Membandingkan Suzuki XL7 dengan Lawan-lawannya, Siapa Unggul?

Suzuki XL7 di Indonesia – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) punya satu jenis mobil baru yang kabarnya akan dirilis di awal tahun 2020. Mobil tersebut yakni Suzuki XL7, model crossover dari Suzuki Ertiga.

Dari sejumlah informasi yang beredar, Suzuki XL7 disebut akan dijual dengan harga mulai Rp 230 juta hingga Rp 267 juta. Ada tiga tipe yang dipasarkan, yakni Zeta, Beta, dan Alpha.

Dengan harga jual di kisaran tersebut, praktis Suzuki XL7 langsung dihadapkan dengan sejumlah rival di segmen MPV Crossover maupun Low SUV. Ada duet Toyota Rush-Daihatsu Terios, Honda BR-V, dan Mitsubishi Xpander Cross.

Menarik agaknya untuk membandingkan Suzuki XL7 dengan calon rivalnya di Indonesia. Mari kita ulas detail mengenai mobil-mobil tersebut .

Komparasi Suzuki XL7 dan kompetitor di Tanah Air: 

1. Suzuki XL7

Suzuki XL7 dikabarkan muncul awal tahun 2020 di Indonesia

Pada varian terbawahnya, Zeta,  Suzuki XL7 telah memiliki kelengkapan seperti anti-lock braking system (ABS), electronic brake force distribution (EBD), plus dual SRS airbag. Ada pula head unit 8 inci yang terintegrasi dengan kamera parkir dan dapat memainkan beragam menu multimedia.

Naik satu tingkat ke tipe Beta, sudah tersedia ac dengan auto climate control untuk menyesuaikan suhu kabin dengan udara lingkungan, audio switch control di setir kemudi, dan arm rest di bangku pertama dan kedua. Fitur keselamatan pun ditambahkan dengan hill hold control (HHC), dan electronic stability proggrame (ESP).

Lalu, pada varian termahal ada perbedaan tampilan eksterior. Warna body two tone dengan atap berkelir beda dengan body, spoiler belakang, aksen chrome di plat nomor, dan door visor. Di dalam kabin, terpasang smart e-mirror untuk menampilkan visual dari kamera parkir, serta door sill guard.

Urusan performa, Suzuki XL7 mengandalkan mesin berkapasitas 1.462 cc DOHC dengan VVT.

2. Mitsubishi Xpander Cross

Mitsubishi Xpander Cross menjadi varian tertinggi Xpander

Xpander Cross diposisikan sebagai tipe tertinggi dari LMPV andalan Mitsubishi. Mobi ini bernuansa crossover, dengan ciri khas ground clearance tinggi menyentuh 225 mm.

Bodynya pun diimbuhi beberapa aksen, seperti wheel arch molding, skid plate pada bumper depan dan belakang, serta roof rail. Di bagian depan terpasang perangkat headlight LED, daytime running light (DRL), dan fog lamp untuk membantu visibilitas saat menjelajah. Aplikasi pelek dual tone palang lima dibalut ban ukuran 205/55 17 inci menguatkan kesan gagah pada mobil tersebut.

Segenap fitur modern disematkan pada Xpander Cross. Terdapat ABS, EBD & BA, dual SRS Airbag, active stability dan traction control, hill start assist, sensor plus kamera parkir, dan keyless operation system. Pada varian transmisi otomatis, terpasang teknologi cruise control.

Mengandalkan mesin berkode 4A91 berkapasitas 1.500 cc MIVEC, Xpander Cross mendapatkan asupan tenaga hingga 103,5 dk pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 141 Nm pada 4.000 rpm. Suplai tenaga dialirkan ke penggerak roda depan.

Mitsubishi Xpander Cross dilego senilai Rp 267,7 juta tipe manual, Rp 277,7 juta tipe transmisi otomatis, dan Rp 286,7 juta tipe transmisi otomatis dengan jok kulit. Harga tersebut berlaku untuk on the road Jakarta.

3. Honda BR-V

Honda BR-V MPV Crossover yang sudah ada sejak 2015.

Sebelum ada XL7 dan Xpander Cross, Honda sudah lebih dahulu punya crossover tujuh penumpang. Mobil ini merupakan kloningan dari Honda Mobilio dengan beberapa penyesuaian.

Di bagian eksterior, terdapat lampu depan LED projector plus foglamp. Wheel arch molding, roof rail, dan skid plate turut dipasang pada mobil ini. Perangkat pelek dual tone dibalut ban ukuran 195/60 R16 menunjang sektor kaki.

Baca Juga:

Guna menunjang kehandalan menjelajah, BR-V dilimpahkan teknologi pendukung semisal hill start assist (HSA), vehicle stability control (VSC), juga ABS plus EBD. Di dalam kabin sudah tertanam dual SRS Airbag. Kualitas kenyamana pengemudi turut ditopang fitur til steering untuk mengatur posisi setir kemudi.

Honda BR-V mengandalkan mesin kapasitas 1.497 cc SOHC i-VTEC sebagai jantung tenaga berkekuatan 118,3 Hp / 6.600 rpm dengan torsi puncak 145 Nm / 4.600 rpm.

Honda BR-V dipasarkan dengan tiga trim level, yakni BR-V S, E, dan Prestige. Rentang harganya mulai dari Rp 234,5 juta untuk tipe S dengan pilihan hanya transmisi manual hingga Rp 269,5 juta tipe Prestige CVT.

4. Toyota Rush-Daihatsu Terios

Duet Toyota Rush-Daihatsu Terios model terbaru dirilis pada 2017.

Duet Rush-Terios muncul dengan bentuk terbaru pada 2017. Tampilannya dibuat semakin gagah dengan dimensi lebih melar dari model lama.

Menggunakan mesin baru berkode 2NR-VE, Rush dan Terios memiliki asupan tenaga gerak 102,5 dk pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 136 Nm pada 4.200 rpm. Teknologi dual VVT-i diklaim mampu memberikan tenaga lebih merata di putaran mesin bawah sampai atas serta efisien bahan bakar.

Duo LSUV lansiran grup Astra ini dibekali fitur jelajah mumpuni. Ada hill start assist, vehicle stability control yang tersedia pada semua tipe Toyota Rush dan Daihatsu Terios tipe R.

Toyota Rush dijual dengan harga mulai dari Rp 239,9 juta hingga Rp 261,3 juta. Sedangkan Daihatsu Terios rentang harganya lebih luas, berkisar Rp 195,2 juta hingga Rp 247,9 juta.

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *