Sabtu, Juni 15, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Pertamax Vs Shell Super Vs BP 92, Uji Irit dan Dyno Test!

by Firdaus Ali
harga bbm bulan april 2024

Sama-sama pakai RON 92, apakah kualitas Pertamax vs Shell Super vs BP 92 setara? Bensin mana yang paling bisa membuat mobil lebih irit? Bensin mana yang dapat menjadikan akselerasi mobil semakin cepat? Dalam komparasi kali ini, kami akan membahasnya secara lengkap.

Uniknya lagi, meski semuanya diklaim menggunakan RON 92, tapi harga ketiga BBM tersebut berbeda. Saat ini Pertamax dijual Rp 13.900 per liter, Shell Super Rp 14.180 per liter dan BP 92 di harga Rp 14.150 per liter. Di antara ketiganya, harga Pertamax paling murah dan Shell Super yang paling mahal.

Dengan banderol paling tinggi, apakah Shell Super akan menjadi juara dalam pengujian ini? Ataukah Pertamax dengan harga yang paling murah yang akan jadi pemenang?

Totalnya ada dua pengujian yang kami lakukan terkait komparasi Pertamax vs Shell Super vs BP 92: BBM Paling irit dan BBM Paling bertenaga. Sementara mobil yang digunakan selama tes BBM ini adalah tiga Mitsubishi Xpander. Berikut ulasan lengkapnya:

Shell Super Terbukti Bikin Mobil Lebih Irit BBM Dibanding Pertamax, BP 92 Hasilnya Lumayan

Komparasi BBM Pertamax vs Shell Super vs BP 92 - uji irit

Dengan 10 liter bensin Shell Super bisa membuat mobil Xpander melaju 178 Km

Tahap pengujian awal Pertamax vs Shell Super vs BP 92 adalah soal BBM paling irit. Pengujian ini diawali dengan menguras tangki dari ketiga mobil. Kemudian masing-masing mobil diisi dengan BBM yang berbeda dengan volume masing-masing 10 liter. Kemudian mobil akan diajak berkendara dan yang mati lebih dulu berarti kalah atau paling boros. Sementara yang mati lebih lama adalah yang paling irit.

Baca juga  Daftar Mobil yang Bisa Pakai Pertalite, Wajib Tahu!

Kalau ada yang bertanya, kenapa BBM Vivo Revvo 92 tidak diikutsertakan? Kami sudah berniat, tapi sayangnya SPBU Vivo tidak mengizinkan pembelian bensin dengan jeriken. Padahal ini penting buat kami, utamanya dalam memastikan BBM yang masuk ke Mitsubishi Xpander benar-benar tepat 10 liter.

Walau sudah diisi dengan jumlah bensin serupa, tapi yang menarik ketika mesin aktif, informasi dari MID menunjukan angka jarak tempuh yang berbeda-beda. Untuk Pertamax 70 km, Shell Super 60 km dan BP 92 90 km.

Selanjutnya kami menyamakan bobot dari masing-masing mobil serta tekanan ban. Selain itu, kecepatan dari ketiga mobil tersebut juga tidak boleh lebih dari 90 km/jam, AC depan dan belakang menyala, serta putaran mesin tidak boleh di atas angka 2.000 rpm. Untuk rute pengujiannya, kami berkeliling jalanan dalam kota dan selanjutnya melaju di jalan tol beriringan, hingga mesin mobil benar-benar mati akibat kehabisan bensin di jalan.

Hasil yang kami peroleh, Shell Super sukses menjadi BBM paling irit di komparasi kali ini mengalahkan Pertamax dan BP 92. Di mana dengan 10 liter bensin, bensin RON 92 dari Shell bisa melaju hingga 178 Km. Dengan kata lain, konsumsi BBM rata-rata Xpander yang menggunakan Shell Super adalah 17,8 Km/liter. 

Baca juga  3 Kelebihan Pertalite Dibanding Pertamax Turbo, Pilih yang Murah?

Lalu untuk peringkat kedua ada BBM BP 92 yang bisa membuat Xpander melaju hingga 173,1 Km. Artinya konsumsi bahan bakar rata-ratanya 17,3 Km/liter. Sementara untuk BBM paling boros adalah Pertamax dengan catatan jarak tempuh cuma 161 Km atau konsumsi bahan bakar rata-rata 16,1 km/liter.

Shell Super Vs Pertamax Bersaing Ketat di Uji Drag Race, BP 92 Posisi Terakhir 

Komparasi BBM Pertamax vs Shell Super vs BP 92 - dyno test

Bensin Pertamax bisa membuat mobil Xpander melaju 0-201 Km hanya dalam waktu 12,4 detik

Komparasi BBM RON 92 antara Pertamax vs Shell Super vs BP 92 berlanjut ke pencarian BBM paling bertenaga atau yang mampu membuat mobil bisa berakselerasi cepat. Pengujiannya sendiri dilakukan dengan cara drag race 201 meter, namun menggunakan dyno test.

Hasilnya Mitsubishi Xpander dengan BBM Shell Super lagi-lagi ungul, mencatat waktu 12,3 detik akselerasi. Sementara posisi kedua ada Pertamax dengan catatan waktu yang cuma beda 0,1 detik yaitu 12,4 detik. Lalu untuk BP 92, membutuhkan 12,8 detik untuk melaju 201 meter.

Baca juga  5 Jenis Oktan Bensin Pertamina, Ada Pertamax Green Bioetanol!

Moladiners, itulah ulasan mengenai rivalitas BBM dengan kandungan RON 92 antara Pertamax vs Shell Super vs BP 92 dengan menggunakan mobil Mitsubishi Xpander. Ternyata bensin Shell yang paling superior diantara kedua kompetitornya. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika