Selasa, April 16, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Konsumsi BBM Toyota Agya Terbaru, Test Drive di Bali!

by Tigor Sihombing
konsumsi BBM Toyota Agya GR Sport

Penasaran dengan konsumsi BBM Toyota Agya terbaru, khususnya varian GR Sport? Saya beruntung menjadi salah satu orang pertama yang mencoba mobil ini di Bali.

Test drive Toyota Agya Gen-2 berlangsung selama tiga hari dari 4-6 April 2023. Walau demikian, saya menguji keiritan BBM mobil 1.200 cc tersebut hanya di hari pertama.

Start dari Bandara I Gusti Ngurah Rai, Agya terbaru langsung saya pacu menuju Museum Puri Lukisan Ubud dengan jarak tempuh kurang lebih sekitar 37,7 kilometer. Setelah itu saya menuju The Aria Restaurant yang jauhnya sekitar 31,4 kilometer. Tidak selesai di sana, kemudian berlanjut ke Kuta dengan jarak 7,7 km.

Total 74 km jarak perjalanan yang kami tempuh di hari pertama. Akumulasi tersebut, sudah cukup untuk saya mengetahui konsumsi BBM Toyota Agya terbaru. Tidak sulit pula untuk mengeceknya, cukup lihat tampilan di panel instrumennya yang sudah mengadopsi layar TFT warna-warni. Penasaran seberapa irit mobil yang pengembangannya melibatkan langsung Toyota Jepang ini?

Sebelumnya, saya akan menggambarkan suasana pengetesan lalu lintas Bali. Kami melakukan test di hari kerja dengan suasana kondisi lalu lintas padat. Utamanya ketika melewati Denpasar, banyak lampu merah yang memaksa saya terus berkendara dalam kondisi stop and go.

Baca juga  Honda WR-V vs Toyota Raize vs Kia Sonet, Mana yang Terbaik?

Lalu lintas yang benar-benar lancar kami dapati cuma sekitar 10 km sebelum Ubud. Selain itu saya juga banyak menemukan kondisi jalan menanjak, ada juga beberapa titik jalan aspal rusak berbatu. Artinya dalam pengetasan ini, saya benar-benar membawa Agya GR Sport ke habitat aslinya perkotaan, dengan dominasi jalan padat kendaraan.

Untuk mobil yang kami gunakan adalah Agya GR Sport terbaru, diisi 4 penumpang dewasa beserta barang bawaannya masing-masing. Adapun total berat penumpang ditambah barang bawaannya, estimasi 380 kg.

Agya GR Sport Lebih Asik Diajak Ngebut

konsumsi bbm toyota agya terbaru

Konsumsi BBM Agya Gen-2 saat berkendara di Bali

Adapun hasil konsumsi BBM Toyota Agya terbaru yang kami dapat adalah 9,2 km/liter dengan bensin Pertamax atau RON 92. Ingat, dalam pengetesan ini saya tidak memanjakan mobil, dalam artian kondisi AC paling dingin, dan tidak pernah dimatikan selama berkendara.

Serta mobil juga beberapa kali digunakan oleh wartawan lain yang satu mobil bersama saya. Beberapa dari mereka juga menginjak pedal gas Agya GR Sport dalam-dalam, hingga melaju 80 km/jam ketika kondisi lalu lintas memungkinkan.

Maklum, unit yang saya kendarai adalah Toyota Agya GR Sport. Jadi memang kaki sepertinya lebih nyaman untuk gas pol. Special tunning dari pabrikan berlogo T untuk setir, suspensi, dan ban mobil, benar-benar menjadikan Agya terbaru istimewa. Seperti ada rasa mubazir, kalau saya tidak menginjak pedal gasnya lebih dalam saat berkendara.

Baca juga  Toyota Camry Nightshade 2023, Mewah Sporty

Apalagi spesifikasi mobil tersebut memang mumpuni. Setirnya untuk varian GR Sport dibuat lebih direct, sehingga asik sekali bermanuver. Kemudian suspensinya juga dibuat lebih kaku, sehingga mobil terasa sangat stabil. Ditambah lagi ban Dunlop SP Sport Maxx ukuran 185/55 R15 yang ada di kaki-kakinya, menjadikan cengkeraman ke aspal benar-benar mantap. Artinya dalam pengetesan konsumsi BBM Toyota Agya terbaru kali ini, mobil diajak berkendara dalam keadaan apa adanya, bukan di mode eco.

Walau begitu, bukan berarti Agya GR Sport yang pakai mesin 1.200 cc tiga silinder ini tidak bisa dibuat irit BBM. Saat kondisi kebanyakan lengang misalnya, saya bahkan berhasil mendapat capaian konsumsi BBM Toyota Agya terbaru 12,3 km/liter.

Klaim Konsumsi BBM Toyota Agya Gen-2

konsumsi BBM Toyota Agya terbaru

Toyota Agya GR Sport lebih asik diajak ngebut

Sementara itu berapa klaim konsumsi BBM Agya terbaru dari Toyota? Pabrikan berlogo T mengatakan bahwa mobil mungilnya bisa menghemat bensin hingga 21 km/liter. Hal tersebut dimungkinkan lewat penggunaan mesin dan transmisi anyar.

Baca juga  Viral Pengemudi Avanza Pakai Roof Box Ditilang, Ini Aturannya!

Agya GR Sport berdiri di atas Toyota New Global Architecture (TNGA) yang memberikan ruang untuk penggunaan mesin baru. Kini kembaran Daihatsu Ayla tersebut pakai mesin berkode WA-VE dengan kapasitas 1.200 cc 3-silinder dengan teknologi Dual VVT-i. Di atas kertas bisa melontarkan tenaga 88 PS dan torsi 113 Nm.

Kehadiran mesin baru itu diklaim bisa memberikan performa lebih mantap di putaran mesin rendah. Tidak ketinggalan, mesin Agya Gen-2 juga diklaim lebih irit BBM.

Apalagi ditambah dengan penggunaan transmisi CVT terbaru yang dikembangkan dengan fixed gear ratio, sehingga mampu menghasilkan akselerasi yang lebih cepat dan linear. Hadir pula teknologi Active D Control yang bekerja lebih hening pada kondisi normal dan menjaga efisiensi bahan bakar.

Tentunya kalau mau mencapai klaim Toyota bahwa konsumsi BBM Agya Gen-2 irit hingga 21 km/liter, mode berkendara eco atau eco driving harus diterapkan. Plus kondisi jalan juga harus mendukung, jangan sampai terus menerus terjebak kemacetan.

Demikian ulasan soal konsumsi BBM Toyota Agya terbaru, khususnya varian GR Sport di Bali. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika