Selasa, April 23, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Toyota Agya GR Sport Vs Honda Brio RS, Siapa Paling Kencang?

by Tigor Sihombing
Toyota Agya GR Sport Vs Honda Brio RS

Kali ini Moladin akan melakukan komparasi Toyota Agya GR Sport Vs Honda Brio RS. Sejatinya kedua model city hatchback ini adalah musuh bubuyutan. Di mana Honda Brio dalam beberapa tahun belakangan, selalu menjadi mobil terlaris di pasaran. Sementara Toyota Agya selalu berada jauh di bawahnya,

Untuk menyaingi Honda Brio yang terlalu superior ini, Toyota akhirnya merombak total Agya dengan menghadirkan generasi keduanya dengan banyak ubahan. Baik dari segi desain, fitur dan teknologinya berubah total. Tidak sampai di situ, Toyota juga mengandalkan Agya GR Sport sebagai varian tertinggi untuk melawan Honda Brio RS yang juga adalah varian tertinggi sekaligus tipe unggulan dari Brio.

Sayang untuk penjualan sementara ini, dominasi penjualan Agya GR Sport sebagai varian tertinggi belum terlihat. Penjualan Agya G yang merupakan varian tengah, justru yang paling disukai oleh konsumen Indonesia. Walau memang, ketika dibanding dengan Brio, maka Agya Gen-2 ini juga masih kalah dari hatchback Honda.

Walau demikian, dalam komparasi kali ini, bahasannya tetap Toyota Agya GR Sport vs Honda Brio RS. Untuk lebih jelas mengenai perbandingan kedua mobil ini, tim Youtube Moladin sudah mencobanya. Untuk lebih lengkanya, simak ulasannya di bawah ini.

Agya GR Sport Lebih Agresif di Tanjakan

Toyota Agya GR Sport Vs Honda Brio RS

uji tanjak Toyota Agya GR Sport

Uji pertama yang dilakukan adalah test nanjak antara Toyota Agya GR Sport vs Honda Brio RS. Unit yang digunakan adalah varian CVT. Di mana untuk Toyota Agya GR Sport CVT, harganya Rp 253,5 juta. Sementara Honda Brio RS CVT seharga Rp 233,1 juta.

Berdasarkan data pabrikan, Honda Brio RS mengusung mesin yang sama dengan Brio CVT lainnya. Yaitu 1.199 cc SOHC 4-silinder 16 katup i-VTEC + DBW dengan sistem suplai bahan bakar PGM-Fi. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga maksimum sebesar 90 PS pada 6.000 rpm serta torsi puncak di 110 Nm pada putaran mesin 4.800 rpm.

Baca juga  Bodykit Buatan Lokal untuk Innova Reborn, Keren!

Sedangkan Agya GR Sport pakai mesin baru berkode WA-VE yang serupa dengan Toyota Raize dan Daiahtsu Rocky 1.2 Liter 3-silinder Dual VVT-i yang menghasilkan tenaga 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi 113 Nm pada 4.500 rpm.

Lalu bagaimana dengan performanya saat diajak melewati jalan menanjak di kemiringan 21 derajat? Dengan diisi oleh 5 orang penumpang dengan total berat 454 Kg kurang lebih.

Hasilnya, Toyota Agya GR Sport terasa lebih agresif di tanjakan. Dalam Artian model ini terasa lebih bertenaga di tanjakan. Tenaganya yang besar tersebut, bahkan membuat bannya spin beberapa kali, walau tetap sukses mencengkeram jalan dan menanjak dengan cepat.

Berbeda dengan Honda Brio yang memang tetap bisa menanjak, tapi terasa agak kurang bertenaga, sehingga perlahan untuk bisa sampai puncak. Meski begitu, kelebihan dari mesin Brio yang pakai konfigurasi empat silinder adalah tidak bergetar hebat ketika menanjak. Sementara di Agya GR Sport yang menggunakan mesin tiga silidner, terasa getaran kuat saat di awal mobil berakselerasi.

Toyota Agya GR Sport Lebih Kencang dari Honda Brio

Toyota Agya GR Sport Vs Honda Brio RS

Agya punya kemampuan akslerasi 0-100 km/jam dalam 12,1 detik

Perbandingan berikutnya Toyota Agya GR Sport dan Honda Brio RS adalah soal akselerasi. Kami juga menguji kemampuan berlari kedua city car ini melesat dari posisi diam hingga 100 km/jam.

Hasilnya pada akselerasi Agya GR Sport mencatatan waktu 12,1 detik. Sedangkan Honda Brio sedikit lebih lelet dengan akselerasi 0-100 km/jam 13,2 detik.

Kenapa akselerasi Agya GR Sport terasa lebih kencang saat ini? Hal ini sesuai pernyataan Toyota di mana Agya terbaru mendapat mesin baru yang torsinya memang lebih besar dibanding versi lamanya. Bahkan torsi 113 Nm di Agya ini lebih besar dari Brio yang cuma 100 Nm.

Baca juga  Honda City Vs Toyota Vios, Bagus Mana?

Komparasi Toyota Agya GR Sport VS Honda Brio RS pun berlanjut dengan pengetesan drag race 201 meter. Hasilnya Agya GR Sport tetap unggul dengan catatan waktu 11,8 detik dan Brio RS yang cuma 12,2 detik.

Honda Brio Lebih Boros BBM Dibanding Toyota Agya

Toyota Agya GR Sport Vs Honda Brio RS

Brio dan Agya sama-sama diisi BBM RON 92

Perbandingan antara Toyota Agya GR Sport VS Honda Brio RS berikutnya ada di soal konsumsi BBM. Siapa yang lebih irit?

Tim youtube Moladin sudah mengetesnya dengan metode yang dilakukan cek MID dan full to full menggunakan bahan bakar BP 92. Adapun metode pengujuainnya MID dan pergitungan aktual (full to full). Dilakukan dengan berkendara melewati jarak 100 km kurang lebih, dengan berbagai rute kondisi jalan perkotaan, dengan everage speed 43 km/liter. 


Hasilnya konsumsi BBM rata-rata Toyota Agya GR Sport menghasilkan 26,5 km/liter (aktual) dan 23 km/liter berdasarkan MID. Sedangkan Honda Brio 24,4 km/liter (aktual) dan 22 km/liter (MID).

Honda Brio yang awalnya terkenal irit pun, saat ini dengan kehadiran Toyota Agya terbaru sudah kalah irit. Ini artinya Brio sudah perlu bebenah.

Interior dan Bagasi Agya GR Sport vs Honda Brio RS

Toyota Agya GR Sport Vs Honda Brio RS

Bagasi Agya GR Sport lebih luas dibanding Honda Brio RS

Kelebihan Honda Brio RS dibanding Toyota Agya GR Sport ada di interior. Salah satunya posisi duduk yang rendah, sehingga nyaman untuk berkendara. Sementara Agya posisi duduknya agak tinggi.

Ditambah lagi Honda memberikan Brio RS di interiornya, enam unit speaker. Alhasil ketika mendengarkan musik, terasa lebih istimewa. Beda dengan Agya GR Sport yang cuma punya empat speaker.

Walau demikian, bicara interior lainnya dari Honda Brio RS, hampir tidak ada lagi yang istimewa. Misalnya ukuran head unit kalah besar dari Toyota Agya GR Sport. Lalu hatchback berlogo T sudah dilengkapi paddle shift, wireless charger, hingga panel instrumen TFT. Sementara Brio belum memilikinya.

Baca juga  Replika Toyota GR Supra dari 470 Ribu Lego Muncul di Jepang

Berikutnya perbandingan bagasi antara Toyota Agya GR Sport vs Honda Brio RS. Ternyata lagi-lagi dimendangkan oleh hathcback Toyota, di mana memiliki panjang 62 cm, lebar 100cm, 65 cm, dengan total 403 liter. Sementara Brior RS punya panjang 56 cm, lebar 98 dan tinggi 66 cm, hasilnya kalau dijumlahkan total luasnya cuma 362,2 liter. 

Uji Ketangkasan dan Radius Putar

Toyota Agya GR Sport Vs Honda Brio RS

Toyota Agya GR Sport lebih menyenangkan untuk diajak berkendara

kami juga menguji ketangkasan Agya GR Sport dan Honda Brio RS. Di sirkuit buatan yang proper digunakan slalom. Kedua mobil diuji melewati beberapa rintangan dari cone, kira-kira siapa yang tercepat? Hasilnya adalah Toyota Agya GR Sport memiliki waktu tercepat dengan catatan waktu 23,06 detik, Brio RS 25,67 detik.

Penyebabnya, pabrikan berlogo T memberikan berbagai komponen yang mampu membuat rasa berkendara lebih menyenangkan di Agya GR Sport. Sebut saja penggunaan ban Dunlop SP Sport Maxx ukuran 185/55 R15. Lalu kaki-kaki dan lingkar kemudinya juga mendapat pengaturan khusus. 

Ubahan settingan itu juga menjadikan radius putar Agya GR Sport lebih kecil dibanding Brio RS. Ini menjadikan Agya terbaru lebih nyaman digunakan bermanuver di ruang sempit.

Sementara di Honda Brio RS, tidak ada perbedaan sama sekali dengan Brio Satya. Jadi rasa berkendaranya tidak berbeda sama sekali.

Walau Honda Brio banyak kalah dari komparasi kali ini, tapi yang jelas ini adalah mobil yang masih terlaris di Indonesia. Sementara untuk Agya terbaru masih perlu banyak pembuktian lagi supaya benar-benar bisa diterima pasar.

Demikian ulasan komparasi antara Toyota Agya GR Sport Vs Honda Brio RS. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika