Begini Cara Tambal Ban Tubeless yang Aman dan Tepat

Ban tubeless yang bocor memang tak terasa langsung dampaknya, berbeda dengan ban yang memakai ban dalam alias tube type. Tekanan angin pada ban tubeless tidak akan langsung hilang, melainkan berkurang secara perlahan. Gejalanya sudah terasa saat dipakai berkendara, mulai dari stang terasa limbung, motor juga terasa berat dan kurang bertenaga. Hal tersebut menjadi indikator untuk segera menambal ban tubeless sebelum ban mengalami kempis total.

Honda Beat Street

*Angsuran mulai dari

Proses Menambal Ban Tubeless Dengan Teknik String Yang Paling Umum Digunakan
Proses Menambal Ban Tubeless Dengan Teknik String Yang Paling Umum Digunakan

Kalau memang bocor, cara yang paling mudah adalah dengan menuangkan air sabun pada permukaan ban tubeless agar lokasi bocornya terlihat. Nah brosis, berhubung biasanya jika ban tubeless mengalami kebocoran ditambal dari luar, apakah cara menambal ban tubeless tersebut sudah tepat dan aman?

BACA JUGA : Mengisi Ban Dengan Nitrogen, Apa Bedanya Dengan Angin Biasa? klik disini!

fino grande

Teknik String Untuk Menambal Ban Tubeless

Metode tambal ban tubeless dengan melubangi permukaan ban yang bocor lalu menyumbatnya dari luar ini disebut metode string. Cara menambal ban tubeless ini ternyata tidak dianjurkan, loh. Sebab, teknik tambal ban ini malah berpotensi merusak struktur ban tubeless itu sendiri. Namun proses menambal ban tubeless yang bocor ini merupakan cara yang paling umum digunakan oleh bengkel tambal ban.

Metode tersebut gak akan terlalu berdampak banyak pada ban meskipun motor sedang digunakan, asal kebocoran yang ada memiliki kondisi tertentu. Gak haram juga sih menggunakan metode ini, asal ban tidak mengalami kebocoran yang begitu besar pada crown area.

Istilah Masing-Masing Bagian Pada Ban
Istilah Masing-Masing Bagian Pada Ban

Buat kalian yang belum tau, crown area adalah bagian tengah ban yang menapak langsung pada permukaan jalan. Oke lanjut, tambal ban motor dengan model tusuk, baiknya juga dilakukan saat dalam kondisi yang benar-benar darurat. Karena jika tidak, menambal ban tubeless dengan cara string secara langsung bisa merusak permukaan ban. Dan yang lebih parah, cara tersebut bisa merusak kawat baja pada ban jika dilakukan secara sembarangan.

Yamaha Fino 125

*DP mulai dari

Lalu bagaimana cara menambal ban tubeless yang benar dan aman?

BACA JUGA : Review Ban Zeneos Pada Yamaha Nmax, klik disini!

Menambal Ban Tubeless Dengan Teknik Tip top

Proses Menambal Ban Tubeless Menggunakan Tire Patch
Proses Menambal Ban Tubeless Menggunakan Tire Patch

Cara lain yang lebih dianjurkan adalah menambal ban tubeless dari dalam, yang lebih dikenal sebagai metode Tiptop. Kalau dari dalam, tambalnya pakai penambal khusus berupa rubber patch alias tire patch. Teknik ini lebih dianjurkan karena gak beresiko merusak struktur crown area pada ban dan cocok buat kebocoran yang besar.

Meskipun lebih aman dan dianjurkan oleh produsen ban, bengkel yang menawarkan metode tip top masih agak sulit ditemui. Hal tersebut dikarenakan proses yang sedikit merepotkan sebab perlu melepas ban dari pelek. Penggunaan tire patch atau rubber patch ini memang agak ribet dan butuh keluar uang lebih banyak dibanding teknik tambal string. Namun metode ini bisa memperpanjang usia pemakaian ban tubeless kalian, loh.

Sekarang jadi tahu kan cara menambal ban tubeless yang aman dan tepat agar nggak menimbulkan kecelakaan di kemudian hari? Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kamu agar lebih banyak orang yang tahu ya guys!

Suzuki Nex II

*Dp mulai dari

Ingat Motor, Ingat Moladin!

BELI SUZUKI NEX DP MULAI DARI 500 RIBU DI SINI!

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *