by

Menakar Konsumsi BBM Innova dan Tips Supaya Irit

Peminat medium MPV, andalan Toyota yakni Kijang Innova masih cukup besar di Indonesia. Seiring dengan itu, banyak pertanyaan terkait dengan konsumsi BBM Innova.

Pertanyaan itu bukan tanpa alasan, mengingat banyak konsumen yang mempertimbangkan konsumsi BBM. Sebelum memutuskan membeli mobil baru.

Diluar konsumsi BBM, Innova punya performa mesin yang sangat baik. Didukung dengan perawatan mudah dan juga ketersediaan suku cadang yang berlimpah.

Keunggulan Toyota Kijang Innova juga memiliki kabin yang lapang, sejak diluncurkan di tahun 2004 hingga saat ini. Kijang Innova terbaru saat ini ditawarkan dengan banderol mulai dari Rp 337,6 juta.

Di atas kertas, Toyota Kijang Innova ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yakni mesin bensin berkode 1TR-FE dengan kapasitas 1.998 cc, 4 silinder segaris, DOHC dengan dual VVT-i. Tersedia juga mesin diesel 2GD-FTV berkapasitas 2.393 cc, 4 silinder segaris, DOHC dengan VNT intercooler.

Kedua mesin itu memiliki konsumsi bahan bakar yang berbeda-beda. Penasaran ingin tahu seperti apa konsumsi BBM Innova? Simak ulasan ini sampai habis:

Menakar Konsumsi BBM Innova Bensin dan Diesel

Konsumsi  BBM Innova Reborn
Dari hasil pengujian, konsumsi BBM Innova diesel cenderung lebih irit

Mengacu dari sejumlah sumber dan hasil pengujian redaksi Moladin. Konsumsi BBM Innova varian bermesin bensin cenderung lebih boros, ketimbang varian bermesin diesel.

Konsumsi BBM Innova bermesin bensin yang mengandalkan mesin 2.0 liter 4 silinder itu menghasilkan konsumsi BBM sebesar 11,6 km/liter. Adapun pengujian ini dilakukan pada Toyota Kijang Innova dengan transmisi manual.

Baca juga  Ini Manfaat Program Safe December yang Dirilis Toyota

Berdasarkan informasi yang kami himpun, pengujian itu dilakukan dijalur bebas hambatan dan dipacu pada kecepatan rata-rata 62 km/jam. Saat pengujian, menggunakan bahan bakar Pertalite dengan RON 90.

Jadi untuk konsumsi BBM Innova bermesin bensin dengan transmisi matik. Kemungkinan konsumsi bahan bakarnya lebih boros. Angka 10 Km/liter sudah baik.

Lalu bagaimana dengan konsumsi BBM Innova diesel? Dari hasil pengujian kami, yang kala itu melakukan pengujian dengan rute Jakarta-Yogyakarta-Surabaya-Malang-Jakarta. Konsumsi BBM Toyota Kijang Innova diesel sangat efisien.

Kalau untuk penggunaan di jalan perkotaan, konsumsi BBM Innova diesel sebesar 14,2 km/liter. Dengan kondisi jalan yang beragam, mulai dari kemacetan, dan lainnya.

Saat dipacu di jalan bebas hambatan, yaitu jalan tol konsumsi BBM Innova diesel sebesar 20,2 km/liter, lho! Dengan catatan, kala itu kami menggunakan bahan bakar Dexlite.

Tak hanya itu, konsumsi BBM yang diraih oleh Kijang Innova Diesel tersebut dipacu dengan kecepatan rata-rata 80 km/jam. Selain didukung konsumsi BBM yang efisien, performa yang ditawarkan pun begitu menyenangkan.

Torsi mesin diesel Toyota Kijang Innova rasanya tak ada habisnya ketika dipacu dalam kecepatan hingga 160 kpj. Menariknya lagi, penggunaan sasis ladder frame pun dirasa sangat stabil.

Sebagai gambaran, konsumsi bahan bakar Toyota Kijang Innova yang efisien tersebut dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Mulai dari penggunaan bahan bakar, gaya berkendara, serta beban muatan yang dibawa dan kondisi lalu lintas.

Baca juga  Mobil Baru Toyota 2020: Avanza Crossover atau Raize?

Kala proses pengujian Toyota Kijang Innova yang kami lakukan, diisi oleh 3 orang penumpang. Dengan barang bawaan yang cukup banyak.

Nah, buat kalian yang ingin tahu trik konsumsi BBM Innova diesel biar efisien. Berikut ini kami akan memberikan tips simpelnya.

Cara Menghemat Konsumsi BBM Toyota Kijang Innova

beli toyota innova bekas
Mesin bensin Toyota Kijang Innova

Untuk menghasilkan konsumsi BBM yang efisien, sejatinya ada tips yang bisa kalian terapkan supaya mobil keluarga andalan Toyota itu bisa hemat bahan bakar. Setidaknya ada 2 cara agar konsumsi BBM Innova jadi lebih irit:

1. Atur Perpindahan Gigi Dengan Tepat

Transmisi matik Toyota Kijang Innova
Transmisi matik Toyota Kijang Innova

Salah satu cara yang bisa kalian lakukan agar konsumsi BBM Innova lebih efisien adalah menggunakan pelumas yang tepat. Menurut keterangan para pengguna Innova, khususnya yang generasi awal sebelum masa Euro 2 dan juga menggunakan mesin yang VVT-I mengeluhkan konsumsi BBM boros.

Borosnya konsumsi BBM Innova ditenggarai oleh putaran mesin atau Rpm. Kalau kalian menggunakan Innova bensin dengan transmisi manual, sebaiknya mengontrol perpindahan gigi dengan cermat.

Proses perpindahan transmisi pada putaran mesin yang terlalu tinggi akan membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih boros. Untuk itu sebaiknya lakukan perpindahan gigi pada putaran mesin dengan torsi paling tinggi.

Baca juga  Prediksi 11 Mobil Terbaru Tahun 2021 di Indonesia

Buat kalian yang belum mengetahui, bisa membaca pada grafik torsi. Setiap mobil biasanya memiliki karakter yang berbeda-beda.

Namun hal ini berbeda jika kalian menggunakan Toyota Kijang Innova bensin dengan transmisi otomatis. Biar lebih hemat, sebaiknya injak pedal gas secara perlahan atau mengurut gas dengan tepat.

Setidaknya step ini bisa membuat bahan bakar jadi lebih ekonomis. Dengan mengurut gas dengan tepat, putaran mesin biasanya akan membuat konsumsi BBM lebih efisien.

2. Lakukan Perawatan Secara Berkala

Perawatan Toyota Kijang Innova di Auto2000
Perawatan Toyota Kijang Innova di Auto2000

Poin penting untuk membuat konsumsi BBM Innova lebih efisien ialah dengan melakukan perawatan mesin secara berkala. Mengutip dari laman Auto2000, penggantian busi non standar jadi salah satu cara untuk membuat konsumsi BBM Kijang Innova lebih irit, untuk mesin TR-FE (1 & 2TR-FE).

Tak sebatas itu saja, penggantian ground cables pun dianjurkan agar dapat menghasilkan konsumsi BBM lebih irit. Penggantian perangkat itu dapat membantu untuk mensinkronkan gerakkan pada pedal gas dan Throttle mesin.

Hal ini membuat pengemudi menjadi lebih mudah dalam menentukan derajat pada tekanan pedal gas. Semoga informasi mengenai konsumsi BBM Innova ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Baca juga:

Terbaru