Mengenal Morris Mini Cooper MK1, Koleksi Raffi Ahmad

Raffi Ahmad menjadi salah satu selebriti yang memiliki sejumlah koleksi mobil mewah yang kerap menghiasi garasi rumahnya, mulai dari Rolls-Royce, Mercedes-Benz G Class G63,  Lamborghini Aventador, Toyota Alphard dan sejumlah kendaraan roda dua berbanderol fantastis.

Terbaru Raffi Ahmad diketahui baru saja meminang mobil yang cukup istimewa, yakni Morris Mini Cooper MK1 produksi 1961. Mobil yang dibeli Raffi itu dibeli bukan dari sembarang orang, kondisinya pun terlihat istimewa, meski mobil tersebut telah berumur.

Suami Nagita Slavina itu membeli Morris Mini Cooper MK1 dari Andre Taulany yang juga memiliki sejumlah mobil-mobil dengan kondisi yang istimewa, seperti BMW30, Jeep Rubicon, hingga Suzuki Jimny teranyar.

Sejatinya kedatangan Raffi Ahmad kerumah Andre Taulany tujuannya tidak ingin membeli mobil, melainkan sekadar ingin membuat podcast bersama. Namun ketika melihat koleksi kendaraan yang dimiliki Andre, dengan nada bercanda Raffi menawar mobil mungil asal Inggris itu, dan berdalih bahwa anaknya Rafatar yang menyukai mobil itu, ketika menonton film komedi Mr. Bean.

Morris Mini Cooper Mk1
Andre Taulany membangun mobilnya itu, dengan nilai total modifikasi hingga Rp500 juta

Andre awalnya tak ingin melepas mobil itu, karena Morris Mini Cooper MK1 itu merupakan kesayangan anaknya dan sangat sulit membangunnya. Karena banyak komponen yang diimpor langsung dari Inggris.

Raffi di awal sempat menawar seharga Rp600 juta, karena biaya yang dikeluarkan untuk membangun mobil itu sekira Rp500 jutaan menurut Andre. Setelah negosiasi dengan sang anak Kenzy, akhirnya Andre memutuskan untuk melepas mobil mungil berkelir hijau itu seharga Rp700 juta jika ingin dibeli.

Raffi mengklaim bahwa mobil barunya itu bakal digunakan untuk mengantar Rafatar, dan rencananya mobil itu bakal di cat ulang di sejumlah panel, agar sesuai dengan kesukaan anaknya.

Sejarah dan Spesifikasi Morris Mini Cooper MK1

Raffi Ahmad dan Andre Taulany
Raffi Ahmad akhirnya resmi meminang mobil Andre Taulany dengan harga Rp700 juta

Morris Mini Cooper MK1 diproduksi sekitar Tahun 1959 hingga 1966-an. Secara tampilan mobil ini memang cukup ikonik, desainnya yang khas membuat Morris Mini MK1 masih cukup diminati para kolektor mobil di Indonesia.

Salah satu desain yang khas adalah penggunaan kaca geser pada pintu kemudi dan penumpang di sebelahnya. Mobil ini dirancang oleh Sir Alec Issigonis bersama dengan pembalap dan insinyur John Cooper di tahun 1959.

Untuk jantung pacunya, Mini Morris MK1 produksi 1961 dipersenjatai dengan mesin berkubikasi 997 empat silinder segaris. Mesin itu mampu menghasilkan tenaga sebesar 55 dk dengan torsi 74,5 Nm. Tenaga yang dihasilkan disalurkan melalui transmisi manual 4-percepatan.

Meski dengan cc yang tak terlalu besar, mobil ini ternyata mampu menempuh kecepatan hingga 141 km/jam. Akselerasi dari 0 ke 96 km/jam hanya dalam waktu 18 detik saja.

Baca juga:

Share this!

Deni Ferlindungan

Seorang jurnalis yang berkecimpung di dunia otomotif sejak 2011. Menyukai seluk beluk seputar otomotif baik roda dua dan empat. Kini memiliki hobi bersepeda keliling kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *