oleh

5 Perbedaan Wuling Cortez Facelift 2022 Vs Model Lama

Mengetahui perbedaan Wuling Cortez facelift 2022 vs model lama penting adanya. Terutama jika dalam waktu dekat ini kamu ingin membeli unitnya.

Seperti diketahui Wuling Cortez hadir dalam dua varian CE dan EX. Keduanya sama-sama dibekali oleh mesin 1.500 cc  berpenggerak  CVT yang dikombinasikan dengan 4 mode pilihan berkendara yaitu normal, eco, sport dan 8-speed manual simulation.

Adapun tenaganya masih sama dengan versi sebelumnya yakni mencapai 140 HP yang mampu dicapai pada torsi 250 Newton. Meski begitu semburan tenaga ini menyamai Toyota Innova bensin terbaru yang memilki kapaitas mesin lebih besar 2.0L dengan tenaga 139 HP.

Untuk harga on the road Jakarta, Cortez versi CE 1.5T Lux+ dibanderol Rp 273,8 juta. Sedangkan kasta tertinggi Cortez EX 1.5T Lux+ dijual Rp 310,65 juta.

Sebagai MPV tertinggi dari Wuling, New Cortez facelift 2022 tentunya juga memiliki kelebihan dibandingkan varian sebelumnya. Di mana kelebihan-kelebihan ini mencapkup pada innovasi dan teknologi.

Tidak hanya itu, dalam beberapa fitur, New Wuling Cortez juga memiliki keunggulan dibanding kompetitor yaitu Kijang Innova. Untuk lebih lengkapnya yuk simak ulasan lengkapnya.

1. Perintah Suara Bahasa Indonesia

perbedaan Wuling Cortez Facelift 2022 vs model lama
Cara menggunakan fitur WIND dengan mengucapkan kata kunci ‘Halo Wuling’ atau menekan tombol voice command di sisi kiri setir.

Perbedaan Wuling Cortez facelift 2022 vs model lama yang pertama adalah adanya fitur peritah suara (voice command) yang dinamai WIND (Wuling Indonesian Command).

Baca juga  Bocoran Wuling Confero S Facelift 2021, Lebih Ganteng

Fitur yang sebelumnya hanya ada pada Almaz ini memiliki kelebihan  memudahkan pengendara untuk memerintahkan mobil hanya dengan suara. Menariknya lagi bisa diakses dalam bahasa Indonesia. Fitur perintah suara unik ini, tidak ada pada unit Cortez CT sebelumnya, juga pada kompetitornya Toyota Innova.

Adapun perintah-perintah yang bisa diakses melalui WIND ini adalah seperti pengaturan jendela, pengaturan sunroof, pengaturan AC, menayankan jam, melakukan panggilan telepon, mengoperasikan sistem hiburan, mengatur volume suara, navigasi dan sebagainya.

Cara menggunakan fitur WIND dengan mengucapkan kata kunci ‘Halo Wuling’ atau menekan tombol voice command di sisi kiri setir. Cara lain dengan menggunakan instant command untuk beberapa fungsi tertentu.

“Kami mengaplikasikan Bahasa Indonesia pada WIND untuk memberikan kemudahan bagi setiap konsumen untuk fitur pintar perintah suara, misal “Nyalakan Radio” dan juga “Saya Kepanasan” maka suhu AC secara otomatis,” kata Handi Ahmad, Product Planning Wuling Motors.

2. Internet of Vehicle 

Kelebihan Wuling Cortez Facelift 2022
Dalam teknologi IoV terdapat fitur Vehicle Positioning yang berfungsi untuk mengetahui lokasi terkini kendaraan menggunakan aplikasi yang dipasangkan pada ponsel pintar.

Inovasi berikutnya yang jadi perbedaan Wuling Cortez facelift 2022 vs model lama adalah fitur IoV atau Internet of Vehicle. Setelah Almaz, New Cortez merupakan model kedua yang dilengkapi oleh IoV.

Baca juga  Rekomendasi 7 Mobil yang Muat 8 Orang Penumpang

Teknologi ini meningkatkan konektivitas pengemudi dan kendaraan melalui jaringan internet. IoV dapat mengoperasikan berbagai fitur canggih, mulai dari Vehicle Remote Control sebagai kendali jarak jauh kendaraan melalui smartphone.

Misalnya seperti memanaskan mesin, mendinginkan kabin, membuka-tutup jendela dan kunci pintu sampai dengan informasi kendaraan.

Selain itu, dalam teknologi IoV terdapat fitur Vehicle Positioning yang berfungsi untuk mengetahui lokasi terkini kendaraan menggunakan aplikasi yang dipasangkan pada ponsel pintar.

Lalu fitur Geo Fencing sebagai “pagar elektronik” dengan radius tertentu di sekitar kendaraan sebagai fitur keamanan, jadi jika kendaraan keluar dari radius yang ditetapkan, notifikasi akan dikirimkan ke smartphone pengguna.

Multi-device interface juga memudahkan akses kendaraan melalui pemanfaatan fitur canggih melalui koneksi bluetooth atau bluetooth key. 

Kalau pada Toyota Innova fitur yang menerupai IoV adalah T Intouch. 
Cara kerja T Intouch Toyota Kijang Innova terhubung dengan aplikasi mToyota.

Setelah terkoneksi, pemilik mobil bisa menikmati berbagai keunggulan seperti Find My Car, informasi soal lokasi mobil ketika dicuri melalui bantuan Toyota Call Center, Geofencing, Vehicle Info, E-Care, Inqury & Support Center, Trip Driving Update, dan Road Assistance.

3. Layar infotainment Lebih Besar

perbedaan Wuling Cortez Facelift 2022 vs model lama
Vehicle setting pada head unit New Cortez ini dapat mengatur 5 fungsi, seperti jendela, pengaturan lampu, penguncian pintu, fungsi wiper sampai dengan pelipatan kaca spion.

Perbedaan Wuling Cortez facelift facelift 2022 vs model lama berikutnya ada di sektor hiburan. Di mana layar infoitainment berukuran lebih besar 2,25″ dari versi sebelumnya.  Kini menjadi 10,25”. 

Baca juga  Secanggih Apa Fitur ADAS Pada Wuling Almaz RS?

Head unit New Cortez 2022 memiliki kelebihan Wireless Mirrolink, USB Fast Charging, Internet Connectivity dan built-in apps, Bluetooth, Navigation sampai dengan Vehicle setting guna mengatur fungsi kendaraan.

Vehicle setting pada head unit New Cortez ini dapat mengatur 5 fungsi, seperti jendela, pengaturan lampu, penguncian pintu, fungsi wiper sampai dengan pelipatan kaca spion.

4. Seat Tray

Kelebihan Wuling Cortez Facelift 2022
Penambahan multipurpose seat tray pada Wuling New Cortez dirancang khusus untuk mendukung segala produktivitas keluarga dan keperluan bisnis.

Perbedaan Wuling Cortez facelift 2022 vs model lama lainnya adalah pada type tertinggi (EX), ada fitur seat tray yang memudahkan penumpang belakang untuk membuka laptop.

Fitur ini dimaksudkan untuk memaksimalkan mobilitas pengguna New Cortez ketika bepergian. Untuk fitur seat tray tidak ada pada Cortez sebelumnya, bahkan di type tertinggi.

Pada Innova, fitur ini ada malainkan lebih ke fungsional untuk makan, lantaran tatakannya yang tiedak selebar pada New Cortez dan terdapat cup holder.

5. Desain Lebih Mewah

kekurangan wuling cortez facelift 2022 001
Ada logo Wuling warna silver di Cortez terbaru menggantikan logo merah

Selanjutnya yang tidak kalah menarik, kelebihan Wuling Cortez facelift 2022 vs model lama ada di desainnya. Mobil ini punya eksterior sedikit berbeda dengan kehadiran logo silver. Kemudian desain velg juga dibuat lebih modern.

Ditambah saat masuk ke Interior Cortez anyar, hadir warna dominan hitam. Plus menggunaan aksen layaknya marmer di beberapa komponen kabin. Semua itu membuatnya tampil semakin mewah.

Demikian ulasan terkait perbedaan Wuling Cortez Facelift 2022 vs model lama. Kiranya konten ini bisa menjadi sumber refrensi kamu dalam menemukan MPV terbaik. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru