Maksimalkan Suara Audio Mitsubishi XForce, Standar vs Aftermarket

by Ivan
Maksimalkan suara audio Mitsubishi XForce, standar vs aftermarket

Sebagai salah satu kontestan di segmen Compact SUV, Mitsubishi Xforce sudah dilengkapi sistem audio Dynamic Sound Yamaha Premium. Begini cara maksimalkan suara audio Mitsubishi XForce baik dengan komposisi standar atau anti paket audio aftermarket.

Dengan sistem audio Yamaha, kualitas tata suara XForce memang cukup terdengar jernih. Bahkan untuk maksimalkan suara audio Mitsubishi XForce bisa diatur sesuai tingkat kebutuhan pengemudi dan penumpang dalam mendengarkan musik.

Secara umum, kualitas suara Dynamic Sound Yamaha Premium di Mitsubishi Xforce dapat disesuaikan melalui opsi pengaturan-pengaturan built-in yang terdapat dalam headunit.

Kabin Mitsubishi Xpander dengan audio Yamaha
Kabin Mitsubishi Xpander dengan audio Yamaha

Mulai dari Fader/balance, Treble sebagai pengaturan nada tinggi pada audio dengan 21 pengaturan dari -10 sampai 10 dB (desibel). Middle yang mengatur elemen nada tengah, juga opus Bass yang cukup mendentum untuk pengaturan nada bawah musik.

Selain pengaturan umum di atas, terdapat pula jenis pengaturan suara pada Dynamic Sound Yamaha Premium di Mitsubishi Xforce:

1. Signature. Ini adalah tipe suara musik yang menekankan pada kualitas suara alami dari instrumen musik dan vokal. Tipe ini sebaiknya dipilih ketika akan mendengarkan suara secara mendalam di Mitsubishi Xforce kesayangan.

Baca juga  Diskon Mitsubishi XForce NIK 2023 Tembus Rp 43 Juta, Sisa 5 Unit di Cibubur, Begini Skema Cicilannya!
Kontrol audio Yamaha di XForce bisa dari setir
Kontrol audio Yamaha di XForce bisa dari setir

2. Lively. Pengaturan untuk menampilkan suara bass yang kuat dan vokal dinamis yang tak terhalang frekuensi suara rendah lainnya. Tipe suara ini sebaiknya dipakai ketika pengemudi dan penumpang Mitsubishi Xforce ingin merasakan ketukan dan suara yang kuat dari musik yang dimainkan.

3. Powerful. Pengaturan suara yang enerjik dan kuat dengan bass yang besar tanpa parau di volume tinggi. Cocok dipilih ketika akan melepaskan stres dan mengubah suasana hati sehari-hari.

4. Relaxing. Pengaturan suara yang nyaman dengan sedikit simulasi suara bass dan treble. Tipe musik yang cocok dipilih untuk menikmati musik tanpa mengganggu percakapan dan pemikiran mendalam selama di kabin Mitsubishi Xforce.

Fitur Utama Dynamic Sound Yamaha Premium

Maksimalkan suara audio Mitsubishi XForce standar punya 3 fitur utama
Maksimalkan suara audio Mitsubishi XForce standar punya 3 fitur utama

1. Speed Compensated Volume & Equalizer (SCV)

Dynamic Sound Yamaha Premium Mitsubishi Xforce disematkan Speed Compensated Volume & Equalizer (SCV) sampai dengan lima tingkatan, yang mampu menyesuaikan volume audio agar suara yang dihasilkan tetap terdengar jernih oleh pengemudi dan seluruh penumpang, terutama saat kecepatan kendaraan bertambah.

Baca juga  Kelebihan Sistem Audio Mitsubishi XForce, Akustik Hasil Racikan Yamaha

2. Punya 8 Speaker

Penempatan speaker berada di sekeliling kabin Mitsubishi Xforce, dan dibagi sesuai dengan karakternya. Antara lain, tweeter depan di pilar A pada kedua sisi, subwoofer di pintu depan, dan speaker 2-way coaxial dua arah di pintu depan dan belakang.

3. Panel Diperkuat

Panel-panel kabin yang jadi penempatan speaker dan tweeter Dynamic Sound Yamaha Premium Mitsubishi Xforce diperkuat untuk meminimalkan vibrasi yang dapat mengganggu kualitas suara.

Mitsubishi XForce Dengan Paket Audio Martin Roland

kamera 360 xforce 4
Bisa pakai paket audio Martin Roland

Komposisi audio standar Yamaha di Mitsubishi XForce memang cukup advanced. Meski demikian opsi upgrade bukanlah hal yang tabu untuk dilakukan, terlebih bagi seorang Audiophile.

“Pengguna Mitsubishi XForce bisa juga pakai Martin Roland, jadi konfigurasi sebenarnya untuk part (audio) Yamaha sudah tidak pakai lagi. Jadi mulai Tweeter, Mid bas, semua diganti,” buka Felix, Supervisor Dharma Audio di bilangan Gunung Sahari, Jakarta Utara kepada Moladin, Jumat (12/7).

“Konfigurasi yang baru 2way depan itu ada Tweeter, ada Mid Bass. Lalu belakang itu kita kasih Coaxial dari Martin Roland semua, dan pasang subwoofer 11 inci di bagasi tepatnya di ban serep. Sesudah itu ada Power Amplifier 12 Channel lalu ada peredam di keempat pintu dan juga tambahan peredam di bagian lantai ban cadangan tadi,” tambahnya.

Baca juga  Penjualan Mitsubishi XForce di GIIAS 2023, SPK Lebih 1.000 Unit!

Lebih lanjut Felix mengklaim jika paket audio Martin Roland yang dilakukan di workshopnya dikerjakan plug and play secara presisi dengan harga kompetitif.

Subwoofer Martin Roland 11 inci ditempatkan di ban cadangan
Subwoofer Martin Roland 11 inci ditempatkan di ban cadangan

“Untuk paket Martin Roland XForce itu kena Rp 20 juta. Tentunya di kita sistem pemasangannya plug and play dengan partkhusus untuk Mitsubishi. Dan di power DSP-nya itu kita memang ada socket to socketnya jadi enggak ada yang namanya potong kabel atau downgrade keaslian mobil. Sehingga sewaktu-waktu mobil mau dijual bisa gampang dibalikin ke semula lagi audionya,” pungkas Felix.

Nah tertarik maksimalkan suara audio Mitsubishi XForce lebih optimal versi standar atau pakai part aftermarket? Pilihan kembali kepada Anda!

Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika