Friday, February 3, 2023
Banner

Mazda CX-90 Meluncur 31 Januari 2023, SUV Terbuas yang Pernah Ada!

by Tigor Sihombing

Mazda CX-90 siap meluncur secara global pada 31 Januari 2023. Informasi tersebut kami dapatkan langsung dari laman resmi Mazda Australia. Walau bukan di Indonesia, tapi kemunculan SUV bongsor ini sangat dinanti sebab punya banyak keunggulan. Menariknya lagi punya performa mesin terbuas dari seluruh produk Mazda yang pernah ada.

Jika melihat teaser resminya, Mazda CX-90 mengusung konsep interior dengan 3 baris penumpang. Terkait mesinya berkapasitas 3.3L dengan konfigurasi enam silinder segaris dan sudah mengadopsi teknologi e-Skyactiv turbo dan hybrid ringan 48V. Di atas kertas bisa menghasilkan tenaga sebesar 345 PS dan torsi 500 Nm. Gila!

Dengan spesifikasi tersebut, CX-90 punya segmentasi yang mirip CX-9 selaku mobil keluarga tertinggi Mazda untuk saat ini. Maka tidak aneh jika ada yang mengatakan, bahwa SUV hybrid terbaru yang muat 7-penumpang ini akan menggantikan Mazda CX-9 di pasar otomotif global.

Oleh karenanya, tampilan Mazda CX-90 pun harusnya akan sangat mewah. Dimensinya juga pasti bakal lebih besar, lebih lebar, dan lebih panjang dari seluruh varian SUV Mazda yang dijual sekarang.

Baca juga  Booking Fee Subaru XV Warna-Warni, Cuma Rp 15 Juta!

“Mazda CX-90 adalah kendaraan keluarga yang canggih dengan pengerjaan yang luar biasa, ditingkatkan lebih lanjut dengan pilihan warna premium Artisan Red yang dikembangkan secara khusus, untuk keseimbangan sempurna antara penampilan dinamis dan kehalusan kelas dunia,” beber laman resmi Mazda Australia.

Performa Mesin Mazda CX-90

mesin mazda cx-60 hybrid

Mesin Hybrid Mazda CX-90 bisa menghasilkan torsi hingga 500 Nm dan tenaga 345 PS

Kehadiran CX-90 dengan mesin 3.3 Liter Hybrid memang istimewa, tapi ini bukan yang pertama digunakan di SUV Mazda. Sebelumnya, CX-60 telah menggunakannya lebih dulu. Hanya saja memang dari sisi performa berbeda.

Mesin hybrid 3.3 Liter milik Mazda CX-60 cuma bisa mengeluarkan torsi puncak 450 Nm dan tenaga maksimal 284 PS. Sedangkan mesin Mazda CX-90 mampu menghasilkan torsi hingga 500 Nm dan tenaga 345 PS. Kemungkinan mesin yang digunakan sama, tapi pengaturannya berbeda. Maka jadilah CX-90 sebagai mobil terbuas Mazda.

“(CX-90) menawarkan tenaga yang ditingkatkan, akan membuat setiap perjalanan menjadi pengalaman yang tak terlupakan,” beber laman resmi Mazda Australia.

Baca juga  Suzuki Jimny 5 Pintu Sedang Diuji Coba, Siap Meluncur!

Lalu bukan tidak mungkin, SUV bongsor ini akan tersedia pula dalam beberapa pilihan mesin lain seperti halnya CX-60. Kemungkinan akan dilengkapi pula dengan model Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) 2.5 Liter dan diesel e-Skyactiv D 3.3 Liter. Walau demikian, sepertinya pada CX-90 akan pakai pengaturan yang lebih buas, lantaran bodi mobilnya bakal lebih bongsor dari SUV Mazda lain. 

Setelah meluncur di Australia pada 31 Januari 2023, kapan kehadiran Mazda CX-90 di Indonesia? PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku distributor resmi Mazda di Tanah Air pernah mengatakan siap membawa lini hybrid pada 2023. Hanya saja untuk modelnya belum disebutkan secara detail.

“Untuk produk elektrifikasi, tahun depan kami masukan mobil hybrid Mazda dahulu. Ini jadi mobil hybrid pertama Mazda di Indonesia,” kata Managing Director EMI, Ricky Thio.

Lanjut menurutnya, calon mobil hybrid Mazda untuk pasar Indonesia ini mengambil basis Sport Utility Vehicle (SUV). Nah besar kemungkinan model yang dimaksud adalah Mazda CX-90 atau Mazda CX-60.  Kita tunggu saja ya. Demikian ulasan bocoran Mazda CX-90. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Baca juga  Ada 5 Varian Honda BR-V Terbaru, Beli yang Mana?

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika