Friday, December 9, 2022
Banner

Vivo Revvo 89 Vs Pertalite Vs Pertamax, Uji Irit dan Dyno!

by Baghendra Lodra
vivo revvo 89 vs pertalite vs pertamax 001

Komparasi kali ini melibatkan tiga bensin: Vivo Revvo 89 Vs Pertalite Vs Pertamax. Pengujian yang tim Moladin lakukan yaitu mencari BBM paling irit dan boros dengan cara test drive, serta paling bertenaga lewat test dyno.

Tes yang kami lakukan tidaklah membuktikan bahwa kini Pertalite lebih boros dibandingkan sebelum ada kenaikan harga. Di sini kami cuma menguji secara praktis, terkait penggunaan BBM yang berbeda bisa berefek ke konsumsi bahan bakar, hingga meningkatnya performa mesin.

Selama pengujian, kami menggunakan tiga mobil Hyundai Stargazer dengan spesifikasi serupa untuk pengujian. Tiap mobil diisi dengan BBM berbeda, lalu dites berbarengan. Bagaimana hasilnya untuk uji irit?

Ternyata komparasi Vivo Revvo 89 Vs Pertalite Vs Pertamax membuktikan, BBM Vivo dengan research octane number (RON) terkecil yaitu 89 bisa lebih irit dari Pertalite dengan RON 90. Dari panel instrumen atau MID Stargazer terlihat, Vivo Revvo 89 memiliki konsumsi BBM 19,4 Km/liter. Bandingkan dengan Pertalite yang lebih boros, cuma bisa menghemat 18,2 Km/liter.

Kemudian bagaimana konsumsi BBM dari Pertamax dalam pengujian ini? Apakah Vivo Revvo 89 juga bisa unggul dalam tes dyno yang tim Moladin lakukan? Berikut bahasan lengkapnya:

Baca juga  8 Cara Hemat BBM Mobil yang Paling Mudah Dilakukan!

Lebih Irit Vivo Revvo 89 dari Pertamax 92

vivo revvo 89 vs pertalite vs pertamax - kuras tangki bensin stargazer

Proses kuras tangki Hyundai Stargazer dalam komparasi BBM Tim Moladin

Pengujian yang pertama adalah siapa paling irit antara Vivo Revvo 89 Vs Pertalite Vs Pertamax? Kami lakukan tes ini dengan membawa tiga Hyundai Stargazer yang dikemudikan Fikri, Michael, dan Tigor.

Sebelum itu, mobil LMPV pabrikan H miring dikuras tangkinya. Kemudian masing-masing diisi bensin 10 liter. Stargazer yang dikemudikan Fikri menggunakan Pertalite, Michael pakai Pertamax 92, dan Tigor pakai Vivo Revvo 89.

Setiap kendaraan menggaplikasikan mode ECO dan dinginnya AC diatur paling rendah. Tekanan angin ban mobil juga diatur ulang supaya mengikuti standar pabrikan. Kemudian kecepatan maksimal berusaha selalu di bawah 90 Km/jam dengan putaran mesin di bawah 2.000 rpm.

Ketiga Stargazer tersebut kemudian melaju kebanyakan di jalan tol, hingga akhirnya mobil mati sampai kehabisan BBM. Alhasil diperoleh jawaban, BBM Vivo 89 paling irit dibanding Pertalite 90 dan Pertamax 92. Setidaknya itulah hasil dari panel instrumen mobil Hyundai Stargazer.

Catatannya adalah mobil Tigor yang pakai Vivo Revvo 89 bisa membukukan angka irit 19,4 Km/liter dan mampu melaju sejauh 176,5 Km. Kemudian peringkat dua ada mobil Michael dengan Pertamax 92, mampu menghemat BBM hingga 19 Km/liter dan melaju 168,7 Km. Di peringkat terkahir adalah mobil Fikri yang pakai Pertalite 90 alias paling boros, konsumsi BBM rata-ratanya cuma 18,2 Km/liter dan melaju 167,4 Km.

Baca juga  Pertamax Vs Shell Super Vs BP 92, Uji Irit dan Dyno Test!

Dengan kata lain, BBM Vivo yang memiliki RON paling kecil alias cuma 89 bisa lebih irit dari para kompetitornya dengan RON lebih besar. Sementara Pertalite jadi BBM paling boros dalam pengujian kami kali ini.

Hasil Test Dyno: Pertalite Kalah Dari Vivo Revvo 89

vivo revvo 89 vs pertalite vs pertamax - dyno test

Tiga Hyundai Stargazer kami dyno test untuk pengujian komparasi vivo revvo 89 vs pertalite vs pertamax

Komparasi Vivo Revvo 89 Vs Pertalite Vs Pertamax selanjutnya adalah test dyno. Buat yang belum tahu, dyno merupakan alat untuk mengetahui performa sebuah kendaraan dilihat dari putaran roda.

Nah Dyno kali ini dilakukan di Bening Motor Jl. Caman, Jatibening, Bekasi. Ternyata Stargazer Michael yang pakai Pertamax RON 92 paling bertenaga dengan 83,9 hp. Kemudian mobil Tigor dengan Vivo Revvo 89 berada di peringkat dua, lantaran mammpu mengeluarkan tenaga 81,5 hp. Sementara mobil Fikri dengan Pertalite 90 cuma bisa melontarkan 81,3 hp.

Tenaga hasil tes dyno memang pasti lebih kecil dari klaim pabrikan. Sebagai informasi, dyno menampilkan catatan wheel horsepower yang umumnya ada defisit 25 persen dibanding tenaga dari mesin langsung. Kalau klaim pabrikan, mesin Stargazer bisa melontarkan 115 hp.

vivo revvo 89 vs pertalite vs pertamax - test dyno

Hasil Dyno untuk Vivo Revvo 89, Pertalite 90, dan Pertamax 92

Itulah tadi bahasan soal komparasi Vivo Revvo 89 Vs Pertalite Vs Pertamax. Ternyata BBM Vivo yang pakai RON paling rendah yaitu cuma 89 bisa mengungguli kompetitornya dengan angka RON lebih besar.

Baca juga  Harga Bensin BP 95 Ultimate Active Sama Dengan Shell, Lebih Bagus?

Harga Vivo Revvo 89 saat ini Rp 11.600 per liter. Buat yang tertarik beli, SPBU Vivo tersebar di beberapa daerah umumnya masih sekitara Jabodetabek. Hanya saja memang untuk jenis bensin Revvo 89 ini agak sulit ditemui.

Kemudian untuk harga Pertalite dengan RON 90 adalah Rp 10.000 per liter. Sementara Pertamax pakai RON 92 dijual Rp 13.900 per liter.

Setelah mengatahui komparasi tiga BBM tersebut, mana kira-kira bensin yang mau kamu pakai untuk mobil pribadi? Vivo Revvo 89, Pertalite 90, atau Pertamax 92? Saran kami sebaiknya gunakan BBM sesuai dengan saran pabrikan. Kalau untuk Hyundai Stargazer misalnya minimal RON 91.

Buat yang mau tahu informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika