by

Konsumsi BBM Daihatsu Rocky, Versi 1.200 cc Paling Irit

Banyak yang penasaran soal konsumsi BBM Daihatsu Rocky yang dijual di Indonesia. Salah satu penyebabnya, karena SUV ringkas dari pabrikan berlogo D tersebut menggunakan kubikasi mesin kecil.

Di Tanah Air, pilihannya ada Rocky 1.0 liter turbo dan 1.2 liter. Keudanya pakai konfigurasi tiga silinder. Biasanya mobil bermesin kecil, pasti irit konsumsi BBM. Apakah benar demikian?

Pihak pabrikan berlogo D sebelum meluncurkan produk seperti Rocky, lebih dulu melakukan berbagai pengujian. Termasuk di dalamnya adalah uji irit.

Cara pengujiannya tidaklah main-main. Daihatsu Rocky dijajal melewati 24 ragam jalan yang ada di Indonesia, hal ini dilakukan di fasilitas R&D milik Daihatsu.

Kemudian kembaran Toyota Raize juga dibawa jalan berkeliling Pulau Jawa. Dari hasil pengujian tersebut, diperolehlah konsumsi BBM Daihatsu Rocky untuk varian 1.0 liter atau 1.000 cc turbo sekitar 17-18 Km/liter.

Rocky 1.2 Liter Sangat Irit BBM

konsumsi bbm daihatsu rocky 1.2 liter
Mesin Rocky 1.200 cc punya konsumsi BBM yang mirip LCGC

Lalu bagaimana dengan konsumsi BBM Daihatsu Rocky 1.2 liter? Marketing Product Planning & Service Parts Division Head PT Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosjadi mengatakan bahwa varian ini punya kemampuan mengirit bensin yang lebih baik dibanding versi 1.0 liter turbo.

Baca juga  Test Drive Xpander Cross di Bali: Tidak Limbung! (Bag.1)

Daihatsu mengklaim Rocky dengan mesin 1.200 cc bisa menghemat BBM hingga 18-19 Km/liter. Catatan yang istimewa untuk mobil SUV ringkas, bahkan setara dengan mobil-mobil LCGC.

“Efisiensi bahan bakar dari Rocky 1.2 Liter ini terbaik di kelasnya dan kami sudah melakukan pengujian dengan perjalanan di kondisi jalan Indonesia. Di mana pencapaian Rocky 1.2 ini bisa mencapai 18 hingga 19 Km/liter,” kata Anjar saat sesi peluncuran Rocky 1.200 cc secara virtual pada Kamis (17/6/2021).

Apa yang membuat konsumsi BBM Daihatsu Rocky, baik 1.0 liter turbo dan 1.2 liter begitu irit? Selain kapasitas mesin yang kecil, bobot mesin mobil ini juga ringan karena pakai konfigurasi tiga silinder.

Bobot mesin tiga silinder setidaknya lebih ringan, dibanding mesin-mesin empat silinder. Sebagaimana kita ketahui semakin berat bobot mobil, maka semakin besar pula beban mesin untuk menggerakkannya dan semakin boros konsumsi BBM.

Selain itu yang menarik dari Rocky, memiliki transmisi D-CVT atau Dual Mode CVT. “Dengan Dual Mode CVT, Daihatsu telah berhasil mengembangkan teknologi pertama di dunia yang menggabungkan penggerak sabuk dan penggerak roda gigi,” seperti dikutip dari rilis resmi Astra Daihatsu Motor, beberapa waktu lalu.

Baca juga  Isuzu MU-X Terbaru Meluncur, Fortuner & Pajero Waspada!

Transmisi D-CVT ini diklaim mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar dibanding CVT konvensional. Di sisi lain, respons akselerasinya juga lebih baik.

Performa Mesin Tiga Silinder Daihatsu Rocky 1.0 Liter Turbo dan 1.2 Liter?

konsumsi bbm daihatsu rocky 1.0 liter
Mesin tiga silinder milik Rocky lebih bertenaga dibanding milik Sigra yang pakai empat silinder

Bicara konsumsi BBM Daihatsu Rocky, jawabannya sudah jelas. Mobil SUV ringkas kembarang Toyota Raize itu benar-benar irit, baik yang bermesin 1.000 cc turbo dan 1.200 cc. Lalu bagaimana dengan performanya?

Salah satu yang kerap diragukan konsumen adalah getaran dari mesin tiga silinder. Walau demikian pabrikan berlogo D mengklaim sudah melakukan pengembangan, sehingga tidak lagi terasa getaran yang mengganggu.

“Mesin tiga silinder katanya getar dan gak nyaman? Enggak juga, ini lebih baik dan lebih halus, karena kita sudah kembangkan. Sehingga getaran engine-nya lebih minim,” kata Anjar.

Bukan cuma itu, Anjar juga mengatakan bahwa secara performa mesin tiga silinder milik Daihatsu bahkan lebih baik dari versi empat silinder. Ambil contoh mesin 1.200 cc Rocky dengan 1.200 cc milik Sigra.

Kalau melihat spesifikasinya mesin Sigra pakai konfigurasi empat silinder dengan kode 3NR-VE. Meski demikian, torsi yang bisa dihasilkan cuma 108 Nm pada 4.200 rpm dan tenaga 88 PS pada 6.000 rpm.

Baca juga  Citroen C5 X, Mobil Flagship Baru Pabrikan Prancis

Sementara Daihatsu Rocky dengan mesin berkode WA-VE yang menggunakan tiga silinder, mampu melontarkan torsi 113 Nm pada 4.500 rpm dan tenaga maksimal 88 PS pada 6.000 rpm.

“Ini bentuk pengembangan dari Daihatsu terkait pengembangan mesin tiga silinder. Secara bobot Daihatsu 1.2 liter ini jauh lebih ringan, dan ini sudah dilakukan perbaikan dan pengembangan sehingga secara performance lebih baik,” jelas Anjar.

Usai mengetahui soal konsumsi BBM Daihatsu Sigra beserta kemampuan performa mesinnya, apakah kamu tertarik meminang SUV ringkas ini? Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru