KTM RC 200, Motor Eropa Bernuansa Sporti dan Racing

Moladin – Siapa yang gak tahu KTM RC 200? Pastinya Moladiners sudah mengenal motor sport Eropa yang satu ini. Bawa desain sporti dan kental dengan nuansa racing. Motor ini bisa jadi salah satu pilihan buat Menuhin garasi rumah.

Motor ini bawa performa yang lebih besar dibanding Yamaha R15, Honda CBR 150R ataupun Suzuki GSX-R150. Membawa mesin 200cc, motor ini pastinya bisa pacu andrenalin pengendaranya saat berada di jalanan.

Gak perlu khawatir soal harganya, KTM RC 200 terbilang masih ramah di kantong meski boleh dibilang lebih mahal dari motor sport 150cc yang lebih familiar di Indonesia. Tapi harganya sebanding dengan fitur juga performa yang ditawarkan, yakni Rp 43.500.000 Juta OTR Jakarta. Penasarankan dengan detail motor yang satu ini? Yuk kita bedah!

 

KTM RC 200 Bawa Desain Motor Eropa

Berbicara soal desain, KTM RC 200 memang bergaya motor sport Eropa. Beda halnya dengan motor sport 150cc yang sliweran di jalanan Ibukota. Bentuk fairing lancip dan dirancang khusus agar aerodinamis. Fairing depan lancip, mirip dengan paruh bebek.

KTM RC 200 1Headlamp menggunakan lampu LED | Foto: Moladin

Motor ini sudah dilengkapi dengan lampu LED untuk bagian headlamp dan stoplampnya. Desain lampu yang modern bikin aura sporti dari KTM RC 200 makin keluar. Tampilannya makin sport berkat jok belakang yang terlihat menyatu dengan bodi motor, KTM menamai bagian ini Pilion Ride Seat.

Nah karena bawa DNA Eropa, maka aerodinamikanya sangat diperhatikan. Makanya, bagian knalpot KTM RC 200 unik dan beda dari yang lain, membawa desain underbelly yang terlihat menyatu dengan bagian fairing samping.

 

Kaki-Kaki Canggih dan Kekinian

Menyoal bagian kaki-kakinya, sudah menggunakan USD keluaran WP berdiameter 43mm. Bagian belakang menggunakan monoshock bertipe WP Suspension 4618 EM. Jadi, boleh dibilang buat suspensinya dijamin nyaman dan stabil saat motor dalam kecepatan tinggi.

Shock breaker KTM RC 200 Bagian belakang menggunakan monoshock bertipe WP Suspension 4618 EM | Foto: Moladin

KTM RC 200 menggunakan pelek berukuran 17inch dengan warna orange yang menjadi ciri khas dari KTM, dengan dibalut ban tubeless berukuran 100/70 untuk bagian depan dan 150/60 bagian belakang.

 

Sistem Pengereman ABS

Sadar kalau performa mesinnya luar biasa, makanya sudah disematkan sistem pengereman yang mumpuni. Sudah membawa sistem pengereman ABS (Anti-Lock Breaking System). Agar pengeremannya maksimal, motor ini gunakan cakram berdiamter 300mm untuk bagian depan 230mm untuk bagian belakang.

ktm-rc-200Gunakan cakram berdiamter 300mm untuk bagian depan | Foto: Moladin

 

Panel Instrumen Digital

Soal harga boleh terjangkau, tapi motor ini sudah menggunakan panel instrument digital, dilengkapi instrument cluster LCD yang menampilkan informasi lengkap, mulai dari bahan bakar, speedometer, odometer, gear position dan RPM alert.

ktm-rc-200Instrument cluster LCD yang menampilkan informasi lengkap | Foto: Moladin

 

KTM RC 200 Bawa Mesin 200cc

Berbicara soal performanya jangan ditanya, karena dipersenjatai mesin satu silinder kapasitas 200cc berpendingin cairan. Mampu hasilkan tenaga maksimal 19 kW di 10.000 rpm, dan torsi puncak tembus angka 19.2 Nm di 8.000 rpm.

ktm-rc-200Mesin satu silinder kapasitas 200cc berpendingin cairan | Foto: Moladin

Dilengkapi transmisi 6 percepatan yang responsif, pindah gigi jadi lebih enteng. Satu lagi yang gak kalah penting, motor ini sudah dilengkapi teknologi Fuel Injection yang menjamin sistem pembakaran lebih sempurna.

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *