Duo Naked Sport 250 cc, KTM New Duke 250 VS Yamaha MT25, Pilih Mana?

Haloo sobat Moladiners! Yuk ngobrolin motor naked sport 250 cc. Pilihannya ada New KTM Duke 250 dan Yamaha MT25, dua-duanya nyaman untuk digunakan harian lho. Hal ini dikarenakan stang motor yang tinggi membuat posisi duduk pengendara lebih rileks dibanding dengan motor sport fairing. Kita kupas bareng-bareng yuk impresi kedua motor sport naked dibawah ini. Sikat, sob!

1. Desain Murni Naked Sport 250 cc

NEW KTM DUKE 250

Pertama kita bahas dulu KTM Duke 250, naked sport ini memiliki garis bodi khas motor Eropa dan makin tajam ke belakang. Lampu depannya menonjol dengan disematkan Daytime Running Light (DRL). Posisi knalpotnya juga tidak lagi terletak di bawah bodi, sekarang ada di samping kanan ban belakang seperti pada umumnya motor masa kini, sob.

Dengan rangka terekspos milik KTM Duke 250, kesan gahar sebuah naked sport makin jelas terlihat di motor satu ini, sob. Jika dibandingkan dengan MT25 yang tertutup bodi, rasanya agak kurang sesuai dengan aliran yang dianutnya. Namun Yamaha MT-25 ini akan lebih kece setidaknya jika dipasang aksesoris tambahan maupun decal yang senada.

Yamaha MT25 sendiri desainnya cukup kekar, bisa kalian lihat dari cover tangki bensinnya yang berlekuk dan mampu memuat 14 liter. Terlihat kokoh dengan balutan ban gendut berukuran 110/70-17 dan 140/70-17. Motor besutan Yamaha ini bobot totalnya 165 Kg dan tersedia dalam tiga warna yaitu, biru, hitam, dan abu-abu.

2. Mesin Yang Berbeda Karakter

YAMAHA MT 25
Dibekali Mesin 2 Silinder, MT-25 Memiliki Topspeed Lebih Tinggi Dari Pada Duke 250

KTM Duke 250 menggunakan konfigurasi satu silinder, yang bikin torsinya jauh lebih melimpah dibanding MT-25. Torsi puncak yang dimiliki Duke ini berkisar 24Nm pada 7.500 rpm dan tenaga maksimalnya ada di 30 PS di rentang 9.000 rpm. Motor oranye ini memiliki transmisi manual dengan enam percepatan dan mampu melaju dengan topspeed 152 Km/jam.

Yamaha MT25 mampu mengeluarkan tenaga sampai 36 PS pada 12.000 rpm dengan torsi puncaknya 22,6 Nm. Motor ini memiliki dua silinder dan juga memiliki enam percepatan, sob. Naked sport ini mengusung mesin injeksi langsung dengan sistem manual. Topspeed yang bisa dikail dari motor pabrikan garputala ini adalah 170 km/jam.

3. Fitur Pendukung

speedometer mt 25
Speedometer Analog Digital Milik Yamaha MT-25

New Duke 250 satu-satunya yang sudah memiliki Slipper Clutch dan menggunakan suspensi model upside down berdiamater 43 mm, sehingga lebih stabil saat diajak bermanuver dalam kecepatan tinggi. Nggak seperti MT-25 yang masih menggunakan suspensi teleskopik berdiameter 41 mm, model ini juga cukup bisa diandalkan untuk melakukan manuver meskipun nggak se-impresif milik Duke. MT series ini juga sudah dilengkapi dengan panel instrumen kombinasi antara analog dan digital. 

4. Riding Position dan Handling

naked sport 250 head lamp
Dimensi Stang Lebar Mempengaruhi Handling agar Lebih Leluasa

Duke 250 terbaru ini memiliki jok paling tinggi diantara keduanya, yakni 800 mm. Sedangkan MT-25 tinggi jok-nya 780 mm, 20 mm lebih pendek yang bakal memudahkan bikers yang bertubuh agak semampai. Efeknya tentu saja MT25 terasa lebih pas untuk kaki menjejak ke tanah bagi orang Indonesia dengan postur yang tidak terlalu tinggi.

Posisi duduknya bisa dibilang mirip lantaran posisi setangnya juga sama-sama tinggi dan lebar, sehingga badan akan lebih terbuka, sob.

Untuk handling, bobot total KTM Duke 250 lebih enteng yang bikin bawaannya juga lebih lincah dibanding MT25. Tapi, dengan suspensi teleskopik kepunyaan MT25, feel berkendara santai jadi lebih nyaman namun kurang memuaskan saat Hi-speed. 

5. Dari Sisi Harga

Yamaha MT 250 cc ini dibanderol dengan harga kisaran Rp. 48 jutaan sedangkan KTM New Duke 250 ada di kisaran Rp. 52 jutaan. Untuk harga spare parts memang Yamaha MT25 sedikit lebih unggul, karena sparepart-nya lebih mudah ditemukan di Indonesia dan harganya tidak terlalu mahal. Adapun KTM Duke 250 sparepart-nya jarang ditemukan, ada yang harus impor dulu dan biaya impor inilah yang bikin harga part-nya lebih mahal.

New KTM Duke 250

*harga cicilan motor terendah

YAMAHA MT-25

*harga di bawah adalah DP motor

Nah, sudah pada tahu kan keunggulan masing-masing dari komparasi naked sport 250 cc diatas antara KTM New Duke 250 vs Yamaha MT25. Jadinya kalian pilih yang mana, sob?

Baca juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *