium agak mengecil mengerucut ke atas. Berbeda dengan versi sebelumnya yang grill trapesiumnya mengerucut ke bawah.

Fitur keselamatan Innova facelift pertama merupakan hasil penyempurnaan dari keluaran sebelumnya, apalagi sudah terjamin dari kerangka GOA atau Global Outstanding Assement. Sistem keselamatan diperkuat oleh dual airbags SRS, collapse steering coloumn, side impact beam, new seatbelt, force limiter, dan pretensior yang diterapkan di semua tipe.

Tampilan kabin terlihat lebih modern serta dilengkapi fitur yang mendukung. Sebut saja adanya sistem audio 2 DIN CD with MP3, USB/AUX, WMA Players, dan integrated rear blower air conditioner. Sistem pengereman menggunakan ABS dan LSPV yang mampu diandalkan ketika mobil dipacu dengan kecepatan maksimal.

Baca juga  11 Rekomendasi Mobil Paling Irit BBM di Indonesia

Mobil ini mempunyai dimensi panjang 4.555 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.750 mm serta jarak sumbu roda 2.750 mm.

Innova versi facelift generasi pertama menggunakan sistem penggerak roda depan. Untuk suspensi bagian depan menggunakan independent double wishbone dan suspensi bagian belakang menggunakan 4-link lateral rod rigid axle.

Oh ya, pada bagian sistem pengereman, bagian depan mengadopsi ventilated disc dan bagian belakang mengusung sistem drum. Sementara itu, untuk velg menggunakan jenis alloy berukuran 15 inchi dengan balutan ban berukuran 205/65 R15.

Moladiners, itulah ulasan mengenai spesifikasi Innova D’Masiv yang mengalami musibah kecelakaan di Situbondo, Jawa Timur. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru